BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Cita-cita Mulia Sadio Mane: Bikin Bangga Kampung Halamannya di Senegal

12-02-2020 18:50 | Dimas Ardi Prasetya

Bintang Liverpool, Sadio Mane (c) AP Photo Bintang Liverpool, Sadio Mane (c) AP Photo

Bola.net - Penyerang Liverpool Sadio Mane mengungkapkan ia berusaha tampil sebaik mungkin di Eropa karena ingin membuat semua orang di kampung halamannya di Senegal bangga.

Mane diboyong oleh Liverpool pada tahun 2016 lalu. Saat itu ia dicomot dari Southampton.

Mane langsung menunjukkan kemampuannya sebagai penyerang serba bisa. Dan tiap musim performanya selalu mengalami peningkatan.

Musim 2018-19 contohnya. Saat itu ia akhirnya berhasil menjadi top skor Liverpool dengan raihan 22 gol, sama dengan torehan Mohamed Salah dan penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang.

1 dari 2 halaman

Dukungan Konstan

Selain itu ia juga berhasil memenangkan trofi juara Liga Champions. Ia juga membantu The Reds memenangi trofi Juara UEFA Super Cup dan Piala Dunia Antarklub.

Berkat prestasinya, Sadio Mane terpilih untuk meraih penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2019. Sadio Mane mengaku bersyukur dengan semua penghargaan tersebut.

Ia mengaku semua trofi dan penghargaan itu berhasil ia raih karena dukungan yang besar dari semua orang di Senegal, khususnya dari penduduk di desanya di Bambali.

"Saya tidak bisa menggambarkan seperti apa mereka dan bagaimana mereka termotivasi. Mereka selalu mendorong saya," katanya kepada Liverpoolfc.com.

"Jika Anda melihat orang-orang itu, Anda berusaha keras dan lebih keras untuk membuat mereka bangga karena itu satu-satunya kepuasan yang mereka miliki. Saya harus memberikan kembali apa yang telah mereka lakukan untuk saya," ungkap Mane.

2 dari 2 halaman

Sumber Motivasi Mane

Senegal termasuk salah satu negara di Afrika yang mengekspor pesepakbola top ke penjuru dunia, khususnya ke Eropa. Banyak pemain yang bermain di lima liga top Eropa.

Namun sejauh ini tak ada yang benar-benar sukses seperti Sadio Mane. Maka dari itu, para penduduk di desanya begitu bangga akan dirinya yang sanggup meraih sukses besar bersama Liverpool.

Mane pun tak ingin mengecewakan mereka. Maka dari itu selama ini ia terus berusaha keras untuk bisa tampil apik dan meraih prestasi yang nantinya bisa dibanggakan oleh orang-orang di desanya.

"Saya pikir itu adalah sesuatu yang istimewa bagi desa karena di desa kami memiliki beberapa pemain hebat tetapi mereka tidak pernah sukses," seru Mane.

"Ketika saya datang ke Prancis dan saat itu saya bermain liga kedua, desa tidak pernah memiliki saluran untuk menonton liga kedua, jadi semua orang sangat senang melihat saya di TV pertama kalinya!"

"Mereka berdoa bagi saya setiap hari untuk melihat saya di level ini karena mereka akan bangga. Bagaimana keadaan dan ketika saya semakin termotivasi dan [mereka] semakin bersemangat melihat saya semakin tinggi, saya pikir saya harus mengorbankan diri untuk membuat mereka bangga," tandas Mane.

(liverpoolfc.com)

KOMENTAR