Cerdas, Ini Alasan Erik Ten Hag Lakukan Empat Perubahan di Starting XI Manchester United Lawan Liverpool

Abdi Rafi Akmal | 23 Agustus 2022, 06:15
Cerdas, Ini Alasan Erik Ten Hag Lakukan Empat Perubahan di Starting XI Manchester United Lawan Liverpool
Manajer Manchester United, Erik Ten Hag (c) MUFC Official

Bola.net - Erik Ten Hag mengambil langkah cerdas dalam melakukan pergantian susunan sebelas pertama Manchester United melawan Liverpool. Ada empat pergantian dari susunan sebelas pertama saat melawan Brentford.

Empat pemain yang dimaksud adalah Tyrell Malacia, Raphael Varane, Scott McTominay, dan Anthony Elanga. Di pertandingan sarat gengsi menghadapi Liverpool, keempat nya tampil tanpa cela.

Mereka masuk menggantikan masing-masing posisi Luke Shaw, Harry Maguire, Fred, dan Cristiano Ronaldo. Keempat pemain sudah dua pertandingan terakhir bermain untuk Man United sejak menit awal.

Perubahan tersebut ternyata berdampak besar. Manchester United menang 2-1 atas Liverpool pada pekan ke-3 Liga Inggris 2022/2023 di Old Trafford, Selasa (23/8/2022) dini hari WIB. Puja-puji mengalir deras kepada empat pemain yang baru diturunkan sejak menit awal itu.

1 dari 3 halaman

Hindari Kekalahan Ketiga

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag (c) AP Photo

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag (c) AP Photo

Sebelum laga, Ten Hag sempat membeberkan alasan pergantian tersebut. Menurutnya, langkah tersebut harus diambil untuk menghindari kekalahan ketiga secara beruntun.

Dalam dua laga awal dengan susunan sebelas pertama yang nyaris sama, Man United justru takluk. Pertama kalah 1-2 dari Brighton di kandang sendiri. Kedua dihajar 0-4 dari Brentford saat bertamu ke markas lawan.

Ten Hag menyadari bahwa pergantian wajah baru harus dilakukan menghadapi laga besar melawan Liverpool. Keempat pemain tersebut menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

2 dari 3 halaman

Maksimalkan Pressing

Luis Diaz diterjang pemain lawan di laga Manchester United vs Liverpool, Premier League 2022/23 (c) AP Photo

Luis Diaz diterjang pemain lawan di laga Manchester United vs Liverpool, Premier League 2022/23 (c) AP Photo

Ten Hag menjelaskan, keputusannya memasukkan Elanga dan McTominay untuk menggantikan Ronaldo dan Fred adalah untuk memaksimalkan pressing. Dua pemain yang dipilih ini dianggap lebih bisa memberikan dampak ketimbang dua pemain lainnya.

"Kami tahu bahwa kami harus sangat bagus menekan mereka saat sedang menguasai bola. Maka alasan saya memasukkan dua nama itu adalah untuk memberikan kesulitan pada lawan," ujarnya di dalam situs resmi klub.

"Kami tahu dengan komposisi pemain kami, kami bisa menghancurkan dan menyerang lini belakang mereka. Pemain saya punya kapabilitas melakukannya."

3 dari 3 halaman

Andalkan Kelincahan dan Mobilitas

Bek Manchester United, Tyrell Malacia (c) Tyrell Malacia Official Twitter

Bek Manchester United, Tyrell Malacia (c) Tyrell Malacia Official Twitter

Keputusan lain yang dibuat adalah mengganti sang kapten Maguire dengan Varane. Malacia juga akhirnya diturunkan sejak menit awal menggantikan Shaw. Tujuannya untuk mengandalkan kecepatan saat bertahan.

"Kami punya Varane sebagai bek hebat di dalam skuad. Jadi saya pilih dia. Kami tidak memilih Harry [Maguire] karena yang kami inginkan di pertandingan ini adalah kelincahan dan mobilitas di lini belakang," tuturnya.

"Makanya saya menduetkan Varane dengan Martinez untuk mendapatkan aspek tersebut. Hal yang sama berlaku pada dua pasang bek sayap kami, Dalot dan Malacia yang sama-sama punya kecepatan dan mobilitas tinggi."

Sumber: Manchester United Official

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR