Diuangkan atau Dipertahankan: Bagaimana Masa Depan 5 Penggawa Manchester United Ini?

Dimas Ardi Prasetya | 24 Desember 2020, 08:05
Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer (c) AP Photo
Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United harus segera memutuskan masa depan sejumlah penggawa mereka pada bursa transfer berikutnya.


United tengah mencoba untuk kembali ke era kejayaannya. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan mendatangkan pemain baru yang top.

Sejumlah nama akhirnya berhasil dihadirkan ke Old Trafford. Sebut saja Harry Maguire, Bruno Fernandes, Donny van de Beek, hingga memulangkan kiper mereka yang dipinjamkan ke klub lain yakni Dean Henderson.

Hadirnya para pemain itu membuat skuat United sekarang kelebihan muatan. Alhasil banyak pemain yang kini akhirnya harus mendekam di bangku cadangan.

Mereka antara lain Sergio Romero, Phil Jones, Marcos Rojo, dan Jesse Lingard. Lalu di lini serang ada nama Odion Ighalo.

Mereka kalah bersaing dengan para pemain yang ada saat ini. Manajer Manchester United yakni Ole Gunnar Solskjaer pun kini harus segera memutuskan apa yang harus dilakukan dengan para pemain tersebut.

Mereka bisa mempertahankannya atau melepasnya. Jika dilepas, para pemain ini bisa memberikan suntikan duit bagi MU untuk membeli pemain baru dengan kualitas lebih oke.

Jadi apa yang harus dilakukan Manchester United pada lima pemain itu? Simak ulasannya berikut ini Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Sergio Romero

Kiper Manchester United, Sergio Romero (c) AP Photo

Kiper Manchester United, Sergio Romero (c) AP Photo

Sergio Romero mulai memperkuat Manchester United sejak tahun 2015 silam. Ia datang saat David De Gea tampak akan meninggalkan Old Trafford dan Victor Valdes berseteru dengan Louis van Gaal.

Namun pada akhirnya Romero terpaksa menghuni bangku cadangan setelah De Gea tak jadi cabut dari MU. Meski demikian kiper asal Argentina itu kerap dipercaya bermain di kompetisi domestik seperti Piala FA atau EFL Cup.

Performanya sebenarnya tak mengecewakan. Ia bahkan berperan membawa MU meraih gelar juara Liga Europa di bawah asuhan Jose Mourinho.

Namun ia tak bisa benar-benar menggusur De Gea. Kini posisinya makin terdesak setelah MU memulangkan Dean Henderson.

Kiper berusia 23 tahun itu kini dipastikan menjadi deputi De Gea. Ia bahkan digadang-gadang layak jadi pengganti kiper Spanyol itu jika nanti hengkang dari Old Trafford.

Sulit bagi Romero untuk bisa bersaing dengan kedua pemain tersebut. Jadi akan lebih baik baginya untuk mencari klub baru secepatnya. Apalagi ia sudah berusia 33 tahun.

Di sisi lain, MU juga harus segera melepasnya Januari 2021 nanti. Sebab kontraknya akan berakhir pada Juni 2021 mendatang.

2 dari 5 halaman

Phil Jones

Bek Manchester United Phil Jones (kiri) (c) AP Photo

Bek Manchester United Phil Jones (kiri) (c) AP Photo

Phil Jones termasuk bek tengah peninggalan Sir Alex Ferguson. Ia gabung Setan Merah sejak tahun 2011.

Jones pemain yang serbaguna. Ia bisa main sebagai bek tengah atau bek kanan, dan bahkan gelandang bertahan.

Bek berusia 28 tahun itu juga dibekali fisik yang kuat. Aksi-aksinya yang kadang jenaka dan mimik mukanya kala beraksi di lapangan juga kerap menghibur penonton, tak cuma fans MU saja.

Tapi Jones dikenal kerap membuat blunder. Tak heran jika ia mendapat julukan Calamity Jones, alias Jones yang sering membuat malapetaka.

Jones pun tampaknya tak memiliki masa depan lagi di MU. Sebab di luar Harry Maguire dan Victor Lindelof, ia harus bersaing dengan Eric Bailly, Timothy Fosu-Mensah, hingga Axel Tuanzebe.

Kesempatan mainnya pun makin berkurang dari musim ke musim. Bahkan musim lalu, ia total hanya bermain delapan kali saja bagi MU di semua ajang kompetisi. Jauh di bawah angka di musim sebelumnya, 24 kali.

Beberapa klub pun dikabarkan sudah siap menampungnya. Manchester United kini memiliki kesempatan bagus untuk melepasnya, terutama selagi harganya masih bagus, karena kontraknya baru akan berakhir pada 2023 mendatang.

3 dari 5 halaman

Marcos Rojo

Marcus Rojo (c) ist

Marcus Rojo (c) ist

Marcos Rojo membela Manchester United sejak tahun 2014. Nasibnya kurang lebih sama dengan Phil Jones.

Mereka sama-sama kesulitan dengan bek-bek anyar yang didatangkan klub. Ole Gunnar Solskjaer mengaku sempat terkesan dengan bek Argentina itu dan mengatakan ia masuk rencananya setelah resmi diangkat jadi bos anyar di Old Trafford.

Nyatanya Rojo malah jarang dimainkan. Ia bahkan sempat dipinjamkan ke Estudiantes belum lama ini.

Dari situ, sudah jelas bahwa Manchester United tak membutuhkan jasanya lagi. Mereka memang sebaiknya segera menjualnya, khususnya pada Januari 2021 ini. Sebab kontraknya akan berakhir pada Juni 2021 nanti.

4 dari 5 halaman

Odion Ighalo

Selebrasi Odion Ighalo usai membobol gawang Derby County di Piala FA, Jumat (6/3/2020) dini hari. (c) AP Photo

Selebrasi Odion Ighalo usai membobol gawang Derby County di Piala FA, Jumat (6/3/2020) dini hari. (c) AP Photo

Status Odion Ighalo saat ini berbeda dengan nama-nama para pemain yang disebut sebelumnya. Pemain asal Nigeria ini berstatus pinjaman dari klub Shanghai Greenland Shenhua.

Ia sempat menunjukkan performa yang menawan. Tepatnya di Liga Europa melawan LASK. Ia mencetak gol yang ciamik dan membantu MU menang 5-0.

Kehadiran Ighalo pun tampak menjanjikan. Namun di Premier League, ia kesulitan menunjukkan sinarnya. Pasalnya ia cuma mendapat kans bermain sebagai pemain pengganti saja dan itu pun seringnya di menit-menit akhir saja.

Musim ini, ia bahkan tak mendapat kans untuk masuk ke bangku cadangan. Kesempatan bermainnya tereduksi sejak Edinson Cavani direkrut pada musim panas kemarin.

Jika melihat gol lawan LASK itu, Ighalo sejatinya layak diberi kesempatan lebih di Premier League. Akan tetapi hadirnya Cavani jelas menutup peluangnya bermain.

Jadi, tak ada pilihan lain bagi Manchester United untuk melepasnya saja. Terlebih masa peminjamannya akan berakhir pada 30 Januari 2021 nanti.

5 dari 5 halaman

Jesse Lingard

Pemain Manchester United, Jesse Lingard. (c) AP Photo

Pemain Manchester United, Jesse Lingard. (c) AP Photo

Peninggalan lainnya dari era Sir Alex Ferguson. Ia juga merupakan pemain didikan akademi Manchester United.

Musim lalu ia masih cukup sering mendapat kesempatan bermain. Tapi pemain 28 tahun tersebut jarang main penuh selama 90 menit.

Selain itu ia juga menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan kepadanya. Ia bahkan nyaris tak memberikan kontribusi di Premier League, kecuali satu golnya melawan Leicester City.

Lingard pun kerap mendapat kritikan dari para fans dan legenda klub seperti Roy Keane dan Gary Neville. Bahkan legenda lainnya yakni Paul Scholes mengisyaratkan ia tak layak lagi main bagi Setan Merah.

Dan pada akhirnya, Lingard pun tak mendapat kesempatan untuk bahkan masuk ke skuat United. Ia makin terpinggirkan berkat hadirnya pemain lain yang jauh lebih oke di lini tengah.

Tanpa diragukan lagi, Manchester United harus segera melepas Lingard. Terlebih Selagi ada klub yang menginginkannya. Mereka juga harus melepasnya pada Januari 2021 nanti karena kontraknya juga berakhir pada Juni 2021 mendatang.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR