BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Cristiano Ronaldo, Pemain dengan Rataan Tembakan Tertinggi di Premier League Sejauh ini

22-09-2021 12:37 | Gia Yuda Pradana

Pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo
Pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo

Bola.net - Tua-tua keladi. Peribahasa ini cocok menggambarkan sosok Cristiano Ronaldo. Berusia 36 tahun, tergolong senja bagi pesepak bola profesional, pemain Manchester United ini tetap menunjukkan keganasannya di lapangan hijau.

Musim ini, Ronaldo menjadi gacoan anyar Setan Merah. Pemain asal Portugal tersebut telah mencetak tiga gol bagi United di Premier League 2021/2022.

Sukses Ronaldo mencetak tiga gol sejauh ini bukan serta-merta. Hal ini tak lepas keganasan salah satu pemain terbaik dunia tersebut dalam melepas tembakan ke gawang lawan.

Dalam 180 menit bermain, Ronaldo melepaskan 13 tembakan ke gawang. Artinya, rataan tembakan per menit bermain Ronaldo mencapai 0,072 tembakan per menit bermain. Rataan ini menjadikannya sebagai pemain yang paling banyak melepas tembakan per menit bermain di Premier League 2021/2022 sejauh ini.

Namun, bukan hanya banyaknya tembakan per menit bermain yang menjadi keunggulan Ronaldo. Ada sejumlah hal lain yang juga menjadi kelebihan salah satu pujaan publik Old Trafford tersebut.

Apa saja kelebihan-kelebihan lain Ronaldo? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Kualitas Peluang Apik

Cristiano Ronaldo (c) AP Photo
Cristiano Ronaldo (c) AP Photo

Tak hanya unggul secara kuantitas tembakan, Ronaldo juga memiliki kualitas peluang yang ciamik. Laman Understat mencatat bahwa nilai expected goals(xG) Ronaldo sejauh ini mencapai 3,32.

Jika dibandingkan dengan menit bermain, rata-rata, dalam tiap menit bermain, Ronaldo memiliki rataan xG sebesar 0,184. Ini menjadikannya sebagai pemain dengan rataan xG per menit bermain paling tinggi di Premier League.

Menggunakan takaran xG per jumlah tembakan pun, Ronaldo masih berjaya. Ia mencatatkan rataan xG per jumlah tembakan sebesar 0,255. Nilai ini menjadikannya berada di posisi dua dalam daftar pemain dengan rataan xG per jumlah peluang terbaik di Premier League.

2 dari 2 halaman

Rataan Gol Apik

Selebrasi Cristiano Ronaldo usai cetak gol untuk Manchester United (c) AP Photo
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai cetak gol untuk Manchester United (c) AP Photo

Apiknya kuantitas dan kualitas peluang yang dimilikinya membuat Ronaldo berhasil menunjukkan ketajamannya di Premier League 2021/2022 sejauh ini. Ia mencetak tiga gol dari 180 menit bermain. Rata-rata, dalam tiap menit bermain, ia mencetak 0,0166 gol.

Catatan ini mejadikan Ronaldo berada di peringkat kedua dalam daftar pemain dengan rataan gol per menit bermain tertinggi. Posisi pertama dalam daftar tersebut ditempati rekan satu tim Ronaldo, Jesse Lingard.

Sejauh ini, Lingard mencetak dua gol dari 38 menit bermain. Artinya, dalam tiap menit bermain, rata-rata ia mencetak 0,052 gol.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR