BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Darurat Bek Tengah, Ini Enam Opsi Pemain yang Bisa Dilirik Liverpool

29-01-2021 06:45 | Dimas Ardi Prasetya

Skuad Liverpool merayakan gol Sadio Mane di markas Tottenham, Jumat (29/1/2021) (c) Pool Getty via AP Photo
Skuad Liverpool merayakan gol Sadio Mane di markas Tottenham, Jumat (29/1/2021) (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Liverpool saat ini benar-benar membutuhkan bek tengah yang baru setelah beberapa pemain mereka mengalami cedera lagi.

Liverpool masih belum bisa diperkuat oleh Virgil van Dijk dan Joe Gomez. Memang masih ada Joel Matip, tapi bek Kamerun itu rawan cedera.

Bahkan, Matip cedera lagi saat Liverpool bermain melawan Tottenham, Jumat (29/01/2021) dini hari WIB. Parahnya, sebelum itu bek tengah darurat mereka yakni Fabinho juga mengalami cedera.

Liverpool terpaksa memainkan Nat Phillips. Namun jelas terlihat bahwa ia bukan opsi terbaik untuk dimainkan menggantikan Matip atau Fabinho. The Reds sekarang benar-benar berada dalam kondisi darurat bek tengah. Mereka mau tak mau harus belanja amunisi baru di sektor tersebut.

Namun ada kendala yang harus dilalui tim asuhan Jurgen Klopp. Klub lain tentu enggan melepas pemainnya di tengah musim, kecuali mereka dibayar dengan mahal. Selain itu pemain yang diincar mungkin juga enggan pindah ke Anfield karena tahu nanti ia harus bersaing dengan Van Dijk dan Gomez kala mereka sudah sembuh.

Jadi Liverpool sebaiknya memilih pemain yang berpengalaman namun tak mendapat banyak kans bermain di klubnya belakangan ini. Selain itu juga pemain yang kontraknya akan segera berakhir karena ia akan bisa dibeli dengan harga miring atau bahkan gratis jika klub bersedia memutus kontraknya lebih cepat.

Harga miring ini juga jelas krusial. Sebab kondisi finansial Liverpool ikut terdampak pandemi virus corona.

Pemain seperti David Alaba maupun Jerome Boateng dari Bayern Munchen dan Sergio Ramos dari Real Madrid tak akan masuk hitungan. Meski kontraknya akan segera berakhir, namun harga jual mereka kemungkinan masih akan cukup tinggi. Selain itu gaji mereka juga cukup menguras kantong.

Jadi siapa saja pemain yang layak dikejar Liverpool saat ini? Simak informasinya berikut ini Bolaneters.

1 dari 6 halaman

Nikola Maksimovic

Nikola Maksimovic adalah bek tengah milik Napoli. Kontrak pemain berusia 29 tahun tersebut di klub Naples itu kini tersisa kurang dari enam bulan saja.

Pemain asal Serbia itu cukup sering diandalkan di lini belakang Napoli. Akan tetapi kesempatan bermainnya berkurang pada musim ini.

Maksimovic hanya bermain sebanak 14 kali saja di semua ajang kompetisi. Delapan di antaranya di pentas Serie A.

Maksimovic juga akan sangat cocok bagi Liverpool. Sebab ia pemain yang jangkung dengan tinggi tubuh mencapai 1.93 meter. Ia akan bisa diandalkan dalam duel-duel udara.

2 dari 6 halaman

Romain Saiss

Romain Saiss merupakan salah satu bek andalan Wolverhampton. Namun kontraknya di klub tersebut bakal berakhir pada musim panas 2021 nanti.

Pemain asal Maroko itu memang masih sering dimainkan di skuat Wolves. Namun ia tak selalu masuk skuat tim asuhan Nuno Espirito Santo.

Sejauh musim ini berjalan, ia bermain 16 kali di semua ajang kompetisi. 14 di antaranya di pentas Premier League.

Bagusnya bagi Liverpool, Saiss juga pemain serba bisa. Selain sebagai bek tengah, ia bisa dijadikan bek kiri atau gelandang bertahan.

3 dari 6 halaman

Aleksandar Dragovic

Defender asal Austria ini berstatus sebagai pemain Bayer Leverkusen. Kontraknya di klub Bundesliga itu juga tersisa kurang dari enam bulan lagi.

Aleksandar Dragovic sendiri memang masih cukup sering dimainkan. Musim ini ia telah bermain 20 kali di semua ajang kompetisi.

Namun ia juga sering bermain sebagai pengganti saja. Ia juga beberapa kali tak masuk tim.

Dragovic juga pemain bertipe serba bisa. Selain jadi bek tengah, ia bisa main sebagai bek kanan atau bahkan gelandang bertahan.

Selain itu ada satu kelebihan lain. Ia pemain bermental juara. Di sepanjang karirnya ia sudah meraih 10 gelar juara di tiga klub berbeda; Austria Vienna, Basel, dan Dynamo Kiev.

4 dari 6 halaman

Shkodran Mustafi

Nama yang satu ini jelas terkenal di seanter Premier League. Ia merupakan bek klub Arsenal.

Kontrak Mustafi akan berakhir Juni 2021 nanti. Arsenal sendiri berencana untuk segera melepasnya.

Mustafi sudah tak masuk rencana Mikel Arteta. Musim ini saja ia baru bermain sebanyak sembilan kali di semua ajang kompetisi. Lima di antaranya di liga.

Mustafi memang tak terpakai di Arsenal. Namun Jurgen Klopp kemungkinan masih bisa memolesnya menjadi bek yang lebih baik.

5 dari 6 halaman

Scott Dann

Scott Dann merupakan bek yang berpengalaman di Premier League. Kontraknya di Crystal Palace juga akan berakhir pada Juni 2021 nanti.

Pemain berusia 34 tahun itu cukup ideal mengisi lini belakang Liverpool. Ia bertinggi tubuh 1.94 meter.

Di Palace, musim ini ia sering keluar masuk tim. Sejauh ini ia baru bermain sebanyak delapan kali saja di pentas Premier League.

Dann sendiri merupakan pemain kelahiran kota Liverpool. Ia juga merupakan fans The Reds. Nilai plusnya bagi The Reds jika merekrut Dann, mereka akan menambah jumlah pemain berstatus homegrown di skuatnya.

6 dari 6 halaman

Martin Kelly

Nama Martin Kelly tentu tidak asing bagi Liverpool. Sebab ia merupakan mantan pemain akademi mereka.

Kelly sekarang bermain di Crystal Palace. Kontrak bek 30 tahun itu berakhir Juni 2021 nanti.

Kelly sendiri sudah mulai tak mendapat tempat di skuat Palace. Bahkan musim ini ia belum pernah dimainkan sekali pun di pentas Premier League.

Kondisi itu memang tak ideal. Namun jelas ia merupakan opsi dadakan yang lumayan bagi Liverpool, khususnya untuk jangka pendek.

Kelly sendiri bisa main sebagai bek tengah atau pun bek kanan dan kiri. Jika ia ia kembali ke Anfield, Liverpool bisa menambah koleksi pemain yang berstatus club-trained.

(Transfermarkt)

KOMENTAR