BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Carragher Yakin Absennya Van Dijk Kini tak Masalah Bagi Liverpool, Kenapa Begitu?

25-11-2020 18:28 | Dimas Ardi Prasetya

Virgil Van Dijk (c) Pool Reuters via AP Photo Virgil Van Dijk (c) Pool Reuters via AP Photo

Bola.net - Jamie Carragher mengatakan absennya Virgil van Dijk kini tak akan jadi masalah karena ada banyak pemain lain yang siap memimpin skuat Liverpool.

Van Dijk dipastikan absen karena mengalami cedera lutut parah. Ada kabar ia bisa absen lebih dari lima atau enam bulan.

Absennya Van Dijk ini pun dikhawatirkan akan memengaruhi performa Liverpool. Sebab ia adalah pilar utama lini pertahanan The Reds.

Selain itu ia juga merupakan salah satu sosok pemimpin di tim asuhan Jurgen Klopp tersebut. Namun ternyata absennya bek asal Belanda itu bisa diatasi dengan cukup bagus oleh skuat Liverpool.

1 dari 2 halaman

Liverpool Punya Banyak Pemimpin

Contohnya kala Liverpool bermain melawan Leicester City di pekan ke sembilan Premier League 2020-21 akhir pekan lalu. Saat itu The Reds ternyata bisa menang telak 3-0.

Padahal selain Virgil van Dijk, sejumlah pemain lain juga absen. Sebut saja Jordan Henderson, Mohamed Salah, dan Trent Alexander-Arnold.

Jamie Carragher menyebut kemenangan itu tak lepas dari hadirnya para pemain lain yang bisa menggantikan peran Van Dijk sebagai pemimpin di skuat Liverpool. Ia pun merasa absennya Van Dijk kini tak akan jadi masalah bagi The REds.

“Ketika Anda memiliki sosok besar yang Anda lihat dalam posisi tertentu, dan ia absen, ini bergantung pada orang lain untuk turun tangan," serunya pada Sky Sports.

“Terkadang bukan hanya satu pemain, bisa jadi tiga atau empat pemain sekaligus. Apa yang kami lihat sekarang adalah mungkin ada lebih banyak kepemimpinan dari pemain lain," ujar Carragher.

2 dari 2 halaman

Masalah Lini Pertahanan Liverpool

Liverpool merupakan tim yang bermain dengan garis pertahanan tinggi. Taktik ini sempat mendapat sorotan, terutama setelah mereka kebobolan banyak gol melawan Leeds United dan Aston Villa.

Jamie Carragher juga termasuk pihak yang menyoroti taktik tersebut. Ia mengatakan Liverpool kebobolan banyak gol karena ada beberapa pemain mereka dalam posisi yang kurang pas dan telat memutuskan untuk mundur saat lawan sudah mulai menguasai bola.

“Kita telah berbicara banyak tentang garis [pertahanan] Liverpool dan terkadang sulit untuk mengkritik tim yang memiliki rekor pertahanan yang hebat dan sangat sukses," ujarnya.

“Ada saat-saat ketika saya melihat garis pertahanan mereka dan berpikir 'lari kembali'. Tentu saja, dalam pertandingan Aston Villa, di mana jelas Liverpool melakukan kesalahan besar," tuturnya.

“Kadang-kadang bukan tentang seberapa tinggi garis itu, itu hanya fakta bahwa saya selalu merasa bahwa bek Liverpool harus berada dalam posisi untuk benar-benar berlari kembali. 'Lari saja dan samai kecepatan larinya. Kita berada dalam garis yang layak, oke mereka telah mengalahkan pressing kita dan punya waktu untuk menguasai bola, mari kita beri jarak dua atau tiga yard'. Itu saja," tandas Carragher.

Virgil van Dijk sendiri sebelumnya dikabarkan sudah mulai berlatih ringan padahal ia baru menjalani operasi sekitar satu bulan lalu. Namun belum bisa dipastikan kapan ia bisa bermain lagi untuk Liverpool.

(Sky Sports)

KOMENTAR