Dani Alves dan Para Pemain yang Urung Gabung Liverpool

Serafin Unus Pasi | 15 November 2021, 18:19
Daniel Alves menjadi kapten Brasil di Copa America 2019. Dia adalah pemain paling senior di Brasil dengan usia 36 tahun. (c) AP Photo
Daniel Alves menjadi kapten Brasil di Copa America 2019. Dia adalah pemain paling senior di Brasil dengan usia 36 tahun. (c) AP Photo

Bola.net - Dani Alves melanjutkan karier sepak bola profesionalnya dengan kembali ke Barcelona. Pemain asal Brasil tersebut kembali ke klub yang membawa namanya ke level atas sepak bola profesional ini.

Alves memang sempat menjadi salah satu bintang Barcelona. Ia bergabung dengan Los Blaugrana pada musim 2008 sampai 2016, ketika ia bergabung dengan Juventus.

Bersama Barcelona, Alves sempat mendapat sejumlah trofi. Ia bahkan sempat membawa klub asal Catalan ini meraih tiga gelar juara Piala Dunia Antarklub.

Namun, siapa sangka, sebelum bergabung dengan Barcelona, Alves sempat diminati Liverpool. Bahkan, Alves dan manajemen The Reds sudah menjalin kesepakatan. Sayangnya, kesepakatan tersebut tak berujung merapatnya Alves ke Anfield.

Alves sendiri bukan pemain satu-satunya yang gagal bergabung dengan Liverpool, kendati telah bersepakat. Ada sejumlah pemain lagi yang mengalami nasib serupa.

Siapa saja para pemain yang gagal bergabung dengan Liverpool, kendati telah bersepakat? Berikut lima di antaranya.

1 dari 6 halaman

Luis Figo

Luis Figo (c) PA

Luis Figo (c) PA

Pemain pertama yang sempat hampir bergabung dengan Liverpool, meski akhirnya batal, adalah Luis Figo. Pemain asal Portugal ini sudah sempat hampir bergabung dengan Liverpool pada 2005 lalu.

Waktu itu, Liverpool tertarik untuk mendatangkan Figo ketika pemain tersebut hendak meninggalkan Real Madrid. Namun, alih-alih merapat ke Anfield, Figo -yang saat itu berusia 32 tahun tersebut- justru merapat ke Inter Milan.

"Segala pembicaraan dengan klub Inggris itu (Liverpool, red) telah usai. Namun, saya bahagia ada banyak klub besar lain yang tertarik kepada saya," kata Figo, seperti dilansir dari The Times.

2 dari 6 halaman

Nabil Fekir

Nabil Fekir (c) AP Photo

Nabil Fekir (c) AP Photo

Nabil Fekir merupakan pemain kedua yang sempat hampir bergabung dengan Liverpool, meski akhirnya batal. Pemain asal Prancis ini sempat hampir bergabung dengan skuad The Reds pada 2019 lalu.

Ketika Fekir hendak meninggalkan Olympique Lyon, Liverpool menunjukkan minatnya terhadapnya. Namun, gelandang serang yang waktu itu berusia 25 tahun tersebut justru akhirnya merapat ke kubu Real Betis.

"Bahkan saya pun tak tahu mengapa transfer ke Liverpool bisa batal. Saya sudah lolos dari tes medis dan kemudian mereka memutuskan tak jadi merekrut saya," aku Nabil Fekir kepada L'Equipe.

3 dari 6 halaman

Dele Alli

Pemain Tottenham, Dele Alli. (c) AP Photo

Pemain Tottenham, Dele Alli. (c) AP Photo

Pemain ketiga yang sempat hampir bergabung dengan Liverpool, meski akhirnya batal, adalah Dele Alli. Pemain Inggris ini nyaris bergabung dengan Liverpool pada 2015 lalu.

Waktu itu, Alli meninggalkan MK Dons. Salah satu tim yang disebut bakal menjadi tujuannya adalah Liverpool. Namun, alih-alih merapat ke Anfield, ia justru bergabung dengan Tottenham Hotspur.

"Memang kami sempat berminat terhadap pemain ini. Namun, waktu itu, permintaan pemain tersebut tak sesuai dengan level yang telah dicapainya," kata mantan Direktur Liverpool, Ian Ayre.

4 dari 6 halaman

Dani Alves

Dani Alves (c) AFP

Dani Alves (c) AFP

Dani Alves menjadi pemain keempat yang sempat hampir bergabung dengan Liverpool, meski akhirnya batal. Pemain asal Brasil tersebut nyaris bergabung dengan Liverpool pada 2006 silam.

Ketika masih berseragam Sevilla, Alves diminati sejumlah klub, termasuk Liverpool. Namun, pada akhirnya, fullback cepat tersebut justru bergabung dengan Barcelona, dan menjadi salah satu legenda di klub tersebut.

"Saya sedikit banyak sudah bersepakat dengan Liverpool. Namun, karena suatu alasan, kesepakatan ini tak berlanjut. Ini terjadi pada menit-menit akhir. Saya tidak tahu mengapa. Saya bukan orang yang melakukan negosiasi. Ada orang lain yang mewakili saya waktu itu," tegas Alves, seperti dilansir dari fourfourtwo.

5 dari 6 halaman

Alexis Sanchez

Alexis Sanchez (c) ARS

Alexis Sanchez (c) ARS

Alexis Sanchez merupakan pemain kelima yang sempat hampir bergabung dengan Liverpool, meski akhirnya batal. Pemain asal Chile ini sempat nyaris bergabung dengan The Reds pada 2014 lalu.

Waktu itu, Sanchez dikabarkan bakal merapat ke Anfield setelah meninggalkan Barcelona. Namun, alih-alih berseragam Liverpool, Sanchez akhirnya justru bergabung dengan Arsenal.

"Ada banyak kabar soal ketertarikan terhadap Alexis Sanchez. Dan, kesepakatan antara kami sudah tercapai. Satu-satunya alasan ia tidak bergabung adalah pemain ini dan istrinya memilih tinggal di London," kata mantan Direktur Liverpool, Ian Ayre.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR