Cuma Bakar Uang, 5 Striker Terburuk yang Dimiliki Chelsea

Aga Deta | 27 Januari 2023, 11:26
Cuma Bakar Uang, 5 Striker Terburuk yang Dimiliki Chelsea
Ekspresi Romelu Lukaku usai membobol gawang Wolverhampton, Sabtu (7/5/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea sering tidak beruntung ketika mendatangkan striker baru karena sering tampil melempem. Kisah paling menyesakkan tentu Romelu Lukaku.

Chelsea harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk memulangkan Romelu Lukaku. Chelsea memboyong Romelu Lukaku dari Inter Milan dengan biaya 97,5 juta pound.

Nilai tersebut sekaligus memecahkan rekor transfer Chelsea. Sebelum ini, pemain termahal yang ditebus The Blues adalah Kepa Arrizabalaga pada 2018 dan Kai Havertz pada 2020.

Tapi, skenario tak berjalan mulus. Lukaku anyep. Chelsea resmi mengoper kembali pemain Belgia ke Inter Milan dengan status pinjaman satu musim tanpa opsi pembelian permanen.

Chelsea meminjamkan Lukaku ke Inter Milan setelah gagal bersinar pada musim 2021/2022. Dia hanya mencetak 8 gol bersama The Blues pada kompetisi Premier League.

Ini dia daftar striker anyep yang direkrut Chelsea dilansir FourFourTwo.

1 dari 6 halaman

1. Andriy Shevchenko

Andriy Shevchenko (c) AFP

Andriy Shevchenko (c) AFP

Chelsea telah memenangkan gelar liga back-to-back dengan Didier Drogba memimpin formasi 4-3-3. Roman Abramovich mengontrak Shevchenko, Jose Mourinho akhirnya menurunkan pemain sayapnya dalam upaya untuk mengakomodasi favorit sang pemilik.

Akibatnya, formula tangguh Chelsea pun terganggu.

Pengeluaran £30 juta The Blues hanya menghasilkan 23 gol dalam 77 pertandingan.

2 dari 6 halaman

2. Chris Sutton

Ada suatu masa ketika 10 juta poundsterling adalah uang yang banyak. Saat itu tahun 1999, ketika mendiang Gianluca Vialli menandatangani Sutton untuk menggantikannya.

Tapi dia membuat Chelsea kurang sangar. Mereka mencetak hanya 53 gol liga, 44 lebih sedikit dari Manchester United. Satu-satunya gol Sutton di liga datang dalam kemenangan 5-0 atas MU.

Jika tidak, dia hanya mencetak gol melawan Hull City dan Skonto Riga, dan mengalami kerugian £4 juta setelah satu musim hanya dengan tiga gol.

3 dari 6 halaman

3. Radamel Falcao

Radamel Falcao (c) AFP

Radamel Falcao (c) AFP

Falcao adalah penandatanganan yang mengerikan untuk Manchester United. Namun, dia masih mencetak gol empat kali lebih banyak untuk mereka daripada yang dia lakukan untuk Chelsea.

Pemain Kolombia itu menjadi lambang kegagalan perekrutan era Jose Mourinho. Chelsea kalah enam dari 12 pertandingan saat Falcao tampil dan ketika masalah cederanya kambuh, dia dikeluarkan dari skuad Liga Champions untuk paruh kedua kampanye.

4 dari 6 halaman

4. Adrian Mutu

Adrian Mutu. (c) AFP/Adrian Dennis

Adrian Mutu. (c) AFP/Adrian Dennis

Mutu dianggap sebagai bukti bahwa penyerang produktif Serie A kehilangan beberapa sentuhan mencetak gol di Stamford Bridge.

Enam gol dalam 27 pertandingan papan atas menjadi jelas untuk penegasan itu.

Chelsea memecatnya setelah dia dinyatakan positif menggunakan kokain. Pengadilan telah memerintahkan Mutu untuk membayar Chelsea biaya transfer £ 15,8 juta.

5 dari 6 halaman

5. Romelu Lukaku

Striker Chelsea, Romelu Lukaku (c) AP Photo

Striker Chelsea, Romelu Lukaku (c) AP Photo

Pertama kalinya Lukaku bergabung bersama Chelsea dari klub Belgia, Anderlecht, pada 2011, ia mendapatkan kontrak berdurasi lima tahun ketika usianya masih 17 tahun.

Namun, Lukaku tidak mendapatkan banyak kesempatan bermain di Stamford Bridge hingga akhirnya dilepas ke Everton pada 2014.

Lukaku kembali ke Chelsea untuk musim 2021/2022 setelah cemerlang di Inter dengan 30 gol dan 10 assist dalam 40 laga. Kepindahannya itu memakan biaya 97,5 juta pound yang membuatnya memecahkan rekor transfer Chelsea.

Tapi, Lukaku zonk di periode keduanya di London. Cuma 15 gol dan 2 assist dalam 44 laga.

6 dari 6 halaman

Striker Lainnya

Fernando Torres (c) AFP

Fernando Torres (c) AFP

Setelah Lukaku, ada tujuh nama lain yang juga ambyar.

6. Mateja Kezman

7. Fernando Torres

8. Alexandre Pato

9. Gonzalo Higuain

10. Alvaro Morata

11. Pierre-Emerick Aubameyang

12. Kai Havertz

Sumber: FourFourTwo

Disadur dari: Bola.com/Penulis Wiwig Prayugi

Published: 27 Januari 2023


KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR