BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Donny van de Beek: 2019 Nominasi Ballon d'Or, 2022 'Terdampar' di Crystal Palace?

26-01-2022 14:15 | Asad Arifin

Aksi Donny van de Beek ketika membela Manchester United dalam laga putaran ketiga Carabao Cup hari Kamis (23/9/2021). (c) Manchester United FC
Aksi Donny van de Beek ketika membela Manchester United dalam laga putaran ketiga Carabao Cup hari Kamis (23/9/2021). (c) Manchester United FC

Bola.net - Donny van de Beek digadang-gadang bakal menjadi gelandang saat namanya meledak pada 2017/2018 lalu. Bahkan, nama pemain asal Belanda itu masuk dalam nominasi peraih gelar Ballon d'Or 2019.

Van de Beek memulai karier dari tim muda Ajax Amsterdam. Dia berasal dari tempat yang sama dengan Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt. Mereka lahir dari generasi yang sama. Dan, semuanya sudah meninggalkan Ajax.

Van de Beek meninggalkan Ajax pada musim 2020/2021, lebih lambat jika dibanding dua rekannya. Harga jual Van de Beek juga lebih murah. Dia pindah ke Manchester United dengan harga 40 juta euro.

Hanya saja, transfer itu kemudian jadi titik balik dalam karier Van de Beek. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Semifinal Liga Champions dan Ballon d'Or

Donny van de Beek (c) AP Photo
Donny van de Beek (c) AP Photo

Van de Beek promosi ke tim utama Ajax pada musim 2014/2015, tetapi belum mendapat kesempatan bermain. Tapi, pada 2017/2018, Van de Beek sudah jadi pemain yang tidak tergantikan di starting XI Ajax.

Pada musim 2017/2018, Van de Beek mencetak 11 gol untuk Ajax di ajang Eredivisie. Sejak saat itu, dia mulai jadi perhatian banyak klub. Musim berikutnya, Van de Beek mencetak empat gol dan membawa Ajax ke semifinal Liga Champions.

Langkah Ajax menuju ke final kandas di tangan Tottenham lewat laga dramatis di Johan Cruijff Arena. Tapi, momen indah itu mengantar Van de Beek dan dua rekannya ke puncak ketenaran. Mereka masuk nominasi Ballon d'Or.

Van de Beek kemudian memang gagal dalam persaingan Ballon d'Or. Dia tidak mendapatkan poin dan berada pada urutan ke-28. Ini bukan kegagalan bagi pemain yang baru berusia 20 tahun. Ini capaian yang hebat!

2 dari 5 halaman

Pindah ke MU

Ole Gunnar Solskjaer dan Donny van de Beek (c) MUFC Official
Ole Gunnar Solskjaer dan Donny van de Beek (c) MUFC Official

Setelah musim yang indah, Van de Beek punya banyak tawaran pada awal musim 2019/2020. Tapi, karena De Ligt dan De Jong lebih dulu pindah, Ajax enggan melepas Van de Beek. Padahal, dia punya tawaran dari Real Madrid dan Manchester United.

Van de Beek baru pindah pada awal musim 2020/2021. Pemain yang kini berusia 24 tahun itu mencapai kata sepakat dengan United. Dia mendapat banyak nasehat dari sang mertua yakni Dennis Bergkamp, legenda Arsenal.

"Saya juga banyak berbicara dengan Edwin [Van der Sar], mantan direktur saya dan Daley Blind, mantan rekan setim saya. Saya sekarang sudah tidak sabar bermain untuk klub ini," kata Van de Beek.

Ada optimisme besar pada awal-awal kedatangan Van de Beek ke Old Trafford. Dia cukup yakin bisa bermain bersama Paul Pogba dan Bruno Fernandes di lini tengah.

3 dari 5 halaman

Apa yang Terjadi?

Donny van de Beek mendapar ucapan selama dari Solskjaer usai laga melawan Istanbul Basaksehir (c) AP Photo
Donny van de Beek mendapar ucapan selama dari Solskjaer usai laga melawan Istanbul Basaksehir (c) AP Photo

Tapi, tanah rantau tidak bersahabat bagi Van de Beek. Dia belum mampu menyaingi kisah sukses sang mertua Bergkamp. Karier Van de Beek di United juga masih jauh jika dibanding Van de Saar atau bahkan Daley Blind.

Pada musim pertamanya, Van de Beek hanya tiga kali bermain penuh pada laga Premier League. Dia mencetak satu gol saja. Musim pertama berlalu dan ada banyak keraguan tentang masa depan Van de Beek.

Musim 2021/2022, ada perubahan di tubuh United. Ole Gunnar Solskjaer, yang tidak memberi kesempatan bermain pada Van de Beek, dipecat. Tapi, pada era Ralf Rangnick, Van de Beek juga tak kunjung mendapat tempat di tim utama United.

4 dari 5 halaman

Terdampar di Crystal Palace?

Donny van de Beek usai mencetak gol pada laga melawan Watford di pekan ke-12 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo
Donny van de Beek usai mencetak gol pada laga melawan Watford di pekan ke-12 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Van de Beek mencoba pindah dari United pada awal musim 2021/2022 lalu. Dia punya tawaran dari Everton dan beberapa klub lain. Tapi, Solskjaer melakukan intervensi dan membuat saga transfer Van de Beek ke Everton gagal total.

Kini, pada bursa transfer Januari 2022, Van de Beek punya peluang untuk kembali pindah. Fabrizio Romano melaporkan bahwa Crystal Palace menjadi pihak yang sangat serius untuk bisa mendapatkan jasa Van de Beek.

United sempat menolak melepas Van de Beek. Tapi, kini mulai melunak. "Manchester United ingin gaji Van de Beek dibayar penuh hingga Juni untuk membiarkan dia pergi. Tidak ada opsi pembelian (hanya pinjaman)," kata Romano.

Pindah ke Crystal Palace mungkin akan membuat Van de Beek mendapatkan menit bermain. Patrick Vieira, sang manajer, sangat menginginkannya. Tapi, belum ada keputusan akhir yang diambil pihak United.

5 dari 5 halaman

Klasemen Premier League

Sumber: Sky Sports, Fabrizio Romano

KOMENTAR