BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Dari Berbatov Hingga Shearer, Pemain Ini Sukses Cetak 5 Gol di 1 Pertandingan Liga Inggris

04-08-2021 19:13 | Jeffrydien Winanda

Dimitar Berbatov (c) AFP
Dimitar Berbatov (c) AFP

Bola.net - Sebagai salah satu kompetisi sepak bola terpanas di dunia, Liga Inggris selalu menyajikan pertandingan dengan tensi tinggi dalam setiap match. Banyak pemain hebat yang menuai kesuksesan ketika berkarir di divisi teratas sepak bola Inggris ini.

Bagi para pemain sendiri, mencetak 3 gol dalam satu pertandingan atau hat-trick adalah suatu pencapaian personal membanggakan. Selain mampu membawa tim memenangkan pertandingan, euforia penonton di stadion pun bikin merinding ketika bola menyentuh jala lawan.

Tapi, lain cerita bagi kelima pemain ini. Nggak cuma cetak tiga gol, mereka sukses menggetarkan jala lawan sebanyak lima kali dalam satu pertandingan kasta tertinggi sepak bola Inggris. Siapa saja?

1 dari 5 halaman

Dimitar Berbatov

Dimitar Berbatov (c) AFP
Dimitar Berbatov (c) AFP

Dimitar Berbatov adalah salah satu striker tajam yang pernah dimiliki Manchester United di bawah asuhan tangan dingin Sir Alex Ferguson. Bertipe sebagai poacher, penyerang asal Bulgaria ini juga kadang dilabeli sebagai striker malas karena pergerakannya sangat minim. Meski begitu, dirinya membuktikan kapasitasnya sebagai pembunuh di depan gawang lawan ketika mencetak lima gol dalam satu pertandingan pada 27 November 2010.

Ketika itu Setan Merah menjamu Blackburn Rovers di Old Trafford. Tanpa ampun, Setan Merah menggilas Blackburn Rovers dengan skor 7-1, dengan Berbatov bertindak sebagai pembunuh lewat sumbangsih lima gol yang dicetaknya. Dua gol lain MU dicetak oleh Park Ji-Sung dan Nani.

2 dari 5 halaman

Andy Cole

Andy Cole (c) AFP
Andy Cole (c) AFP

14 tahun sebelum Dimitar Berbatov membuat sensasi berkat lima gol yang dicetaknya dalam satu pertandingan, publik Old Trafford pernah dibikin gempar oleh aksi Andy Cole kala mencetak lima gol saat membela Setan Merah melawan Ipswich Town. Dimotori oleh para legenda sekaliber Roy Keane, Mark Hughes, hingga Paul Ince, skuat asuhan Sir Alex Ferguson berhasil memenangkan pertandingan ini dengan skor 9-0.

Andy Cole tanpa ampun membuat kiper Ipswich memungut bola lima kali lewat aksinya di depan gawang. Pertandingan ini pun menjadi momen tak terlupakan bagi Setan Merah sebelum era keajaiban kala memenangkan Treble tahun 1999.

3 dari 5 halaman

Alan Shearer

Alan Shearer (c) AFP
Alan Shearer (c) AFP

Newcastle United pernah memiliki striker tajam yang hingga kini dilabeli sebagai legenda bagi sepak bola Inggris. Dia adalah Alan Shearer, kapten The Toon Army periode 90-an hingga awal 2000-an. Shearer tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Newcastle United dengan torehan 206 gol dari 405 pertandingan.

Salah satu momen ikonik dari Shearer adalah pertandingan melawan Sheffield Wednesday yang berlangsung pada 18 September 1999. Didukung penuh oleh suporter yang memenuhi St. James Park, Shearer dkk sukses memenangkan pertandingan dengan skor mencolok yaitu 5-0. Shearer mencetak lima gol dalam pertandingan ini termasuk dua penalti yang sukses diekseuki secara dingin oleh pemain yang kini berusia 51 tahun tersebut.

4 dari 5 halaman

Jemain Defoe

Jermain Defoe. (c) IST
Jermain Defoe. (c) IST

Pada musim 2009/2010 Tottenham Hotspurs pernah memiliki duet striker yang unik. Adalah Jermain Defoe dan Peter Crouch yang memiliki postur bertolak belakang. Tinggi Crouch yang mencapai 201cm menjadi tumpuan penyerangan The Lily Whites bersama Defoe yang memiliki tinggi 170 cm. Meski begitu, kerja sama mereka mampu menjadikan kiper lawan mengalami mimpi buruk.

Menjamu Wigan Athletic di lanjutan Liga Inggris, gawang Wigan yang dikawal Chris Kirkland harus dipaksa memungut bola sembilan kali dari gawangnya. Dari sembilan gol tersebut, lima diantaranya dicetak oleh Jermain Defoe. Hebatnya, Defoe mencetak semua golnya pada babak kedua.

5 dari 5 halaman

Sergio Aguero

Sergio Aguero diangkat pemain Manchester City di laga terakhirnya  (c) AP Photo
Sergio Aguero diangkat pemain Manchester City di laga terakhirnya (c) AP Photo

Jika ditanya apa momen terbaik dari Sergio Aguero kala membela Manchester City, kebanyakan fans bola akan berkata jika golnya ke gawang QPR dalam penentuan juara EPL adalah jawabannya. Memang benar jika Aguero adalah pahlawan Manchester biru dalam meraih juara EPL pertama kali sepanjang sejarah. Namun selain itu, momen tak terlupakan dari pemain Argentina ini adalah kala mencetak lima gol dalam satu pertandingan.

Kala menjamu Newcastle United pada lanjutan EPL pada 3 Oktober 2015, Aguero dkk sukses memenangkan pertandingan dengan mencetak 6 gol ke gawang Tim Krul. Meski banyak gol yang tercipta, hanya dua pemain yang mencatatkan namanya di papan skor. Kevin De Bruyne mencetak satu gol dalam pertandingan ini, sementara sisanya diborong oleh Sergio Aguero.

Mencetak lima gol dalam satu pertandingan di liga paling bergengsi tentunya menjadi pencapaian tak terlupakan bagi pemain termasuk para fans. Apakah momen ini akan terjadi lagi? We'll see, Bolaneters.

KOMENTAR