BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Di Mana Mereka Sekarang? Starting XI MU Pada Laga Terakhir Sir Alex Ferguson di Old Trafford

13-05-2020 13:11 | Asad Arifin

Sir Alex Ferguson (c) Bolanet Sir Alex Ferguson (c) Bolanet

Bola.net - 12 Mei 2013 menjadi momen yang harus diingat fans Manchester United. Sebab, pada tanggal itulah tanggal di mana Sir Alex Ferguson menjalani laga terakhirnya sebagai manajer di Old Trafford.

Sir Alex Ferguson dikenang sebagai manajer legendaris Manchester United. Di bawah kendali 'tangan besi' pria asal Skotlandia, Setan Merah menjadi klub yang sangat dominan di Premier League dengan 13 gelar juara.

Ferguson juga menjadikan United sebagai unggulan di setiap gelaran Liga Champions. Dua gelar mampu dibawa pulang ke Old Trafford. Selain Premier League dan Liga Champions, masih banyak kisah sukses lain yang diukir.

Namun, usia membuat Ferguson harus berpisah dengan United. Momen itu terjadi pada musim 2012/2013. Dan, laga pekan ke-38 Premier League melawan Swansea menjadi laga terakhir Ferguson sebagai manajer di Old Trafford.

United menang dengan skor 2-1 di laga tersebut. Dua gol United dicetak Javier Hernandez dan Rio Ferdinand. Sedangkan, gol Swansea City dicetak Michu.

Lantas, di mana para pemain yang tampil pada laga terakhir Sir Alex Ferguson di Old Trafford tersebut pada saat ini? Simak catatan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 15 halaman

Susunan Pemain

Manchester United: De Gea; Evra, Vidic, Ferdinand, Jones; Carrick, Scholes (Anderson), Kagawa, Welbeck (Valencia); Hernandez (Giggs), Van Persie

Swansea: Tremmel; Taylor, Chico, Williams, Tiendalli; Hernandez, Britton, De Guzman, Routledge, Dyer; Michu

2 dari 15 halaman

David de Gea

David De Gea (c) AP Photo David De Gea (c) AP Photo

Ferguson membeli David de Gea pada 2011 dari Atletico Madrid. Kiper asal Spanyol dibeli mahal untuk menjadi pengganti Edwin van der Sar yang tampil gemilang dan memberi satu gelar juara Liga Champions.

David de Gea masih bertahan di Manchester United hingga 2020 ini. Walau Ferguson telah lama tidak melatih United, posisi kiper asal Spanyol tersebut tidak pernah goyah sebagai pilihan utama.

3 dari 15 halaman

Patrice Evra

Patrice Evra (c) AFP Patrice Evra (c) AFP

Patrice Evra tetap bertahan di Manchester United ketika Ferguson pindah. Patrice Evra dibeli pada Januari 2006 dari AS Monaco dengan harga 8 juta euro. Dia menjadi andalan Ferguson di posisi bek kiri.

Setahun setelah Ferguson pensiun, Patrice Evra pindah ke Juventus untuk menjajal persaingan di Serie A. Dua setengah musim di Juventus, dia kemudian pindah ke Lyon. Sempat mampir ke West Ham pada 2017/2018, Patrice Evra kini pensiun.

4 dari 15 halaman

Nemanja Vidic

Nemanja Vidic (c) MUFC Nemanja Vidic (c) MUFC

Nemanja Vidic mengalami cedera parah pada musim 2011/2012. Pada musim terakhir Ferguson sebagai manajer, performa Nemanja Vidic tidak lagi bagus walau tetap menjadi pilihan utama di posisi bek tengah.

Satu tahun setelah Ferguson pensiun, Nemanja Vidic memilih pindah dari United. Kontraknya saat itu memang sudah habis. Nemanja Vidic kemudian bermain di Inter Milan pada musim 2014/2015 sebelum pensiun.

5 dari 15 halaman

Rio Ferdinand

Rio Ferdinand (c) AFP Rio Ferdinand (c) AFP

Rio Ferdinand menjadi andalan Ferguson sejak dibeli dari Leeds United pada 2002. Duetnya bersama Nemanja Vidic mengantar United menjadi juara Liga Champions musim 2007/2008.

Ferdinand meninggalkan United satu musim setelah Ferguson pensiun, sama seperti Vidic. Ferdinand lantas meneken kontrak di Queens Park Rangers [QPR]. Satu musim bersama QPR, Ferdinand kemudian memilih pensiun.

6 dari 15 halaman

Phil Jones

Bek Manchester United Phil Jones (kiri) (c) AP Photo Bek Manchester United Phil Jones (kiri) (c) AP Photo

Phil Jones adalah pemain yang dibeli Ferguson untuk menjadi pilar klub di masa depan. Phil Jones dibeli dari Blackburn Rovers dengan harga 19 juta euro pada 2011. Harga yang sangat mahal pada zamannya.

Hanya saja, Phil Jones kesulitan menemukan performa terbaiknya setelah Ferguson pensiun. Phil Jones juga sering mengalami cedera yang membuatnya sulit bersaing di tim utama. Phil Jones masih bermain di United.

7 dari 15 halaman

Michael Carrick

Michael Carrick (c) MUFC Michael Carrick (c) MUFC

Michael Carrick dibeli Ferguson pada 2006 dari Tottenham. Michael Carrick disiapkan menjadi pengganti Roy Keane, dengan cara bermain yang sama sekali berbeda. Carrick lantas menjelma sebagai pemain penting di United.

Posisi Carrick sebagai pemain inti Manchester United tidak goyah walau Ferguson pensiun. Carrick pensiun sebagai pemain pada 2018 lalu. Kini, pria berusia 38 tahun menjadi asisten manajer United.

8 dari 15 halaman

Paul Scholes

Paul Scholes di laga melawan Barcelona pada Liga Champions 2007/2008 (c) Manchester United Paul Scholes di laga melawan Barcelona pada Liga Champions 2007/2008 (c) Manchester United

Paul Scholes meraih 13 gelar juara Premier League bersama Manchester United. Sempat pensiun pada 2011, Paul Scholes kembali bermain pada musim 2012/2013 dan punya peran penting memberikan gelar juara.

Paul Scholes pensiun pada musim yang sama dengan Ferguson. Paul Scholes sempat menjadi manajer di klub Oldham Athletic pada 2019. Namun, dia hanya beberapa pekan memegang jabatan itu. Paul Scholes kini menjadi pandit.

9 dari 15 halaman

Anderson

Anderson (c) Ist Anderson (c) Ist

Ferguson membeli Anderson pada 2007. Ferguson terpikat dengan performa apik Anderson yang menjadi pemain terbaik Ppiala Dunia U-17 pada 2005. Anderson meraih gelar Golden Boy pada 2008.

Namun, karir Anderson tidak pernah benar-benar berkembang di United. Pasca Ferguson pensiun, Anderson kesulitan menembus tim utama dan terdepak pada 2015. Dia pensiun pada 2019 usai membela klub Turki, Adana Demirspor.

10 dari 15 halaman

Shinji Kagawa

Shinji Kagawa (c) MUFC Shinji Kagawa (c) MUFC

Pada musim terakhirnya, Ferguson membeli Shinji Kagawa. Dia diharap bisa melanjutkan kisah sukses Park Ji-sung sebagai pemain Asia di United. Musim pertama Shinji Kagawa berjalan bagus dan dia menembus tim utama.

Namun, pada musim kedua, performa Shinji Kagawa menurun drastis. David Moyes yang menggantikan Ferguson tidak menemukan talenta terbaik Shinji Kagawa. Kini, pemain asal Jepang bermain di Real Zaragoza di Segunda Division.

11 dari 15 halaman

Danny Welbeck

Danny Welbeck bergabung dengan Watford (c) WFC Danny Welbeck bergabung dengan Watford (c) WFC

Sebelum Marcus Rashford, Manchester United punya Danny Welbeck sebagai penyerang tengah jebolan akademi yang menembus tim utama. Hanya saja, karir Danny Welbeck banyak direcoki dengan cedera dan sulit sembuh secara total.

Pada 2014, Danny Welbeck dilepas ke Arsenal. Situasi Danny Welbeck tidak juga membaik. Dia masih sering mengalami cedera. Pada musim 2019/2020, Danny Welbeck yang kini berusia 29 tahun bermain untuk Watford.

12 dari 15 halaman

Antonio Valencia

Antonio Valencia (c) AFP Antonio Valencia (c) AFP

Antonio Valencia dibeli Ferguson dari Wigan Athletic, usai melepas Cristiano Ronaldo ke Real Madrid. Pada awal-awal menjadi bagian dari skuad United, Valencia bermain sebagai winger kanan.

Namun, performa tidak cukup bagus di posisi tersebut. Saat diubah menjadi bek kanan, Antonio Valencia mampu tampil sangat bagus. Sebelum pindah ke LDU Quito pada 2019, Antonio Valencia selama beberapa musim dipercaya sebagai kapten.

13 dari 15 halaman

Javier Hernandez

Javier Hernandez (c) AFP Javier Hernandez (c) AFP

Penampilan apik di Piala Dunia 2010 membuat Ferguson membeli Javier Hernandez atau Chicharito dari Guadalaraja. Hernandez mencetak dua gol untuk Meksiko pada Piala Dunia 2010. Hernandez tampil bagus pada era Ferguson melatih.

Pada musim 2013/2014, Hernandez hanya mencetak empat gol di Premier League. Hernandez lantas dipinjamkan ke Real Madrid. United melepasnya ke Bayer Leverkusen pada 2015. Kini, Hernandez bermain di LA Galaxy.

14 dari 15 halaman

Ryan Giggs

Ryan Giggs (c) Bola.net Ryan Giggs (c) Bola.net

Ryan Giggs adalah 'serdadu' setia Ferguson. Sempat berniat pindah pada 2010, dia memilih setia bermain di United hingga pensiun pada 2014. Ryan Giggs hanya pernah bermain untuk satu klub di level profesional: Manchester United.

Ryan Giggs sempat menjadi asisten manajer di United usai pensiun sebagai pemain. Namun, Ryan Giggs kemudian memilih keluar dari klub. Ryan Giggs kini mendapat tanggung jawab besar dengan jabatan manajer timnas Wales.

15 dari 15 halaman

Robin van Persie

Robin Van Persie (c) Ist Robin Van Persie (c) Ist

Robin van Persie menjadi kunci sukses musim terakhir Ferguson di Manchester United. Dibeli dari Arsenal, pemain asal Belanda menjelma sebagai mesin gol dan memberikan gelar Premier League untuk United.

Pensiunnya Ferguson juga menjadi tanda surutnya karir Robin van Persie. Pada 2015, dia pindah ke klub Fernerbahce. Pada 2017, Robin van Persie memilih pulang kampung untuk bermain di Feyenoord. Robin van Persie pensiun pada 2019 lalu.

KOMENTAR