BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Chelsea 0-0 Manchester United, Lampu Kuning Setan Merah

01-03-2021 10:44 | Gia Yuda Pradana

Chelsea vs Manchester United (c) AP Photo Chelsea vs Manchester United (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United sukses mencuri satu poin dalam laga kontra Chelsea pada pekan ke-26 Premier League 2020/2021. Dalam laga yang dihelat di Stamford Bridge, Minggu (28/02) malam WIB, Setan Merah menahan imbang tuan rumah dengan skor 0-0.

Dengan hasil ini, United mengukuhkan posisi mereka di peringkat kedua klasemen sementara. Mereka mengoleksi 50 angka dari 26 laga yang sudah dilakoni. Sementara, Chelsea juga masih berada di posisi lima klasemen, dengan raihan 44 poin dari 26 pertandingan.

Kendati sukses mencuri satu poin dalam laga di kandang Chelsea, United tak boleh berpuas diri. Ada sejumlah hal yang menjadi catatan bagi penampilan Setan Merah pada laga ini.

Apa saja hal-hal yang menjadi catatan tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Kualitas Peluang United Rendah

Duel antara Callum Hudson-Odoi (kanan) dan Mason Greenwood (kiri) yang menjadi awal mula kontroversi saat Chelsea bertemu Manchester United di Premier League. (c) AP Photo Duel antara Callum Hudson-Odoi (kanan) dan Mason Greenwood (kiri) yang menjadi awal mula kontroversi saat Chelsea bertemu Manchester United di Premier League. (c) AP Photo

Sepanjang musim ini, United dikenal memiliki kemampuan bagus untuk menciptakan peluang. Dalam catatan Understat, dalam 26 laga, United memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 44,16. Artinya, dalam tiap pertandingan, United rata-rata memiliki nilai xG sebesar 1,69.

Namun, kemampuan United tersebut tak tampak pada laga kontra Chelsea. Pada laga ini, dalam perhitungan Understat, Setan Merah hanya memiliki nilai xG sebesar 0,36.

Dari sebelas peluang yang dimiliki United, nilai xG terbaik yang dimiliki Setan Merah hanya berkisar di angka 0,06.

2 dari 3 halaman

Gagal Bobol Benteng Chelsea

Pemain Manchester United, Luke Shaw. (c) AP Photo Pemain Manchester United, Luke Shaw. (c) AP Photo

Dalam pertandingan ini, para penggawa United juga kesulitan menembus benteng pertahanan Chelsea. Dari sebelas peluang yang dimiliki Setan Merah, hanya dua di antaranya yang terjadi di dalam kotak penalti The Blues. Namun, Edouard Mendy masih bisa menyelematkan gawangnya dari peluang Marcus Rashford dan Scott McTominay tersebut.

Sementara, dari sembilan sepakan dari luar kotak hanya dua yang mengarah ke gawang. Sisanya, dua sepakan meleset dan lima sisanya diblok pemain bertahan Chelsea.

3 dari 3 halaman

Benteng United Rapuh

Pemain Manchester United, Marcus Rashford (kiri) berduel dengan bek Chelsea, Andreas Christensen (kanan) dalam laga lanjutan Premier League hari Minggu (28/2/2021). (c) AP Photo Pemain Manchester United, Marcus Rashford (kiri) berduel dengan bek Chelsea, Andreas Christensen (kanan) dalam laga lanjutan Premier League hari Minggu (28/2/2021). (c) AP Photo

Kendati dalam pertandingan ini gawang David de Gea tak kebobolan, bukan berarti tak ada pekerjaan rumah di sisi pertahanan United. Dalam pertandingan ini, menurut laman Understat, Chelsea memiliki nilai xG sebesar 1,17.

Kendati tak tergolong besar, United tetap perlu berbenah. Pasalnya, delapan dari 18 peluang The Blues terjadi di dalam kotak penalti Setan Merah.

Pada laga ini, bisa dikatakan, keperawanan gawang De Gea bukan karena kokohnya lini pertahanan Setan Merah, tapi justru karena tumpulnya para penggawa Chelsea dalam memanfaatkan peluang.

Salah satu peluang yang gagal dimanfaatkan Chelsea adalah peluang Olivier Giroud pada menit 35. Namun, peluang dengan nilai xG sebesar 0,55 itu gagal dikonversi menjadi gol karena sundulan penyerang asal Prancis tersebut melenceng dari sasaran.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR