BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Dani Ceballos, Jenderal Baru Lini Tengah Arsenal Sejak Era Fabregas

18-02-2020 15:00 | Richard Andreas

Pemain Arsenal, Dani Ceballos. (c) AP Photo Pemain Arsenal, Dani Ceballos. (c) AP Photo

Bola.net - Arsenal berhasil menghajar Newcastle United dengan skor telak 4-0 akhir pekan lalu. Kemenangan ini begitu penting setelah menelan empat hasil imbang beruntun di liga. Arsenal menemukan kepercayaan diri mereka kembali.

Laga ini merupakan laga pertama Arsenal setelah melewati pemusatan latihan setelah jeda musim dingin. Artinya, Mikel Arteta sudah memperbaiki banyak hal selama pemusatan latihan tersebut, yang berujung pada kemenangan.

Menghadapi Newcastle bukan tugas mudah, terlebih pada pertandingan pertama setelah istirahat selama dua pekan. Terbukti, penampilan Arsenal di babak pertama cukup mengkhawatirkan, beberapa kali kerepotan.

Arsenal membutuhkan pemain bintang untuk bangkit dari tekanan tersebut, mencoba menyerang lebih agresif. Untungnya, kali ini ada pemain yang maju memikul beban itu: Dani Ceballos.

Seberapa penting Ceballos untuk Arsenal? Menukil Squawka, baca halaman berikutnya ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Kebangkitan Ceballos

Karier Ceballos di Arsenal cukup aneh. Awalnya dia tampak sebagai pemain terpenting dalam skuad Unai Emery, tapi cedera panjang menghentikan momentum tersebut. Kini, perlahan dia mendapatkan kesempatan di bawah Arteta.

Kontra Newcastle, Ceballos bermain tidak terlalu baik di babk pertama, tapi dialah pemain kunci kebangkitan The Gunners di babak kedua. Gelandang Spanyol ini mulai lebih sering menjemput bola dan naik menyerang dengan secepat mungkin.

Gaya bermain seperti ini beberapa kali membuat bek-bek Newcastle kewalahan. Terlebih, Ceballos juga bisa mengirimkan bola dengan akurasi tinggi untuk para penyerang.

Akibatnya, pertahanan Newcastle seringkali belum terbentuk ketika Arsenal memasuki lini sepertiga akhir.

2 dari 3 halaman

Umpan Kunci

Terbukti, Ceballos teribat langsung pada gol pertama Arsenal. Dia memberikan bola pada Nicolas Pepe, yang kemudian menyodorkannya untuk dituntaskan Pierre-Emerick Aubameyang.

Setelah gol ini, Arsenal mengontrol pertandingan sepenuhnya. Gol kedua yang dicetak Pepe mengakhiri perlawanan The Magpies, kemudian Arsenal menambah dua gol di menit akhir.

Memang para penyerang Arsenal banjir pujian setelah kemenangan ini. Sebut saja Aubameyang, Pepe, Alexandre Lacazette, dan Mesut Ozil. Namun, peran Ceballos benar-benar tidak bisa dipandang sepele.

3 dari 3 halaman

Sang Jenderal

Ceballos bisa menyuguhkan permainan terbaiknya pada pertandingan ini. Mulai dari tekel-tekel penting, dribel, dan umpan-umpan kunci.

Dia adalah pemain yang dipercaya Arteta untuk mengatur lini tengah Arsenal. Mungkin inilah salah satu alasan Arsenal tidak sibuk mendatangkan pemain baru di posisi gelandang pada bursa transfer Januari lalu.

Ceballos bisa jadi jenderal lini tengah terbaik Arsenal sejak era Cesc Fabregas. Dia mungkin jadi salah satu pemain terpenting The Gunners jika mau bertahan.

Sumber: Squawka

KOMENTAR

Filip Kostic - Sang Pembuat Perbedaan milik Eintracht Frankfurt