Dua Posisi yang Bisa Diisi Oleksandr Zinchenko di Arsenal

Richard Andreas | 23 Juli 2022, 11:30
Pemain Timnas Swedia, Oleksandr Zinchenko. (c) AP Photo
Pemain Timnas Swedia, Oleksandr Zinchenko. (c) AP Photo

Bola.net - Arsenal disebut beruntung dalam transfer Oleksandr Zinchenko dari Manchester City. Kedatangan Zinchenko diyakini bakal menambah amunisi skuad dan memperkaya opsi Mikel Arteta.

The Gunners cukup aktif di bursa transfer musim panas ini. Mereka sudah menjalin hubungan bisnis baik dengan Man City dalam transfer Gabriel Jesus.

Arteta juga perlu memperkuat lini belakang musim panas ini. Awalnya Arsenal membidik Lisandro Martinez, tapi bek Ajax Amsterdam itu lebih memilih Manchester United.

Biar begitu, Arsenal bergerak cepat mencari solusi dan pencarian mereka jatuh kepada Zinchenko. Pemain Ukraina itu termasuk salah satu andalan Pep Guardiola beberapa tahun terakhir.

Menariknya, Zinchenko adalah pemain serbabisa yang dinilai bakal menguntungkan Arsenal. Paling tidak ada dua posisi yang bisa diisi Zinchenko musim depan, apa saja?

1 dari 2 halaman

Gelandang sentral

Di Man City, Zinchenko lebih sering bermain sebagai bek kiri, tapi posisi terbaiknya sebenarnya ada di pos gelandang sentral.

Selama membela timnas Ukraina, Zinchenko lebih sering dimainkan sebagai gelandang sentral. Dia justru tampak lebih nyaman bermain di posisi tersebut dan bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Tentu potensi Zinchenko sebagai gelandang bakal sangat menguntungkan bagi Arsenal. Musim lalu, Arsenal terlalu bergantung pada Granit Xhaka dan Thomas Partey.

Zinchenko bisa memainkan sejumlah peran berbeda, bisa sebagai gelandang bertahan, gelandang sentral, bahkan membantu menginisiasi serangan.

2 dari 2 halaman

Bek kiri

Seperti yang disinggung di atas, Zinchenko lebih sering bermain sebagai bek kiri di Man City. Dia memainkan peran itu dengan sangat baik dan sesuai dengan tuntutan tim.

Secara total, Zinchenko sudah menempuh total 117 penampilan di Man City sebagai bek kiri. Dia menorehkan catatan yang cukup bagus dalam assist dan penetrasi ke depan.

Pos bek kiri memang jadi salah satu kekhawatiran Arsenal. Arteta terlalu bergantung pada Kieran Tierney, masalahnya dia mudah cedera.

Zinchenko bakal jadi pelapis yang ideal untuk Tierney. Bahkan, bukan tidak mungkin dia merebut posisi inti.

Sumber: Bola, Sportskeeda

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR