BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Chelsea Dikalahkan Arsenal karena Jorginho Melanggar Aturan Tuchel

13-05-2021 19:00 | Yaumil Azis

Para pemain Arsenal merayakan gol yang diciptakan Emile Smith Rowe ke gawang Chelsea di Stamford Bridge, Kamis (13/05/2021) dini hari WIB. (c) Pool Getty via AP Photo
Para pemain Arsenal merayakan gol yang diciptakan Emile Smith Rowe ke gawang Chelsea di Stamford Bridge, Kamis (13/05/2021) dini hari WIB. (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Secara mengejutkan, Chelsea menelan kekalahan saat bertemu Arsenal dalam laga lanjutan Premier League yang digelar pada Kamis (13/5/2021) dinihari tadi di Stamford Bridge. Gelandang the Blues, Jorginho, punya andil besar di balik kekalahan itu.

Jorginho dimainkan bersama Billy Gimour di lini tengah dalam formasi 3-4-2-1. Sebagaimana yang sering ditunjukkan di laga-laga sebelumnya, pria berkebangsaan Italia tersebut bertugas sebagai penyambung lini tengah dan depan.

Blunder fatal dilakukan pada menit ke-16, saat dirinya sedang berupaya mencari celah di tengah-tengah tekanan para pemain Arsenal. Ia kemudian mengoper bola kepada Kepa Arrizabalaga agar bisa lepas dari tekanan tersebut.

Tanpa sengaja, ia mengirimkan bola ke arah yang salah. Kepa sudah benar dengan bergerak meninggalkan gawang agar sang gelandang punya opsi mengoper bola yang lebih mudah. Tetapi Jorginho malah menendang bola ke arah gawang yang kosong.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Jorginho Melanggar Aturan

Kepa sudah berupaya sekuat tenaga untuk menghalau bola sebelum melewati garis gawang, dan berhasil. Sayangnya, bola malah bergulir mengarah ke pemain Arsenal yang sudah masuk ke kotak penalti Chelsea.

Aubameyang kemudian memberikannya kepada Emile Smith Rowe yang tidak terkawal. Tanpa kesulitan, jebolan akademi Arsenal itu mencetak gol untuk Arsenal. Kedudukan 1-0 itu bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Thomas Tuchel selaku pelatih Chelsea langsung menyoroti kesalahan fatal yang dilakukan Jorginho. Ia mengatakan kalau eks pemain Napoli tersebut sudah melanggar aturan penting dalam permainan.

"Aturannya adalah mengoper bola ke kaki kanan Kepa. Inilah aturannya. Tidak peduli apakah dia berada di depan gawang atau di sisinya, operlah bola itu ke Kepa," ucapnya selepas pertandingan, seperti yang dikutip dari Metro.co.uk.

2 dari 2 halaman

Bukan Salah Jorginho Semata

Kendati demikian, pria berkebangsaan Jerman tersebut tidak melimpahkan kesalahan kepada Jorginho semata. Menurutnya, hasil buruk ini bisa terjadi karena kesalahan semua pemain di lapangan.

"Ini benar-benar kesalahan kami, bukan orang lain. Saya pikir kami memang kalah di pertandingan ini. Benar-benar tanggung jawab kami," tambahnya.

"Kami melakukan perubahan besar, kami membuat gol bunuh diri sendiri, kurang lebih seperti itu. Benar-benar hadiah besar untuk lawan. Namun secara keseluruhan, kami tidak cukup tajam," pungkasnya.

Kekalahan ini memberikan PR besar yang harus diselesaikan secepatnya oleh Tuchel. Sebab, Chelsea bakal melakoni laga final krusial melawan Leicester City di pentas FA Cup pada hari Minggu (16/5/2021) mendatang.

(Metro.co.uk)

KOMENTAR