BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Chelsea dan Liverpool Punya Hasil yang Identik, Mengapa The Blues di Puncak Klasemen?

20-09-2021 09:20 | Asad Arifin

Selebrasi skuad Chelsea untuk gol Thiago Silva kontra Tottenham, Premier League 2021/22 (c) AP Photo
Selebrasi skuad Chelsea untuk gol Thiago Silva kontra Tottenham, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - Ada satu catatan unik yang terjadi pada pekan kelima Premier League 2021/2022. Hingga pekan ini, dua tim yang berada di puncak klasemen, Chelsea dan Liverpool, meraih hasil yang identik.

Pada pekan kelima, Chelsea menang dengan skor 3-0 saat bertandang ke markas Tottenham, Minggu (19/9/2021) malam WIB. Gol-gol Chelsea dicetak oleh Thiago Silva (49'), N'Golo Kante (57'), dan Antonio Rudiger (90+2').

Sehari sebelumnya, Liverpool juga meraih kemenangan dengan skor yang sama. Pada Sabtu (18/9/2021) malam WIB, The Reds menang 3-0 atas Crystal Palace melalui gol yang dicetak Sadio Mane (43'), Mohamed Salah (78'), dan Naby Keita (89').

1 dari 4 halaman

Hasil Indentik

Chelsea dan Liverpool kini sudah lima kali meraih hasil yang identik, baik dari kemenangan, jumlah gol yang dicetak, hingga jumlah kebobolan. Tak percaya? Simak hasil lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters:

Pekan ke-1

  • Liverpool menang 3-0
  • Chelsea menang 3-0

Pekan ke-2

  • Liverpool menang 2-0
  • Chelsea menang 2-0

Pekan ke-3

  • Liverpool imbang 1-1
  • Chelsea imbang 1-1

Pekan ke-4

  • Liverpool menang 3-0
  • Chelsea menang 3-0

Pekan ke-5

  • Liverpool menang 3-0
  • Chelsea menang 3-0
2 dari 4 halaman

Siapa Berhak atas Puncak Klasemen?

Duel Liverpool vs Chelsea di pekan ke-3 Premier League 2021/22. (c) AP Photo
Duel Liverpool vs Chelsea di pekan ke-3 Premier League 2021/22. (c) AP Photo

Chelsea dan Liverpool punya poin yang sama, 13 poin. Manchester United juga mendapat poin yang sama. Tapi, Setan Merah harus puas berada di posisi ketiga klasemen karena kalah selisih gol dari Chelsea dan Liverpool.

Chelsea dan Liverpool punya selisih gol [+11], jumlah gol [12], dan kebobolan [1] yang identik. Sedangkan, United punya selisih gol +9.

Lantas, siapa yang berhak atas puncak klasemen?

"Jika ada klub yang finis dengan jumlah poin yang sama, posisi mereka di klasemen Premier League ditentukan oleh selisih gol, kemudian jumlah gol yang dicetak. Jika tim masih tidak dapat dipisahkan, mereka akan diberikan posisi yang sama di tabel," tulis situs resmi Premier League.

3 dari 4 halaman

Kok Chelsea Nomor Satu?

Jika merujuk pada keterangan di situs resmi Premier League, seperti tertulis di atas, maka Chelsea dan Liverpool sama-sama berada di posisi pertama. Tapi, kenyataannya mengapa Chelsea mendapat urutan pertama dan Liverpool kedua?

Tentu saja bukan karena urutan alfabet seperti di awal musim, di mana Arsenal dan Aston Villa selalu berada di papan atas klasemen.

Rupanya, ada aturan tambahan untuk menentukan siapa yang berhak atas posisi lebih baik. Head to head laga kandang dan tandang kedua klub akan dihitung. Siapa yang punya hasil lebih baik berada di posisi lebih atas.

"Jika klub masih tidak bisa dipisahkan, tim yang paling banyak mencetak gol tandang dalam pertandingan head-to-head akan mendapatkan posisi tertinggi," bunyi pernyataan Premier League pada awal musim 2020/2021 lalu dikutip dari Express.

Chelsea dan Liverpool baru sekali bertemu. Laga digelar di Anfiled dan skor imbang 1-1. The Blues punya gol tandang.

Sebagai tambahan, aturan head to head ini hanya dipakai untuk menentukan posisi klub yang bersaing untuk gelar juara, zona Eropa, dan degradasi.

4 dari 4 halaman

Klasemen Premier League

Klasemen pekan ke-5 Liga Inggris (c) BolaKlasemen pekan ke-5 Liga Inggris (c) Bola

Sumber: Premier League, Express

KOMENTAR