BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Berkaca dari Federico Chiesa, Inilah Peran yang Ingin Diperkuat Chelsea Musim Depan

15-07-2021 15:09 | Yaumil Azis

Bintang Italia, Federico Chiesa merayakan gol ke gawang Spanyol, Rabu (7/7/2021) (c) Pool Reuters via AP Photo
Bintang Italia, Federico Chiesa merayakan gol ke gawang Spanyol, Rabu (7/7/2021) (c) Pool Reuters via AP Photo

Bola.net - Beberapa laporan menyebutkan kalau Chelsea berminat merekrut penyerang Juventus, Federico Chiesa. Apa yang bisa diperkuat oleh mantan pemain Fiorentina itu di Chelsea saat ini?

Christian Falk dari the Athletic melaporkan kalau Chelsea telah menyediakan uang 100 juta euro untuk membawa Chiesa pergi dari Allianz Stadium. Sayangnya, penawran tersebut langsung ditolak mentah-mentah oleh Juventus.

Bagaimanapun juga, Chiesa adalah salah satu pemain krusial di Juventus musim lalu. Penampilannya yang apik bersama Gli Azzurri di Euro 2020 semakin mempertegas keyakinan Juventus untuk mempertahankan sang pemain.

Berkaca dari ketertarikan terhadap Federico Chiesa, sejatinya apa sih yang ingin diperkuat Chelsea di lini depan? Express Sport memberikan penjelasan detail soal itu. Informasi yang lebih lengkap bisa dibaca di bawah, ya.

1 dari 4 halaman

Inside Forward

Sisi lapangan menjadi area bermain Chiesa sejak mencuri perhatian bersama Fiorentina beberapa tahun terakhir. Potensi itu terus diasah sehingga dirinya menjadi winger yang sangat berharga buat Juventus maupun Timnas Italia.

Pakem Chelsea berubah sejak kedatangan Thomas Tuchel di awal tahun 2021 ini. Mereka kerap memakai tiga penyerang sekaligus tiga bek, yang membuat bentuk permaninan the Blues jadi sangat melebar.

Saat bermain, Chiesa lebih mengandalkan kaki kanan dan lebih senang beroperasi di sisi kanan lapangan. Seandainya bergabung dengan the Blues, Chiesa bisa ditempatkan di sisi kanan dan memainkan peran inside winger bersama Christian Pulisic atau Mason Mount di sisi kiri dan Timo Werner sebagai ujung tombak.

Sebagai alternatif, Chiesa juga bisa ditempatkan sebagai winger kiri untuk memaksimalkan kaki kanannya dalam penyelesaian akhir. Jika demikian, Werner tetap bertugas sebagai ujung tombak sementara Kai Havertz menempati sisi kanan.

2 dari 4 halaman

Ujung Tombak

Chiesa memang sering beroperasi di sisi sayap. Akan tetapi, sewaktu di Fiorentina dulu, ada beberapa momen di mana pria berusia 23 tahun tersebut bermain sebagai penyerang yang beroperasi di tengah.

Tuchel tidak perlu mengubah format tiga penyerang yang selalu digunakan. Chiesa bisa berperan sebagai ujung tombak dan diapit oleh Mount, Havertz, Pulisic dan bahkan Werner yang juga kerap beroperasi sebagai inside forward musim lalu.

Tentu, Hakim Ziyech juga bisa diandalkan dalam format ini. Mengingat Ziyech lebih sering menggunakan kaki kiri, eks pemain Ajax Amsterdam itu sebaiknya ditempatkan di sisi kanan agar tektokannya dengan Chiesa semakin lancar.

3 dari 4 halaman

Second Striker

Trio penyerang adalah format andalan Tuchel di musim lalu. Namun, bisa jadi, ada sebuah momen di mana pria berdarah Jerman tersebut harus mengubah formasinya menyesuaikan dengan lawan.

Mungkin Tuchel akan membutuhkan tambahan tenaga di lini tengah. Kalau begitu, formasi 3-5-2 bisa jadi pilihan. Chiesa pun sangat mumpuni kalau diberikan peran sebagai second striker untuk menunjang penampilan tandemnya di lini depan.

Dengan format ini, Tuchel bisa menduetkan Chiesa dengan Werner di lini depan. Lalu, Mount, Havertz atau Ziyech bisa menempati posisi gelandang serang untuk ikut membantu pergerakan Chiesa dan Werner.

4 dari 4 halaman

Peran Lain yang Bisa Diisi

Kalaupun lini depan sudah terlalu penuh, atau Tuchel enggan mengutak-atik trio penyerangnya, Chiesa punya kegunaan lain yakni sebagai wing-back. Kemampuan bertahannya terbilang cukup baik walau itu bukan senjata utamanya.

Dengan demikian, Chiesa bisa menggantikan salah satu dari Reece James atau Callum Hudson-Odoi. Chiesa akan lebih eksplosif bermain di sisi kanan mengingat seorang wingback harus menjaga bentuk melebar tim.

Kecepatan serta stamina yang dimiliki memungkinkan Chiesa untuk memainkan peran ini. Namun untuk jaga-jaga, Chelsea mungkin butuh sosok bek yang kuat untuk menempati sektor kanan pertahanan.

(Express Sport)

KOMENTAR