BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Debut di Manchester United Pada Usia 17 Tahun dan 19 hari, Siapa Shola Shoretire?

22-02-2021 10:19 | Asad Arifin

Shola Shoretire menjalani debutnya saat Manchester United berjumpa Newcastle di pekan ke-25 Premier League 2020/2021 (c) AP Photo Shola Shoretire menjalani debutnya saat Manchester United berjumpa Newcastle di pekan ke-25 Premier League 2020/2021 (c) AP Photo

Bola.net - Ole Gunnar Solskjaer memberikan debut pada dua pemain muda dalam satu pekan terakhir. Setelah Amad Diallo, giliran Shola Shoretire yang mendapat debut di Manchester United.

Amad Diallo dimainkan ketika United berjumpa Real Sociedad tengah pekan lalu. Pemain 18 tahun bermain selama kurang lebih 10 menit ketika United menang 4-0 pada laga Liga Europa tersebut.

Selang beberapa hari, giliran Shola Shoretire yang mendapat debut. Dia tampil pada menit-menit akhir saat United menang 3-1 atas Newcastle pada laga pekan ke-25 Premier League, Senin (22/2/2021) dini hari WIB.

1 dari 4 halaman

Siapa Shola Shoretire?

Shola Shoretire menjalani debutnya saat Manchester United berjumpa Newcastle di pekan ke-25 Premier League 2020/2021 (c) AP Photo Shola Shoretire menjalani debutnya saat Manchester United berjumpa Newcastle di pekan ke-25 Premier League 2020/2021 (c) AP Photo

Berbeda dengan Amad Diallo, Shola Shoretire adalah pemain didikan akademi United. Jika Diallo dibeli dari Atalanta, maka Shoretire sudah bermain untuk United sejak berusia 10 tahun.

Sebelum menjejakkan kaki pada sistem pembinaan United, Shoretire pernah meniti ilmu sepak bola di akademi Newcastle. Kelak, Shoretire menjalani debut saat United berjumpa The Magpies.

Shoretire bergabung dengan akademi United karena orang tuanya pindah domisili sebab pekerjaan.

Shoretire menjadi sorotan saat berusia 14 tahun. Dia menjadi pemain paling muda yang tampil di UEFA Youth League pada Desember 2018. Dia bermain untuk tim United U-19 di laga melawan Valencia.

"Shoretire selalu bermain pada kelompok usia di atasnya. Saya tidak ingat apakah dia pernah bermain pada level seusianya," ucap pelatih United U-23, Neil Wood.

2 dari 4 halaman

Tampil Bagus Bersama Tim U-23

Shola Shoretire promosi ke tim Manchester United U-23 pada awal musim 2020/2021 ini. Walau masih sangat muda, pemain kelahiran 2 Februari 2004 itu langsung tampil di tim utama.

Shoretire menjadi tulang punggung United U-23 di ajang Premier League 2. Dari 14 laga yang dia mainkan, Shoretire mampu mencetak enam gol. Dia hanya kalah produktif dari penyerang Joe Hugill.

Perhatian tertuju pada Shoretire saat dia mencetak hattrick dan membawa United menang 6-4 atas Blackburn pada awal Februari lalu.

"Dia baru berusia 17 tahun dan bermain melawan beberapa pemain yang lebih tua dan dia harus menemukan cara untuk mengatasinya dan dia melakukannya dengan sangat baik," ucap Neil Wood.

3 dari 4 halaman

Debut di Tim Senior

Dua pekan setelah tampil bagus pada laga melawan Blackburn, Shoretire mendapat hadiah istimewa. Dia promosi ke tim utama. Awalnya, Shoretire hanya disiapkan untuk berlatih dengan tim senior.

Namun, Ole Gunnar Solskjaer memberi lebih banyak untuk Shoretire. Dia mendapatkan debut ketika United berjumpa Newcastle di Old Trafford.

Shoretire menggantikan Marcus Rashford pada menit ke-89. Walau hanya beberapa menit di atas lapangan, ini adalah momen yang sangat penting bagi pemuda 17 tahun dan 19 hari.

"Kenang momen ini selamanya, bro. Keluarga Anda pasti sangat bangga," ucap Marcus Rashford.

4 dari 4 halaman

Janji Manis Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer punya alasan mengapa memainkan Shoretire. Walau menit yang didapat tidak cukup banyak, momen itu sangat penting. Solskjaer mengaku punya kesan bagus pada bakat Shoretire.

“Ya, tentu saja, dan dia akan memainkan banyak pertandingan untuk kami jika dia terus melakukan apa yang dia lakukan," ucap Solskjaer di situs resmi United.

"Shoretire berlatih dengan sangat baik, anak baik dengan pikiran yang baik dan mudah-mudahan dia akan memiliki karier yang baik bersama kami," sambung Solskjaer.

Sumber: Manchester Evening News

KOMENTAR