BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Demi 'Sempurnakan' VAR, Wenger Berniat Ubah Aturan Offside Saat Ini

20-02-2020 04:09 | Yaumil Azis

Arsene Wenger (c) AFP Arsene Wenger (c) AFP

Bola.net - Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, memiliki sebuah proposal untuk diajukan kepada UEFA. Proposal tersebut berisikan soal cara 'menyempurnakan' VAR, terutama dalam hal offside yang kerap membuat klub gigit jari.

Sejak diperkenalkan ke publik, VAR seringkali mengundang kontroversi. Sebagian besar dari publik tidak puas terhadap kinerja VAR yang dinilai membuat pertandingan terlalu kaku, tanpa toleransi terutama dari segi offside.

Yang paling jelas terlihat dalam laga antara Chelsea melawan Manchester United di ajang Premier League baru-baru ini. Salah satu gol the Blues dianulir karena pencetak gol, Olivier Giroud, telah melewati garis pertahanan MU sejauh 'setengah telapak kaki' saja.

Namun pada akhirnya, peraturan tetaplah peraturan dan wasit bertugas untuk melaksanakannya. Saat ini aturannya adalah pemain dinyatakan offside kalau bagian dari kepala, tubuh, atau kakinya berada di belakang bek terakhir lawan.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Rancangan Aturan Offside dari Wenger

Wenger, yang sekarang menjadi bagian dari FIFA, sadar bahwa masalah tersebut akan terus berlarut-larut kalau dibiarkan. Oleh karenanya, ia merancang sebuah proposal untuk mengubah aturan soal offside demi 'menyempurnakan' VAR.

"Masalah paling sulit yang orang-orang miliki [dengan VAR] adalah aturan offside. Anda offside sepersekian sentimeter, harfiahnya hanya karena hidung. Sudah waktunya untuk mengubahnya dengan cepat," ujar Wenger dikutip dari Goal.

"Ada ruang untuk mengubah peraturan tersebut dan tidak berkata kalau sebagian dari hidung seorang pemain dinyatakan sebagai offside, jadi anda offside karena anda bisa mencetak gol dengan itu," lanjutnya.

"Sebaliknya, anda tidak akan offside jika ada bagian tubuh yang dapat mencetak gol berada segaris dengan bek terakhir lawan, meskipun kalau bagian lain dari tubuh penyerang berada di depan," tambahnya.

2 dari 2 halaman

Mengatasi Masalah VAR

Wenger percaya kalau perubahan aturan tersebut bisa membuat masalah tentang offside dan VAR tidak akan lagi muncul di muka publik. Sebab masalah yang sama tidak hanya terjadi dalam laga antara Chelsea melawan Manchester United saja.

Contoh lainnya juga pernah terjadi terhadap gol Raheem Sterling kala Manchester City berhadapan dengan West Ham pada bulan Agustus lalu. Roberto Firmino pun pernah merasakannya kala Liverpool bertemu Aston Villa akhir tahun kemarin.

"[Perubahan] itu akan menyelesaikannya, dan anda tidak perlu membuat keputusan soal milimeter atau bagian dari penyerang berada di depan garis pertahanan," pungkasnya.

(Goal International)

KOMENTAR