BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Didier Drogba 2009/10: Striker Ganas Kunci Chelsea Meraih Dua Gelar

20-05-2020 14:03 | Gia Yuda Pradana

Didier Drogba (c) Bola.net Didier Drogba (c) Bola.net

Bola.net - Musim 2009/10 merupakan salah satu musim terbaik Chelsea. Musim itu, di musim pertam bersama pelatih Carlo Ancelotti, Chelsea menjuarai FA Cup dan Premier League. Striker ganas bernama Didier Drogba memberi kontribusi yang sangat masif.

Langkah Chelsea di Liga Champions memang dikandaskan Inter Milan di babak 16 besar. Namun, Chelsea tak tertandingi di pentas domestik, dan akhirnya meraih dua gelar.

Chelsea menjadi klub Inggris ke-7 yang meraih double Premier League dan FA Cup.

Sepak bola menyerang mereka juga membuat Chelsea memecahkan beberapa rekor di Premier League. Termasuk di antaranya adalah gol terbanyak dalam satu musim (103), gol kandang terbanyak dalam satu musim (68), dan selisih gol terbaik dalam satu musim (+71).

Dari semua pemain Chelsea musim itu, Drogba yang paling bersinar.

1 dari 5 halaman

Skuad Chelsea 2009/10

Kiper: Petr Cech, Ross Turnbull, Henrique Hilario, Jan Sebek.

Belakang: Branislav Ivanovic, Ashley Cole, Ricardo Carvalho, Jose Bosingwa, Paulo Ferreira, John Terry (kapten), Alex, Juliano Belletti, Sam Hutchinson, Jeffrey Bruma.

Tengah: Michael Essien, Frank Lampard (wakil kapten), Joe Cole, John Obi Mikel, Michael Ballack, Florent Malouda, Yuri Zhirkov, Deco, Nemanja Matic, Jacopo Sala.

Depan: Didier Drogba, Salomon Kalou, Daniel Sturridge, Nicolas Anelka, Gael Kakuta, Fabio Borini.

Pelatih: Carlo Ancelotti.

2 dari 5 halaman

Hat-trick Drogba Pengunci Gelar Chelsea

Chelsea meraih titel Premier League mereka yang ke-3. Chelsea finis dengan 86 poin, unggul satu poin atas Manchester United besutan Sir Alex Ferguson.

Chelsea memastikan diri jadi juara usai menggulung Wigan 8-0 di Stamford Bridge pada pekan pemungkas, 9 Mei 2010. Chelsea menang lewat hat-trick Didier Drogba, brace Nicolas Anelka, serta gol-gol Frank Lampard, Salomon Kalou, dan Ashley Cole.

3 dari 5 halaman

4 Sumber Gol Utama

Di Premier League musim itu, ada empat pemain Chelsea yang mencetak minimal 10 gol. Yang terdepan adalah Drogba (29), kemudian disusul Lampard (22), Malouda (12), dan Anelka (11).

4 dari 5 halaman

Juara FA Cup

Final FA Cup musim itu digelar 15 Mei 2010, mempertemukan juara bertahan Chelsea dengan Portsmouth. Chelsea menang 1-0 dan meraih titelnya yang ke-6.

Setelah Petr Cech menepis penalti Kevin-Prince Boateng di menit 54, Drogba memastikan kemenangan Chelsea lewat eksekusi tendangan bebas di menit 58. Drogba pun terpilih sebagai Man of the Match.

5 dari 5 halaman

Sepatu Emas Premier League

Drogba mencetak 29 gol untuk Chelsea di Premier League musim itu. Dia finis sebagai pencetak gol terbanyak, dan meraih Sepatu Emas.

Drogba unggul tiga gol atas Wayne Rooney (Manchester United) di urutan kedua.

Itu adalah Sepatu Emas Premier League kedua Drogba. Sebelumnya, dia juga jadi pencetak gol terbanyak di musim 2006/07.

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland