BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Diogo Jota Diklaim Tidak Lebih dari Pengganti Sadio Mane di Liverpool

30-09-2020 00:15 | Yaumil Azis

Pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Diogo Jota (tengah) ke gawang Arsenal dalam laga lanjutan Premier League, Selasa (29/9/2020). (c) AP Photo Pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Diogo Jota (tengah) ke gawang Arsenal dalam laga lanjutan Premier League, Selasa (29/9/2020). (c) AP Photo

Bola.net - Diogo Jota tampil memukau saat Liverpool bertemu dengan Arsenal dalam pentas Premier League, Selasa (29/9/2020). Namun sayangnya, performa apik tersebut tak cukup untuk membuatnya masuk dalam starting XI the Reds.

Usia karir Jota di Liverpool masih seumuran jagung. Transfernya dari Wolverhampton, dengan mahar sebesar 41 juta pounds, rampung beberapa hari yang lalu. Ia bahkan belum mengikuti banyak sesi latihan bersama Mohamed Salah dkk.

Namun ia cukup beruntung karena bisa mendapatkan kesempatan tampil dengan cepat, meskipun dengan status pengganti. Pertandingannya pun tak main-main, yakni menghadapi Arsenal yang sedang bangkit.

Jota berhasil memastikan kemenangan Liverpool atas the Gunners dengan golnya pada menit ke-88. Berkat itu, the Reds jadi bisa merayakan kemenangannya di Anfield dengan skor 3-1.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Peran Jota di Liverpool

Sayangnya, penampilan yang mengesankan itu mungkin takkan menjamin Jota akan mendapatkan tempat di lini depan Liverpool. Sebab posisi tersebut sudah pasti menjadi milik trio Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino.

Legenda the Reds, Jamie Carragher, meyakini itu. Namun jika melihat dari sudut pandang yang lain, Diogo Jota tetap berguna karena bisa memberikan alternatif buat Klopp jika salah satu dari trionya sedang menurun, terutama Mane.

"Posisi yang harus mereka perkuat adalah mencari cadangan untuk Mane, lebih penting dari yang lain. Jika Salah absen, anda bisa menaruh Mane di kanan," ujar Carragher kepada Sky Sports.

"Itu bukan posisi paten yang mereka butuhkan, hanya saja mereka bisa bergerak jika Jota masuk mengisi sisi kiri - saya pikir itu adalah posisi yang paling kuat untuknya," lanjut Carragher.

2 dari 2 halaman

Monster dalam Menekan Lawan

Performa Jota pada laga kontra Arsenal membuat Carragher terkesan. Ia bisa menyimpulkan bahwa salah satu kekuatan utama pemain asal Portugal tersebut adalah memberikan tekanan kepada pemain bertahan lawan.

"Dia adalah monster dalam hal menekan. Saat Liverpool melihat statistik dari pemain menyerang, kebanyakan orang mungkin akan melihat gol dan assist. Yang paling penting buat Liverpool adalah penekanan di depan," tambahnya.

"Awalan Jota sangat baik dengan gol, namun bagian yang paling besar adalah apa yang ia lakukan tanpa bola dan bila anda tidak melakukan apapun untuk Liverpool jika tidak memiliki bola, dan meskipun anda mencetak banyak gol, Klopp tidak akan menerimanya," pungkasnya.

Meski kecil, namun Jota punya peluang untuk tampil saat Liverpool bertemu Arsenal dalam ajang Carabao Cup hari Jumat (2/10/2020) mendatang. Pertandingan tersebut akan kembali dilaksanakan di Anfield.

(Goal International)

KOMENTAR