BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Cristiano Ronaldo: Fisik 20 Tahun, 50 Persen Otot, 7 Persen Lemak, Apa sih Rahasianya?

03-09-2021 11:47 | Asad Arifin

Cristiano Ronaldo mencetak gol ke-111 bersama timnas Portugal saat berjumpa Rep. Irlandia, Kamis (2/9/2021) dini hari WIB (c) Official Twitter Portugal
Cristiano Ronaldo mencetak gol ke-111 bersama timnas Portugal saat berjumpa Rep. Irlandia, Kamis (2/9/2021) dini hari WIB (c) Official Twitter Portugal

Bola.net - Cristiano Ronaldo memang sudah berusia 36 tahun. Namun, tidak perlu diragukan bahwa dia masih berada di top level dan memainkan sepak bola dengan sangat kompetitif.

Ronaldo baru saja menyedot perhatian dunia. Bukan hanya soal kepulangan ke Manchester United, tapi memecahkan rekor gol internasional milik Ali Daei. Ronaldo kini adalah top skor laga internasional dengan 111 gol.

Ronaldo belum menunjukkan tanda-tanda penurunan level yang signifikan walau sudah berusia 36 tahun. Ronaldo tetap Ronaldo. Dia berlatih sangat keras dan menjalankan diet ketat untuk menjaga tubuhnya.

1 dari 3 halaman

Fisik Seperti 20 Tahun

Pada 2018, ketika dia menjalani tes medis untuk bergabung dengan Juventus, fakta menarik terungkap. Pada usia 33 tahun, kondisi fisik Ronaldo tidak nampak layaknya pemain lain pada usia yang sama.

TalkSPORT melaporkan bahwa tes medis menunjukkan bahwa fisik Ronaldo seperti pemain sepak bola pada usia 20 tahun.

Bukan hanya itu, kondisi tubuh Ronaldo juga membuat banyak pihak kagum. Dia hanya memiliki 7 persen lemak dalam tubuhnya. Sedangkan, 50 tubuhnya adalah masa otot.

Keistimewaan itu tentu tidak didapat begitu saja. Ada latihan keras yang dilakukan. Ronaldo juga punya menu diet khusus. Simak informasi lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

2 dari 3 halaman

Menu Latihan Ronaldo

Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo merayakan gol melawan Republik Irlandia, Kamis (2/9/2021) (c) AP Photo
Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo merayakan gol melawan Republik Irlandia, Kamis (2/9/2021) (c) AP Photo

Selain berlatih secara reguler bersama klub, Ronaldo juga menjalani latihan personal. Ronaldo bahkan punya pelatih khusus untuk mengatur latihan yang dilakukan di luar jadwal latihan klub.

Bekerja sama dengan Bodybuilder, Ronaldo merancang latihan yang sempurna untuk mengembangkan kecepatan, ledakan, dan kekuatan.

Menu latihan harian Ronaldo adalah barbell squats, burpee pull-ups, dan kombinasi dengan tali. Sebelum bekerja di gym, Ronaldo lebih dulu menjalani sesi pemanasan lengkap agar tubuhnya siap dengan latihan keras.

Bahkan, Ronaldo punya rutinitas khusus ketika bangun tidur untuk melatih otot perutnya.

3 dari 3 halaman

Menu Makan Ronaldo

Bukan hanya latihan, Ronaldo juga punya konsultan diet dan gizi. Tugasnya adalah untuk mengatur apa saja yang masuk dalam perut Ronaldo.

Tim ahli gizi Ronaldo menjadwalkan enam kali makan per hari. Pada setiap jam makan, Ronaldo mendapat menu yang berbeda. Makanan yang masuk ke tubuh Ronaldo tidak mengandung garam dan minyak. Ronaldo juga harus minum banyak air mineral.

Berikut adalah menu makan harian Ronaldo:

  • Sarapan: Keju, ham, dan yoghurt rendah lemak
  • Brunch: Ayam dan salad
  • Makan siang: Tuna, zaitun, telur, dan tomat
  • Snack: Buah segar, alpukat di atas roti bakar
  • Makan malam: Ikan todak segar dan salad
  • Makan malam: Steak dan calamari

Hmmmm... masih ingat dengan insiden minuman soda di Euro 2020 kan? Ronaldo tidak minum soda. Hanya air putih dan jus dari buah tertentu saja.

Sumber: talkSPORT

KOMENTAR