BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Disebut Sebagai Calon Bintang Arsenal, Ini 10 Fakta Bukayo Saka yang Perlu Anda Ketahui

25-07-2020 09:30 | Dimas Ardi Prasetya

Pemain Arsenal, Bukayo Saka (tengah). (c) AP Photo Pemain Arsenal, Bukayo Saka (tengah). (c) AP Photo

Bola.net - Bukayo Saka disebut sebagai calon bintang masa depan Arsenal dan banyak sejumlah fakta tentang pemain ini yang perlu Anda ketahui.

Saka adalah pemain didikan akademi Arsenal. Pemain berusia 18 tahun ini baru mentas dari akademi tersebut.

Meski demikian, ia tak canggung dimainkan di tim utama Arsenal. Ia bahkan langsung memberikan dampak positif, di posisi mana pun ia dimainkan manajer.

Dengan skill yang menawan, talenta yang luar biasa dan versatilitasnya, ia merupakan aset yang sangat berharga bagi Arsenal. Maka tak heran apabila baru-baru ini ia diganjar kontrak baru oleh The Gunners.

Nama Saka banyak dipuji oleh fans Arsenal. Namun tampaknya belum ada terlalu banyak informasi terkait dirinya.

Seperti dilansir dari Give Me Sport, berikut 10 fakta Bukayo Saka yang perlu Anda ketahui Bolaneters.

1 dari 9 halaman

Saka Keturunan Nigeria

Kedua orang tuanya adalah orang Nigeria dan bermigrasi ke London untuk bekerja. Kedua orang tua Saka menyatakan dukungan mereka untuk Arsenal, dan merupakan bagian dari alasan mereka pindah ke kota tersebut.

Dan sepertinya karena pengaruh orang tuanya, Saka juga menjadi penggemar The Gunners.

Bukayo juga merupakan nama uniseks yang berarti "menambah kebahagiaan". Nama itu berasal dari bahasa yang berasal dari suku Yoruba yang terletak di Nigeria selatan.

2 dari 9 halaman

Idolanya Adalah Freddie Ljungberg

Sementara pemain akademi lain mungkin mencari nama lain dari masa lalu Arsenal, Saka mengidolakan gelandang Swedia itu saat ia tumbuh dewasa. Dan beruntungnya Bukayo Saka, ia berkesempatan dilatih oleh Freddie Ljungberg.

Mantan gelandang Arsenal itu membantu mengembangkan Saka dalam perannya sebagai pelatih muda di Akademi Hale End Arsenal. Sebagai bagian dari tim U15, Ljungberg mendesak anak muda itu untuk "bekerja keras dan tetap rendah hati" agar bisa naik kelas.

3 dari 9 halaman

Debut pada Usia 17 Tahun Melawan Vorskla Poltava

Penggemar Arsenal mungkin samar-samar mengingat tim kesayangannya bermain melawan tim kecil dari Ukraina di Liga Eropa pada tahun 2018 lalu. Namun mungkin mereka tidak ingat pergantian pemain yang dibuat dalam pertandingan itu.

Saka adalah salah satunya, melakukan debut tim seniornya untuk The Gunners. Pada menit ke-68, ia menggantikan Aaron Ramsey untuk membuat penampilan pertamanya.

4 dari 9 halaman

Debut Starter Melawan FK Qarabag

Sekali lagi, mungkin tak banyak pendukung Arsenal yang mengingat laga pada liga malam Jumat melawan tim dari Azerbaijan. Namun dalam pertandingan terakhir penyisihan grup pada tahun 2018, Saka menjadi starter untuk pertama kalinya bagi The Gunners.

Saat itu Saka membantu Arsenal meraih hasil positif. The Gunners kala itu menang tipis 1-0.

5 dari 9 halaman

Disukai dan Dipuji Banyak Orang

Kiper Emiliano Martinez melabelinya sebagai pemain "kelas atas" ketika berbicara dengan talkSPORT bulan lalu. Lebih lanjut, Martinez menyatakan: "Saka (dan Martinelli) adalah bintang masa depan, tidak hanya untuk Arsenal, tetapi di Premier League dan di dunia."

Sementara itu, legenda Arsenal Ian Wright menyuarakan "kegembiraan" untuk Saka ketika ia mencetak gol pertamanya di Premier League melawan Wolves awal bulan ini. Selain itu, mantan striker Arsenal Robin van Persie memujinya sebagai pemain "kelas dunia".

Ia juga membandingkan kemampuan sang wonderkid dengan pemain legendaris seperti Ryan Giggs & Dennis Bergkamp, ketika ia memberikan assist pada Lacazette.

“Ini sangat bagus, kelas dunia. Ia membuatnya terlihat mudah tetapi umpan ini, seperti yang saya katakan, hanya pemain hebat yang bisa memberikan umpan seperti itu," pujinya.

6 dari 9 halaman

Dipuji Arteta

Mikel Arteta sejauh ini sudah menjalani perannya di dunia kepelatihan selama tempat tahun. Ia sebelumnya menjadi asisten di Manchester City sebelum jadi manajer Arsenal.

Ia jelas paham perilaku para pemain. Arteta pun tak ragu menyebut Saka memiliki sikap yang tepat sebagai pemain muda. Selain itu ia juga memujinya karena mau beradaptasi dan berkorban demi timnya.

7 dari 9 halaman

Kontrak Jangka Panjang

Pada awal bulan Juli kemarin, Saka menandatangani kontrak jangka panjang baru dengan Arsenal. Dilaporkan bahwa kontraknya berdurasi empat tahun, yang akan memperpanjang masa tinggalnya di London utara hingga 2024.

Ini juga mengakhiri spekulasi dari setiap rumor transfer terkait masa depannya. Sebelumnya Saka disebut diincar banyak klub, salah satunya Liverpool.

"Saya senang terus bekerja dengannya untuk mengembangkannya lebih jauh, dan baginya untuk membantu kami mencapai tujuan kami," seru Mikel Arteta.

8 dari 9 halaman

Cetak Rekor

Saka memang masih belia, namun ia telah berhasil memecahkan rekor di Arsenal. Ia kini jadi kreator assist terbanyak dalam semusim dari seorang pemain yang masih remaja.

Sebelumnya rekor tersebut dipegang oleh Cesc Fabregas. Ia mencatatkan 10 assist di semua ajang kompetisi pada musim 2006-07.

Sejauh ini, Saka sudah mencatatkan 11 assist di semua ajang kompetisi. Jumlah itu masih bisa bertambah.

9 dari 9 halaman

Catatan Keterlibatan Gol

Bukayo Saka menunjukkan potensinya yang besar dengan terlibat dalam 15 gol yang telah dicetak Arsenal sejauh ini. Hal ini tentu sangat mengagumkan mengingat ia bermain di empat posisi berbeda sejauh ini, termasuk di sektor fullback.

Dengan sesama pemain remaja lainnya, catatan itu hanya kalah dari catatan pemain muda Manchester United, Mason Greenwood. Sementara di level Eropa, catatannya itu lebih baik dari bek kiri Bayern Munchen Alphonso Davies dan winger Real Madrid, Vinicius Junior.

Dengan polesan yang tepat, Arsenal akan mendapatkan seorang bintang baru dalam diri Bukayo Saka di masa depan.

(Give Me Sport)

KOMENTAR