BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Dean Henderson 'Sumbang' Rp198 Juta untuk Klub Divisi 4 Setiap Kali Dimainkan MU

02-03-2021 11:33 | Asad Arifin

Kiper Manchester United Dean Henderson. (c) AP Photo Kiper Manchester United Dean Henderson. (c) AP Photo

Bola.net - Carlisle United mungkin menjadi pihak yang paling senang ketika Dean Henderson bermain untuk Manchester United. Sebab, mereka akan mendapat dana segar Rp198 juta dari setiap penampilan sang kiper.

Henderson tidak bermain atau terikat kontrak dengan Carlisle United. Akan tetapi, klub yang kini bermain di League Two [Divisi 4] tersebut punya andil dalam karir Henderson saat masih junior.

Henderson bermain untuk Carlisle United ketika masih berusia 14 tahun. Henderson menghabiskan enam tahun karir juniornya bersama Carlisle sebelum pindah ke Old Trafford pada 2011 yang lalu.

1 dari 2 halaman

Kesepakatan Masa Lalu

Kepindahan Dean Henderson dari Carlisle ke United masih membawa dampak sampai sekarang. Sebab, ada beberapa klausul yang bisa membuat Carlisle mendapat sejumlah uang pada situasi tertentu.

Dikutip dari The Sun, Carlisle akan mendapatkan 10 ribu pounds [sekitar Rp198 juta] ketika Henderson bermain untuk satu laga di United. Sejauh ini, kiper 23 tahun telah memainkan 13 laga di semua kompetisi.

Jadi, dari 13 penampilannya di United, Henderson 'menyumbang' 130 ribu pounds untuk khas klub masa kecilnya.

Carlisle juga bakal mendapatkan bagian jika United menjual Dean Henderson di masa depan. Sebab, ada klausul yang mengatur bahwa Carlisle akan mendapat 5 persen dari nilai penjualan Henderson ke klub lain.

2 dari 2 halaman

Peran Henderson di MU

Dean Henderson belum benar-benar menjadi pilihan utama di bawah mistar United. Selama ini, dia hanya menjadi pilihan saat United memainkan laga 'kelas dua' seperti di Piala FA atau Carabao Cup.

Henderson juga tidak rutin tampil di babak penyisihan grup Liga Champions. Pada laga-laga penting, United lebih memilih memasang David de Gea.

Sebelum mengisi pos di bawah mistar United, Henderson sempat dipinjamkan ke Sheffield selama dua musim. Pada Agustus 2020 lalu, dia meneken kontrak di United hingga 2025. Henderson mendapat gaji 100 ribu pounds per pekan dari United.

Sumber: The Sun

KOMENTAR