Didominasi Penggawa Manchester United, Ini 10 Bintang Premier League yang Nilai Pasarnya Jeblok

Abdi Rafi Akmal | 16 September 2022, 12:32
Cristiano Ronaldo, penyerang Manchester United (c) AP Photo
Cristiano Ronaldo, penyerang Manchester United (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United melakukan perombakan besar-besaran pada awal musim 2022/2023 di bawah komando Erik Ten Hag. Man United mendatangkan sejumlah pemain anyar seperti Antony, Casemiro, dan beberapa pemain lain.

Kedatangan sejumlah pemain ini, dan masuknya Ten Hag, berdampak terhadap nasib sejumlah pemain United. Sejumlah pemain, yang sebelumnya menjadi pilihan utama di skuad Setan Merah, harus minggir dan merelakan posisi mereka diisi pemain-pemain anyar.

Hal ini berdampak juga terhadap taksiran nilai pasar pemain-pemain yang tersingkir tersebut. Para pemain ini harus rela nilai pasar mereka jeblok.

Ada empat pemain Manchester United yang mengalami penurunan drastis dalam taksiran nilai pasar mereka. Hal tersebut menjadikan para penggawa Setan Merah mendominasi daftar sepuluh pemain dengan penurunan nilai pasar tertinggi di Premier League 2022/2023 ini

Siapa saja pemain yang masuk dalam daftar tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 11 halaman

Aaron Wan-Bissaka - 7 juta euro

Aaron Wan-Bissaka (kiri) berebut bola dengan Michel Aebischer laga Manchester United vs Young Boys di matchday 6 Grup F Liga Champions 2021-22 di Old Trafford, Kamis (09/12/2021) dini hari WIB. (c) AP

Aaron Wan-Bissaka (kiri) berebut bola dengan Michel Aebischer laga Manchester United vs Young Boys di matchday 6 Grup F Liga Champions 2021-22 di Old Trafford, Kamis (09/12/2021) dini hari WIB. (c) AP

Aaron Wan-Bissaka menempati posisi sepuluh dalam daftar sepuluh pemain Premier League yang nilai pasarnya jeblok kali ini. Pemain belakang Manchester United mengalami penurunan nilai pasar sebesar 7 juta euro.

Mulanya, Wan-Bissaka ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 25 juta euro. Namun, dalam penilaian terakhir, pemain 24 tahun ini ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 18 juta euro.

Anjloknya banderol Wan-Bissaka tak lepas dari performa buruknya belakangan ini. Bahkan, di Premier League 2022/2023, pemain berusia 24 tahun tersebut baru bermain selama empat menit.

Kurangnya menit bermain ini diyakini sebagai penyebab turunnya nilai pasar Wan-Bissaka kali ini.

2 dari 11 halaman

Remo Freuler - 7 juta euro

Gelandang Nottingham Forest Remo Freuler berduel dengan penyerang sayap Manchester City Phil Foden dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023 pekan ke-5, Kamis (1/9/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Gelandang Nottingham Forest Remo Freuler berduel dengan penyerang sayap Manchester City Phil Foden dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023 pekan ke-5, Kamis (1/9/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Di peringkat kesembilan dalam daftar sepuluh pemain Premier League yang nilai pasarnya jeblok kali ini ada nama Remo Freuler. Nilai pasar gelandang Nottingham Forest ini turun sebesar 7 juta euro.

Freuler -pada awalnya- ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 20 juta euro. Namun, saat ini, nilai pasarnya ditaksir sebesar 13 juta euro.

Freuler merupakan salah satu yang didatangkan Forest pada musim panas ini. Eks penggawa Atalanta ini diharapkan bisa menjadi pilar kokoh di lini tengah Forest. Namun, asa tersebut jauh panggang dari api. Pemain asal Swiss ini masih belum bisa menunjukkan ketangguhannya mengadang serangan lawan di lapangan tengah Forest. Sejauh ini, ia baru bermain dalam 106 menit di Premier League 2022/2023.

Bisa jadi, kurangnya menit bermain dan performa yang masih belum meyakinkan ini yang membuat nilai pasar Freuler kali ini.

3 dari 11 halaman

Luke Shaw - 8 juta euro

Bek kiri Manchester United, Luke Shaw (c) AP Photo

Bek kiri Manchester United, Luke Shaw (c) AP Photo

Posisi delapan dalam daftar sepuluh pemain Premier League yang nilai pasarnya jeblok kali ini ditempati Luke Shaw. Penggawa Manchester United tersebut mengalami penurunan nilai pasar sebesar 8 juta euro.

Sebelum ini, Shaw ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 38 juta euro. Sementara, dengan penurunan ini, nilai pasar pemain berusia 27 tahun tersebut ditaksir sebesar 30 juta euro.

Perubahan di tubuh Manchester United musim ini membuat Shaw menjadi korban. Kedatangan Tyrell Malacia membuat Shaw tak lagi menjadi pilihan utama di sektor fullback kiri United. Sejauh ini, Shaw baru bermain selama 136 menit di Premier League 2022/2023. Dengan kian apiknya performa Malacia, Shaw diprediksi akan semakin kehilangan tempatnya.

Tergusurnya Shaw dari posisi inti dan kian menurunnya daya tarik pemain berusia 27 tahun ini bisa jadi merupakan alasan anjloknya banderol Shaw saat ini.

4 dari 11 halaman

Harry Maguire - 8 juta euro

Harry Maguire menjaga Eddie Nketiah di duel Manchester United vs Arsenal, Minggu (4/9/2022) (c) AP Photo

Harry Maguire menjaga Eddie Nketiah di duel Manchester United vs Arsenal, Minggu (4/9/2022) (c) AP Photo

Harry Maguire berada di peringkat ketujuh dalam daftar sepuluh pemain Premier League yang nilai pasarnya jeblok kali ini. Pemain belakang Manchester United tersebut ditaksir mengalami penurunan nilai pasar sebesar 8 juta euro.

Nilai pasar Maguire, mulanya, ditaksir sebesar 38 juta euro. Namun, sama seperti Luke Shaw, saat ini, nilai pasarnya ditaksir sebesar 30 juta euro.

Sama seperti Shaw pula, Maguire menjadi 'korban' dari perubahan di skuad Manchester United. Pemain berusia 29 tahun tersebut juga mulai tergusur dari posisi inti seiring kedatangan Lisandro Martinez. Sejauh ini, pemain yang kerap menjadi bahan ejekan suporter United tersebut baru bermain selama 190 menit di Premier League 2022/2023.

Dengan reputasi buruk yang ia miliki saat ini, tampaknya akan sulit mencari klub yang berminat untuk meminang Maguire. Hal inilah yang layak diduga sebagai penyebab turunnya nilai pasar pemain asal Inggris tersebut.

5 dari 11 halaman

Hakim Ziyech - 8 juta euro

Hakim Ziyech. (c) AP Photo

Hakim Ziyech. (c) AP Photo

Posisi enam dalam daftar sepuluh pemain Premier League yang nilai pasarnya jeblok kali ini ditempati Hakim Ziyech. Nilai pasar penggawa Chelsea tersebut ditaksir turun sebesar 8 juta euro.

Ziyech, pada awalnya, ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 28 juta euro. Namun, dalam penilaian terbaru, pemain berusia 29 tahun tersebut ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 20 juta euro.

Musim ini, Ziyech belum banyak mendapat kesempatan yang cukup untuk membuktikan kemampuannya di Premier League 2022/2023. Ia baru tampil dua kali, sekali di antaranya sebagai pengganti.

Pada bursa transfer musim panas lalu, Ziyech disebut bakal pulang ke Ajax Amsterdam. Namun, sampai bursa transfer musim panas tutup, ia masih bertahan di Chelsea.

Usia yang kian merambat dan kesempatan bermain yang tak terlalu banyak disebut sebagai penyebab anjloknya nilai pasar Ziyech.

6 dari 11 halaman

Wilfred Ndidi - 10 juta euro

Gelandang Leicester City Wilfred Ndidi. (c) AP Photo

Gelandang Leicester City Wilfred Ndidi. (c) AP Photo

Wilfried Ndidi menempati posisi lima dalam daftar sepuluh pemain Premier League yang nilai pasarnya jeblok kali ini. Penggawa Leicester City tersebut mengalami penurunan nilai pasar sebesar 10 juta euro.

Awalnya, nilai pasar Ndidi ditaksir sebesar 60 juta euro. Namun, dalam penilaian terakhir, nilai pasar pemain asal Nigeria ini melorot menjadi 50 juta euro.

Ndidi sendiri sejatinya masih tampil cukup bagus pada ajang Premier League 2022/2023. Ia masih menjadi pilar kokoh di lini tengah The Foxes. Namun, penampilan buruk Leicester City lah yang diperkirakan menjadi alasan di balik jebloknya nilai pasar Ndidi.

7 dari 11 halaman

Youri Tielemans - 10 juta euro

Youri Tielemans (c) AP Photo

Youri Tielemans (c) AP Photo

Di peringkat keempat dalam daftar sepuluh pemain Premier League yang nilai pasarnya jeblok kali ini ada nama Youri Tielemans. Nilai pasar pemain Leicester City ini mengalami penurunan sebesar 10 juta euro.

Mulanya, nilai pasar Tielemans ditaksir sebesar 55 juta euro. Namun, dengan penurunan ini, nilai pasar pemain asal Belgia tersebut tinggal 45 juta euro.

Setali tiga uang dengan Ndidi, Tielemans sejatinya masih menunjukkan performa ciamik musim ini. Ia bahkan masih mencatatkan satu assist. Namun, sama seperti Ndidi pula, nilai pasar Tielemans terpengaruh buruknya capaian Leicester sejauh ini.

8 dari 11 halaman

Diego Carlos - 10 juta euro

Diego Carlos (c) Sevilla FC

Diego Carlos (c) Sevilla FC

Posisi tiga dalam daftar sepuluh pemain Premier League yang nilai pasarnya jeblok kali ini ditempati Diego Carlos. Pemain Aston Villa ini mengalami penurunan nilai pasar sebesar 10 juta euro.

Carlos, pada awalnya, ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 40 juta euro. Namun, dalam penilaian terakhir, nilai pasar pemain asal Brasil tersebut tinggal 30 juta euro.

Carlos didatangkan Villa dari Sevilla musim panas 2022. Namun, belum mendapat banyak menit bermain, ia mengalami cedera tendon Achilles. Cedera inilah yang membuat nilai pasar Carlos ikut jeblok.

9 dari 11 halaman

Cristiano Ronaldo - 10 juta euro

Cristiano Ronaldo ketika tampil bersama Manchester United melawan Leicester di pekan 5 Premier League 2022-2023. (c) AP Photo

Cristiano Ronaldo ketika tampil bersama Manchester United melawan Leicester di pekan 5 Premier League 2022-2023. (c) AP Photo

Cristiano Ronaldo menempati urutan kedua dalam daftar sepuluh pemain Premier League yang nilai pasarnya jeblok kali ini. Nilai pasar penggawa Manchester United ini turun sebesar 10 juta euro.

Mulanya, Ronaldo ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 30 juta euro. Namun, dalam penilaian kali ini, nilai pasar pemain asal Portugal tersebut tinggal 20 juta euro.

Ronaldo mungkin salah satu pemain terbaik dunia. Namun, ia tetaplah manusia biasa yang tak bisa melawan umur. Dengan umur yang sudah 37 tahun, hampir tak ada klub yang tertarik untuk meminangnya saat ini. Hal tersebut sudah terbukti ketika ia hendak meninggalkan United pada bursa transfer musim panas 2022 lalu. Tak ada klub yang tertarik untuk mendatangkannya.

10 dari 11 halaman

Caglar Soyuncu - 12 juta euro

Bek Leicester City, Caglar Soyuncu (c) LCFC Official

Bek Leicester City, Caglar Soyuncu (c) LCFC Official

Urutan pertama dalam daftar sepuluh pemain Premier League yang nilai pasarnya jeblok kali ini ditempati Caglar Soyuncu. Pemain Leicester City tersebut harus merelakan nilai pasarnya turun sebesar 12 juta euro kali ini.

Mulanya, Soyuncu ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 40 juta euro. Namun, dalam penilaian terakhir, nilai pasar pemain asal Turki ini tinggal 28 juta euro.

Soyuncu, sejauh ini, bukan menjadi pilihan untuk mengisi satu posisi di lini belakang Leicester. Bahkan, pemain asal Turki tersebut pun belum semenit pun bermain di Premier League 2022/2023 ini.

Sementara itu, kendati kontraknya akan berakhir pada akhir musim ini, tak ada tawaran dari manapun untuk meminang Soyuncu.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR