BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Cocoklogi Dua Kondisi: Liverpool Butuh Bek - Shkodran Mustafi Menganggur

31-01-2021 05:30 | Richard Andreas

Shkodran Mustafi (c) Arsenal FC
Shkodran Mustafi (c) Arsenal FC

Bola.net - Jurgen Klopp baru-baru ini menegaskan Liverpool akan mencoba memburu bek tengah di sisa bursa transfer Januari 2021 ini. Jelas, The Reds tidak bisa terus memaksa gelandang mengisi jantung pertahanan.

Bencana Liverpool dimulai dengan cedera panjang Virgil van Dijk beberapa bulan lalu. Kemudian situasi semakin buruk karena bek-bek lain seperti Joe Gomez dan Joel Matip pun doyan cedera kambuhan.

Alhasil Klopp terpaksa memainkan para gelandang seperti Fabinho dan Jordan Henderson di pos bek tengah. Masih bisa, tapi tentu tidak sebaik bek tengah asli.

Di saat yang sama ada nama Shokdran Mustafi, bek tengah Arsenal yang sudah lama tidak merumput karena kalah bersaing. Akankah Liverpool mempertimbangkan opsi ini?

1 dari 3 halaman

Darurat cedera

Krisis cedera lini belakang Liverpool tidak bisa dipandang remeh. Dampaknya terasa sampai seluruh tim, performa menurun secara kolektif.

Gomez dan Matip tidak bisa diandalkan, terlalu sering cedera daripada tampil. Selain itu, level mereka pun masih di bawah standar Liverpool, terangkat hanya karena Van Dijk.

Teranyar kabarnya Fabinho pun menyusul cedera. Kondisi Liverpool mendekati kritis, nahasnya mereka justru terlambat menyadari masalah ini.

2 dari 3 halaman

Jangka pendek atau jangka panjang?

Beberapa tahun terakhir Liverpool dikenal berhati-hati dalam transfer pemain. Hampir semua pembelian tepat dan sesuai ekspektasi, itulah alasan mereka tidak terburu-buru mencari bek tengah baru.

Meski begitu, seharusnya The Reds tahu betul bahwa situasi sekarang terbilang darurat. Tanpa bek mumpuni Liverpool tidak akan bisa bersaing di papan atas.

Sekarang pilihan ada di tangan Liverpool. Membeli bek yang tersedia di Januari ini untuk solusi jangka pendek hingga akhir musim, atau bersabar sampai musim panas nanti dan mendatangkan bek level top.

3 dari 3 halaman

Mustafi cocok

Jika taruhannya trofi, sudah jelas Liverpool seharusnya memilih solusi jangka pendek. Mumpung masih bersaing di empat besar, performa masih bisa diperbaiki.

Mustafi pun jadi salah satu kandidat ideal. Menurut The Athletic, setidaknya ada dua alasan mengapa Mustafi cocok untuk Liverpool.

Pertama adalah harganya yang terbilang murah. Kontraknya berakhir musim ini, Arsenal jelas memilih melepasnya sekarang daripada kehilangan secara cuma-cuma nanti.

Kedua adalah pengalamannya di Premier League. Setidaknya Mustafi tidak perlu beradaptasi, sudah hafal gaya main keras khas Liga Inggris.

Sumber: Express, The Athletic

KOMENTAR