BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Carragher Dukung Klopp Soal Perubahan Aturan Pergantian Pemain di Premier League

23-11-2020 23:56 | Dimas Ardi Prasetya

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, memberikan instruksi kepada anak asuhnya saat bertemu Chelsea dalam partai lanjutan Premier League hari Minggu (20/9/2020). (c) AP Photo Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, memberikan instruksi kepada anak asuhnya saat bertemu Chelsea dalam partai lanjutan Premier League hari Minggu (20/9/2020). (c) AP Photo

Bola.net - Legenda Liverpool Jamie Carragher mengubah pikirannya soal aturan pergantian pemain dan mendukung Jurgen Klopp mendorong otoritas Premier League merevisi aturan itu pada musim 2020-21 ini.

Musim lalu, pandemi virus corona mengubah tatanan sepak bola dunia. Beberapa aturan harus diubah untuk beradaptasi dengan situasi yang ada.

Salah satunya adalah dengan mengubah aturan pergantian pemain. Dari semua tiga menjadi lima pemain per pertandingan.

Sebelum kompetisi musim ini bergulir, kompetisi-kompetisi khususnya di Eropa diberi dua opsi; mereka bisa terus memakai aturan pergantian lima pemain atau tetap memakai aturan lama dengan tiga pemain.

Beberapa kompetisi, termasuk Liga Champions, memilih aturan lima pergantian pemain. Sementara Premier League memilih tetap memakai aturan tiga pemain.

1 dari 3 halaman

Keluhan Klopp

Setelah kompetisi Premier League bergulir, sejumlah pemain Liverpool bertumbangan karena cedera. Mulai dari Joe Gomez, Trent Alexander-Arnold, Fabinho, Jordan Henderson, hingga Andrew Robertson.

Terbaru, Naby Keita juga mengalami cedera hamstring. Jurgen Klopp pun mengeluhkan keputusan otoritas Premier League yang tetap memakai format tiga pergantian pemain.

"Kami membutuhkannya. Untuk para pemain, bukan klub. Desember dan Januari di musim normal sangat brutal," keluh Klopp belum lama ini.

"Kami tahu itu. Tapi tahun ini, untuk klub Liga Champions dan Liga Europa, Oktober seperti Desember. November seperti Desember. Desember tetap Desember, lalu Januari, lalu Februari."

"Ini bukan tentang saya. Ini bukan tentang Liverpool. Ini tentang kesejahteraan pemain," tegas Klopp.

2 dari 3 halaman

Carragher Yakin Aturan Segera Diubah

Jamie Carragher mengaku paham mengapa Jurgen Klopp sampai mengeluh seperti itu. Ia pun meyakini otoritas Premier League pasti akan segera mengubah aturan pergantian pemain tersebut.

“Ini poin pembicaraan besar sekarang. Saya pikir Jurgen Klopp merasa kepalanya seperti membenturkan kepalanya ke dinding bata," ucap Carragher pada Sky Sports.

"Anda bisa lihat di sana, itu adalah cedera hamstring. Anda berbicara tentang Klopp dan lima pergantian pemain, saya pikir ada lebih banyak manajer sekarang [yang setuju dengannya]. Saya pikir itu mungkin tak terhindarkan bahwa hal itu akan terjadi pada akhirnya. EFL mengarah ke lima pergantian pemain," klaimnya.

3 dari 3 halaman

Carragher Berubah Pikiran

Jamie Carragher mengaku ia sebelumnya termasuk orang yang sepakat jika kompetisi musim ini tetap memakai aturan tiga pergantian pemain. Namun kini ia berubah pikiran setelah melihat banyak pemain yang cedera di Premier League.

"Saya benar-benar menentangnya pada akhir musim lalu, tetapi ketika Anda melihat berapa banyak cedera yang ada di Premier League musim ini - jumlahnya meningkat secara drastis. Orang-orang mempertanyakan Jurgen Klopp atau Pep Guardiola tidak membuat tiga pergantian pemain dalam satu pertandingan, jadi mengapa mereka menginginkan lima? Saya rasa itu bukan alasan untuk tidak membuat lima pergantian pemain, saya pikir itu alasan untuk melakukan lima pergantian pemain," terangnya.

"Apa yang ditunjukkan adalah, itu tidak berarti manajer akan membuat lima pergantian pemain di setiap pertandingan, hanya saja ketika mungkin, Jurgen Klopp berpikir mereka tidak terkejar oleh lawan, itu memberi mereka kesempatan untuk mungkin membuat dua pergantian pemain atau tiga sekaligus pada akhirnya," bebernya.

"Anda lihat saat melawan Man City, Jurgen hanya membuat dua pergantian pemain dan Pep hanya membuat satu karena pertandingan masih seimbang. Mereka tidak akan melakukan pergantian pemain hanya karena mereka bisa melakukannya. Mereka harus memenangkan pertandingan. Itu memberi mereka kesempatan, saat pertandingan mati, seperti Liverpool di Atalanta, dan Anda bisa membuat pergantian di Liga Champions - Anda kemudian melakukannya," tandas Carragher.

Jurgen Klopp bukan satu-satunya manajer yang pernah mengeluhkan aturan pergantian pemain tersebut. Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer juga melontarkan hal yang senada.

(Sky Sports)

KOMENTAR