BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Deretan Penggawa Manchester United yang Mencetak Gol Bunuh Diri kala Menghadapi Liverpool

23-10-2021 14:39 | Serafin Unus Pasi

Bek dan kapten Manchester United, Harry Maguire (c) AP Photo
Bek dan kapten Manchester United, Harry Maguire (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool akan menantang Manchester United pada laga pekan kesembilan Premier League 2021/2022. Laga antara dua tim tersukses di kancah sepak bola Inggris ini bakal digelar di Old Trafford, Minggu (24/10).

Laga akhir pekan ini akan menjadi pertemuan ke-208 bagi kedua klub tersebut. Mereka pertama kali bersua pada laga Divisi 2 Liga Inggris musim 1895/1896. Pada laga yang dihelat 12 Oktober 1895 tersebut, United harus mengakui keunggulan The Reds dengan skor 1-7.

Perjumpaan antara Liverpool dan Manchester United merupakan salah satu persuaan paling sengit di Liga Inggris. Pertemuan dua klub tersebut kerap diwarnai banjir gol. Sejauh ini, sudah ada 548 gol tercipta dalam pertemuan antara kedua tim tersebut.

Dari 548 gol tersebut, Liverpool mencetak 266 gol di antaranya. Pencetak gol terbanyak Liverpool kala menghadapi Manchester United adalah Steven Gerrard, yang sepanjang kariernya, mencatatkan sembilan gol ke gawang Setan Merah.

Uniknya, di posisi dua pencetak gol terbanyak ke gawang United dalam pertemuannya dengan Liverpool adalah para pemain Manchester United sendiri. Ada delapan gol bunuh diri dari 266 gol Liverpool sepanjang sejarah mereka menghadapi Setan Merah.

Siapa saja para penggawa Setan Merah yang mencetak gol bunuh diri kala menghadapi Liverpool? Berikut adalah daftarnya.

1 dari 8 halaman

Reg Allen

Pemain pertama dalam daftar pencetak gol bunuh diri Manchester United pada laga kontra Liverpool adalah Reg Allen. Penjaga gawang United ini mencetak gol bunuh diri pada laga Divisi 1 Liga Inggris musim 1950/1951.

Allen mencetak gol bunuh diri pada laga yang dihelat di Anfield, 23 Agustus 1950. Akibat gol bunuh diri tersebut, United harus menelan kekalahan 1-2 dari Liverpool

2 dari 8 halaman

Roger Byrne

Pemain kedua dalam daftar pencetak gol bunuh diri Manchester United pada laga kontra Liverpool adalah Roger Byrne. Fullback Manchester United ini mencetak gol bunuh diri pada laga Divisi 1 Liga Inggris musim 1953/1954/

Gol bunuh diri Byrne terjadi pada pertandingan yang digelar di Anfield, 22 Agustus 1953. Dalam laga tersebut, United dan Liverpool berbagi angka 4-4. Selain mencetak gol bunuh diri,Byrne juga mencetak satu gol United ke gawang Liverpool.

Catatan gol bunuh diri Byrne ini masih menjadi perdebatan. Ada yang menyebut bahwa gol ini diceploskan oleh Louis Bimpson.

3 dari 8 halaman

Paul Edwards

Pemain ketiga dalam daftar pencetak gol bunuh diri Manchester United pada laga kontra Liverpool adalah Paul Edwards. Pemain belakang United ini mencetak gol bunuh dirinya pada laga Divisi 1 Liga Inggris musim 1970/1971.

Gol bunuh diri Edwards terjadi pada pertandingan yang dihelat di Old Trafford, 19 April 1971. Pada laga ini, Liverpool menang dua gol tanpa balas. Satu gol lain The Reds dicetak Steve Heighway pada menit 45.

4 dari 8 halaman

Paul McGrath

Pemain keempat dalam daftar pencetak gol bunuh diri Manchester United pada laga kontra Liverpool adalah Paul McGrath. Pemain belakang United ini mencetak gol bunuh dirinya pada Semifinal Piala FA musim 1984/1985.

Gol bunuh diri McGrath terjadi pada pertandingan yang dihelat di Maine Road, 17 April 1985. Waktu itu, United menang dengan skor 2-1. Dua gol Setan Merah pada laga ini dicetak Bryan Robson dan Mark Hughes.

5 dari 8 halaman

Steve Bruce

Steve Bruce (c) IstSteve Bruce (c) Ist

Pemain kelima dalam daftar pencetak gol bunuh diri Manchester United pada laga kontra Liverpool adalah Steve Bruce. Pemain belakang Manchester United ini mencetak gol bunuh dirinya pada laga Premier League musim 1994/1995.

Gol bunuh diri Bruce terjadi pada laga yang digelar di Anfield, 19 Maret 1995. Dalam laga ini, United harus menelan kekalahan dua gol tanpa balas. Satu gol Liverpool lainnya dicetak Jamie Redknapp.

6 dari 8 halaman

John O'Shea

 (c) AFP (c) AFP

Pemain keenam dalam daftar pencetak gol bunuh diri Manchester United pada laga kontra Liverpool adalah John O'Shea. Pemain serbabisa United ini mencetak gol bunuh dirinya pada Premier League musim 2004/2005.

Gol bunuh diri O'Shea terjadi pada laga yang dihelat di Old Trafford, 20 September 2004. Kendati kebobolan melalui gol bunuh diri O'Shea, United sukses meraih kemenangan dengan skor 2-1 pada laga ini. Dua gol United pada laga ini diborong Mikael Silvestre.

7 dari 8 halaman

Wes Brown

Wes Brown (c) AFPWes Brown (c) AFP

Pemain ketujuh dalam daftar pencetak gol bunuh diri Manchester United pada laga kontra Liverpool adalah Wes Brown. Pemain belakang Setan Merah ini mencetak gol bunuh dirinya pada Premier League 2008/2009.

Gol bunuh diri Brown terjadi pada laga yang dihelat di Anfield, 13 September 2008. Pada laga tersebut, Setan Merah harus menelan kekalahan 1-2. Gol United dicetak Carlos Tevez. Sementara, gol kemenangan Liverpool diceploskan Ryan Babel.

8 dari 8 halaman

Eric Bailly

Eric Bailly (c) Manchester United
Eric Bailly (c) Manchester United

Pemain kedelapan dalam daftar pencetak gol bunuh diri Manchester United pada laga kontra Liverpool adalah Eric Bailly. Pemain belakang Manchester United ini mencetak gol bunuh dirinya pada Premier League 2017/2018.

Gol bunuh diri Bailly terjadi pada laga yang dihelat di Old Trafford, 10 Maret 2018.

Namun, kendati diwarnai gol bunuh diri Bailly, United berhasil memetik kemenangan 2-1 pada laga ini. Dua gol United ke gawang Liverpool diborong Marcus Rashford.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR