BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Community Shield Arsenal vs Liverpool, Siapa yang Bersinar dan Siapa yang Ambyar

31-08-2020 08:30 | Dimas Ardi Prasetya

Duel Arsenal vs Liverpool di ajang Community Shield di Stadion wembley, Sabtu (29/08/2020). (c) Pool AFP via AP Photo Duel Arsenal vs Liverpool di ajang Community Shield di Stadion wembley, Sabtu (29/08/2020). (c) Pool AFP via AP Photo

Bola.net - Duel Community Shield yang mempertemukan Arsenal dengan Liverpool di Stadion Wembley, Sabtu (29/08/2020) berlangsung ketat.

Duel ini mempertemukan dua tim yang sama-sama tak bisa menurukan komposisi pemain terbaiknya. Ada sejumlah pemain dari kedua kubu yang tak bisa tampil, utamanya karena cedera.

Arsenal membuka keunggulan lebih dahulu di pertandingan ini. Pierre-Emerick Aubameyang menjebol gawang Alisson dengan tendangan melengkung pada menit ke-12.

Liverpool kemudian membombardir pertahanan The Gunners. Mayoritas serangan mereka berasal dari sisi kiri.

Tekanan Liverpool akhirnya membuahkan hasil pada babak kedua. Pemain pengganti yakni Takumi Minamino, berhasil mencetak gol balasan pada menit ke-73.

Skor 1-1 ini bertahan hingga pertandingan berakhir. Penentuan pemenang pun dilakukan dengan adu penalti.

Di sini, semua penendang Arsenal berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Di sisi lain, semua eksekutor Liverpool juga bertugas dengan bagus, kecuali Rhian Brewster.

Tendangan kerasnya menerpa mistar gawang dan kemudian memantul keluar. Alhasil Livepool pun kalah dengan skor 5-4.

Jadi siapa saja pemain terburuk dan terbaik di pertandingan Community Shield antara Arsenal vs Liverpool ini? Simak ulasannya berikut ini Bolaneters.

1 dari 8 halaman

Yang Ambyar - Neco Williams

Anak muda satu ini dijadikan starter karena Trent Alexander-Arnold masih belum fit usai cedera. Neco Williams ternyata tak bisa tampil sesuai ekspektasi.

Arsenal jelas memanfaatkan kurangnya pengalaman yang dimiliki oleh pemain berusia 19 tahun tersebut. Apalagi ia harus berurusan dengan pemain sekaliber Pierre-Emerick Aubameyang.

Ia kesulitan untuk bisa menahan gempuran sayap kiri The Gunners. Terlebih ia tak mendapat dukungan memadai dari Fabinho maupun Gini Wijnaldum.

Neco juga dianggap bersalah atas terciptanya gol Aubameyang. Ia harusnya bisa berbuat lebih demi menutup ruang tembak pemain asal Gabon tersebut.

Di sisi lain, Neco juga gagal menghidupkan serangan Liverpool dari kanan yang biasanya dihadirkan Trent. Terlihat sekali serangan The Reds dari sayap kanan sangat berkurang. Hal itu jauh berbeda dari sisi sayap kiri, di mana Andrew Robertson bermain.

Neco akhirnya ditarik keluar pada menit ke-59. Ia digantikan Takumi Minamino.

2 dari 8 halaman

Yang Bersinar - Andrew Robertson

Bek asal skotlandia ini tampil apik di sepanjang laga. Kualitasnya memang tak perlu diragukan lagi.

Ia bahkan menjadi sumber utama serangan Liverpool di pertandingan ini. Banyak umpan silang yang ia lepas dan menghasilkan peluang besar.

Total di sepanjang laga, ia memberikan 14 umpan silang. Robertson tampaknya terpaksa bekerja keras demi mengurangi dampak absennya Trent Alexander-Arnold di kanan.

3 dari 8 halaman

Yang Ambyar - Georginio Wijnaldum

Georginio Wijnaldum adalah langganan starter di skuat utama Liverpool. Ia pun dipercaya bermain oleh Jurgen Klopp sejak menit awal di laga ini.

Ia biasanya seorang pemain yang mampu bersinar di laga-laga besar. Namun tak demikian di pertandingan ini. Pemain Belanda tersebut tak terlihat kehadirannya di babak pertama.

Ia juga kerap kehilangan bola. Selain itu ia tak memberikan perlindungan yang baik pula pada rekannya di lini pertahanan.

Mengejutkan melihatnya tak ditarik keluar lebih cepat. Ada kemungkinan performa buruk itu tak lepas dari situasi kontraknya sekarang ini.

4 dari 8 halaman

Yang Bersinar - Bukayo Saka

Anak muda berusia 18 tahun ini sepertinya tampil makin baik dari waktu ke waktu. Di pertandingan ini ia cukup merepotkan barisan pertahanan Liverpool.

Saka juga ikut andil dalam terciptanya gol Aubameyang. Ia yang memberikan assist pada pemain Gabon tersebut.

Saka juga nyaris membuat satu assist lagi, hanya beberapa menit setelah Aubameyang mencetak gol. Umpan tariknya ke ujung kotak penalti diterima oleh Eddie Nketiah.

Bola melaju ke arah kiri gawang Liverpool dengan mendatar. Namun Alisson dengan cepat berhasil menepisnya.

5 dari 8 halaman

Yang Ambyar - Mohamed Salah

Sepertinya pertandingan in bukan harinya Mohhamed Salah. Pemain asal Mesir tersebut terlihat tak mampu berkontribusi bagi lini serang Liverpool.

Ia gagal mengeluarkan performa terbaiknya. Bahkan pada akhirnya ia sampai harus pindah ke sebelah kiri agar bisa tampil lebih baik.

Namun Salah tetap tampil ambyar. Performanya kalah jauh dari Sadio Mane.

Ia juga ikut andil dalam babak adu penalti. Penaltinya setidaknya cukup bagus.

6 dari 8 halaman

Yang Bersinar - Ainsley Maitland-Niles

Ainsley Maitland-Niles dimainkan sebagai gelandang kiri di pertandingan ini. Performanya pun solid.

Ia khususnya mampu mengawal area kiri Arsenal dengan baik. Ia bermain fantastis melawan Mohamed Salah. Sampai-sampai pemain asal Mesir itu harus mengungsi ke sayap kiri.

Ia jelas juga tak bisa membuat Neco Williams banyak berkutik. Demikian juga dengan Joe Gomez ketika ia dimainkan sebagai bek sayap kanan.

7 dari 8 halaman

Yang Bersinar - Takumi Minamino

Pemain asal Jepang ini masuk sebagai pemain pengganti. Kehadiran Takumi Minamino sendiri sempat diragukan akan bisa membuat perbedaan.

Namun ia tampil mengejutkan. Ia tak terlihat seperti Minamino yang pendiam dan pemalu.

Begitu menginjakkan kaki di lapangan pada menit ke-59, menggantikan Neco Williams, ia bermain dengan enerjik. Ia juga bermain dengan cerdas dan tajam.

Ia juga sukses mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-73. Mantan pemain RB Salzburg ini juga sukses menjadi eksekutor di babak adu penalti.

8 dari 8 halaman

Yang Bersinar - Pierre-Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang adalah striker kelas dunia. Bermain di sayap kiri jelas tak mengurangi ketajamannya.

Pemain berusia 31 tahun ini langsung memaksimalkan peluang yang didapatnya begitu terlibat dalam serangan Arsenal. Ia mampu mengkadali Neco Williams dan mencetak gol indah dengan tendangan melengkungnya pada menit ke-12.

Gol itu membuatnya mengemas lima gol dari tiga laga terakhirnya di Wembley. Gol ini juga membuktikan bahwa ia pemain yang sangat berharga bagi Arsenal.

Namun di babak kedua ia memang sedikit diam karena Livepool mendominasi bola. Di babak adu penalti, eksekusinya menjadi penentu kemenangan Arsenal.

Arsenal kini akan makin berharap Pierre-Emerick Aubameyang tak akan meninggalkan Emirates Stadium usai laga lawan Liverpool ini. Mereka bakal berusaha mati-matian untuk meyakinkannya meneken kontrak baru.

(Sky Sports/This is Anfield/WhoScored)

KOMENTAR