BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Chelsea Pakai Formasi 4-3-3, Puas dengan Hasilnya, Tuchel?

23-09-2021 14:04 | Asad Arifin

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel. (c) AP Photo
Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel. (c) AP Photo

Bola.net - Thomas Tuchel membuat sejumlah perubahan saat Chelsea berjumpa Aston Villa pada laga Carabao Cup, Kamis (23/9/2021) dini hari WIB. Bukan hanya merotasi pemain, Tuchel juga mengganti formasi dasar.

Chelsea bermain imbang 1-1 lawan Aston Villa pada waktu normal laga di Stamford Bridge itu. Guna mendapatkan pemenang, laga dilanjutkan ke babak adu penalti. Chelsea akhirnya menang dengan skor 4-3 pada fase tersebut.

Chelsea lolos babak selanjutnya di Carabao Cup. The Blues akan berjumpa lawan yang tidak mudah. Sebab, mereka akan berjumpa sesama klub Premier League yakni Southampton.

1 dari 3 halaman

Formasi 4-3-3

Tuchel membuat perubahan signifikan dalam starting XI Chelsea. Bukan hanya merotasi pemain, Tuchel juga mengubah formasi. Chelsea biasanya bermain dengan formasi 3-4-2-1 kini berganti menjadi formasi 4-3-3.

"Kami memiliki banyak perubahan, tim tidak pernah bermain dalam formasi ini," buka Tuchel.

"Perubahan itu membutuhkan sedikit waktu di lapangan, tetapi penting kami tidak berharap terlalu banyak dalam hal bagaimana kami menciptakan peluang," sambung Tuchel.

2 dari 3 halaman

Bekerja dengan Baik

Chelsea sempat kesulitan pada babak pertama. Tapi, pada babak kedua, mereka mampu unggul lebih dulu melalui Timo Werner. Walau gagal menang pada waktu normal, ada sisi positif yang dilihat Tuchel.

“Kami mengharapkan energi dan kerja tim, dan inilah yang kami dapatkan. Kami merasa setiap menit kami mendapatkan kepercayaan diri yang lebih baik," terang pria asal Jerman itu.

3 dari 3 halaman

Pujian untuk Kepa

Kepa menjadi pemain yang mendapat pujian dari Tuchel. Kiper asal Spanyol tampil bagus pada waktu normal. Pada babak adu penalti, dia menggagalkan satu penalti Aston Villa. Kepa mengulang kisah sukses di UEFA Super Cup beberapa waktu lalu.

"Kepa sangat kuat dalam adu penalti. Dia memiliki pengalaman bagus dalam adu penalti, jadi kami fokus pada itu, dan mencoba yang terbaik," kata Tuchel.

"Saya senang para pemain tetap tenang. Ini kemenangan yang bagus dan saya senang karena ini adalah pertandingan yang sulit, laga Carabao Cup selalu sulit, dan selalu menyenangkan bisa menang," tutup Tuchel.

Sumber: Chelsea

KOMENTAR