BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Dilema Mikel Arteta Kini Arsenal Bergantung ke Bocah 19 Tahun

19-02-2021 09:20 | Richard Andreas

Bukayo Saka (c) Arsenal FC
Bukayo Saka (c) Arsenal FC

Bola.net - Bukayo Saka kembali jadi pahlawan penyelamat Arsenal. Kali ini dia mencetak gol penyeimbang untuk membantu tim memetik hasil imbang 1-1 dari duel tandang kontra Benfica di leg pertama 32 besar Liga Europa 2020/21, Jumat (19/2/2021).

Setelah menutup babak pertama dengan skor 0-0, Arsenal kebobolan terlebih dahulu lewat penalti Pizzi di menit ke-55. Beruntung setelahnya pemain The Gunners langsung bereaksi dan Saka bisa menyamakan kedudukan di menit ke-57.

Gol Saka sangat penting dalam format dua leg seperti ini. Meski gagal menang, setidaknya Arsenal bisa mencuri gol tandang yang bakal jadi modal berharga untuk leg kedua nanti.

Sang pelatih, Mikel Arteta, pun memahami betapa pentingnya Saka untuk Arsenal sekarang. Katanya: "Saya kira dia harus terus melaju dan meneruskan apa yang telah dia lakukan sejauh ini, sebab saat ini dia merupakan bagian yang sangat penting dari tim kami."

1 dari 2 halaman

Kelola menit bermain

Arsenal boleh saja mengandalkan bakat muda seperti Saka, tapi masalahnya Saka baru 19 tahun. Dia bakal hancur lebih cepat jika dipaksa memikul beban tim di usia muda. Inilah salah satu tantangan Arteat dalam mengelola Saka.

"Saya kira kami harus menjaga dia dan menjaga ekspektasi tidak berlebihan, tapi saya tidak akan menghentikan perkembangannya atau apa yang bisa dia lakukan dari pekan ke pekan," imbuh Arteta.

"Saya kira kami harus mendukung dia, memberi dia saran terbaik sepanjang waktu, lalu mengelola menit bermainnya supaya dia bisa menjaga level."

2 dari 2 halaman

Sulit cadangkan Saka

Arteta boleh berjanji bakal mengelola menit bermain Saka. Masalahnya, sampai sekarang pun dia kesulitan mencadangkan Saka. Keberadaan Saka di lapangan sangat penting untuk kemenangan Arsenal.

"Saat ini memang demikian sebab dia benar-benar jadi ancaman untuk lawan. Dia terlibat pada banyak gol dan performa konsisten membuatnya layak jadi starter," sambung Arteta.

"Kami harus mencari keseimbangan yang pas, tapi di saat yang sama dia masih berusia 19 tahun dan kami harus menjaga dia," tutupnya.

Sumber: Arsenal

KOMENTAR