BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Bukti Kehebatan Manchester City: Tokcernya 'Perkawinan' Guardiola dan The Citizens

18-05-2021 11:37 | Afdholud Dzikry

Manchester City juara Premier League 2020-2021. (c) AP Photo Manchester City juara Premier League 2020-2021. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City sekali lagi membuktikan bahwa mereka adalah raksasa baru di Liga Inggris. Setelah musim lalu gagal, kali ini Manchester City sukses merebut trofi Premier League untuk kelima kalinya di era baru Liga Inggris.

Kepastian Manchester City menjadi yang terbaik terjadi pada awal pekan kemarin. Yakni ketika Manchester United secara mengejutkan dikalahkan Leicester City di Old Trafford. Kekalahan itu memastikan perolehan poin The Citizens tak lagi terkejar dengan tiga pertandingan saat itu.

Pelatih Man City, Pep Guardiola telah menyatakan kebanggaannya telah mengamankan gelar terberatnya. Sang manajer The Citizens berkata:

"Ini telah menjadi musim dan gelar Premier League yang berbeda. Ini yang tersulit. Kami akan selalu mengingat musim ini untuk cara kami menang. Saya sangat bangga menjadi manajer tim ini dan bekerja dengan kelompok pemain yang sensasional. "

Premier League 2020-2021 merupakan musim yang cukup sulit di tengah pandemi Covid-19. Akan tetapi kedalaman skuad Manchester City dan konsistensi beberapa pemain mereka memungkinkan mereka untuk mengungguli rival mereka.

Musim tidak dimulai dengan baik untuk Manchester City tetapi sejak pergantian tahun, tidak ada yang bisa menghentikan mereka. Tanpa basa-basi lagi, yuk kita simak 10 fakta menakjubkan dari kejayaan Manchester City di Premier League.

1 dari 11 halaman

Gelar Liga Inggris ke-7

Riyad Mahrez dan skuad Manchester City merayakan gol ke gawang PSG, Kamis (29/4/2021) (c) AP Photo Riyad Mahrez dan skuad Manchester City merayakan gol ke gawang PSG, Kamis (29/4/2021) (c) AP Photo

Ini adalah gelar Liga Inggris ketujuh Manchester City. Dulu ketika mereka hanya menjadi 'tetangga berisik' bagi Manchester United, Manchester City hanya punya dua gelar juara. Sekali di musim 1936-1937 dan kemudian di musim 1967-1968.

2 dari 11 halaman

Tiga Klub Tersukses di Era Premier League

Selebrasi pemain-pemain Manchester City (c) AP Photo Selebrasi pemain-pemain Manchester City (c) AP Photo

Manchester City kini telah memenangkan lima gelar liga di era Premier League. Sama banyak dengan Chelsea. Hanya Manchester United yang memiliki lebih banyak trofi, butuh waktu lama bagi Citizens untuk mengejar tetangga mereka.

3 dari 11 halaman

Rekor Unik Benjamin Mendy

Benjamin Mendy (c) Manchester City Benjamin Mendy (c) Manchester City

Karier Benjamin Mendy di Manchester City telah diganggu oleh rentetan cedera, menyebabkan dia memainkan peran kecil dalam empat musim yang dia habiskan di sana. Mendy baru memainkan 71 pertandingan sejauh ini untuk Manchester City tetapi telah memenangkan delapan gelar.

4 dari 11 halaman

Dua Kali Runner-up di Era Pep Guardiola

Manajer Manchester City, Josep Guardiola (c) Pool Getty via AP Photo Manajer Manchester City, Josep Guardiola (c) Pool Getty via AP Photo

Manchester City asuhan Pep Guardiola terlihat tidak terkalahkan di musim ini. Faktanya, itulah yang terjadi dengan tim Manchester City ini dalam semua kampanye perebutan gelar mereka di bawah Pep Guardiola. Dia hanya kehilangan gelar Liga Premier dua kali. Sekali ke Chelsea (2016-17) dan sekali ke Liverpool (2019-20).

5 dari 11 halaman

Riyad Mahrez Susul Didier Drogba dan Yaya Toure

Riyad Mahrez usai mencetak gol ke gawang Burnley pada pekan ke-10 Premier League (c) AP Photo Riyad Mahrez usai mencetak gol ke gawang Burnley pada pekan ke-10 Premier League (c) AP Photo

Premier League telah menjadi rumah bagi banyak pemain asal Afrika yang luar biasa, dan Riyad Mahrez jadi salah satu di antaranya.

Pemain Aljazair itu telah mencetak sembilan gol dan memberikan empat assist dalam 25 penampilan Premier League musim ini.

Dia bergabung dengan kelompok elit pemain seperti Didier Drogba dan Yaya Toure sebagai satu-satunya pemain Afrika yang telah memenangkan tiga atau lebih gelar Liga Inggris.

6 dari 11 halaman

Sakitnya Manchester United

Pemain Manchester United masuk ke Old Trafford jelang duel melawan Liverpool di pekan ke-34 Premier League (c) AP Photo Pemain Manchester United masuk ke Old Trafford jelang duel melawan Liverpool di pekan ke-34 Premier League (c) AP Photo

Manchester United adalah satu-satunya klub yang bisa mendekati dominasi Manchester City di Premier League musim ini. Kegagalan The Red Devils menjadi juara terasa pilu, karena yang jadi tim terbaik adalah rival sekota.

Kepastian juara didapat setelah hasil buruk yang diraih Man United di kandang sendiri.

Fakta mencatat, dari enam gelar Liga Inggris yang ditentukan di Old Trafford, Manchester United hanya meraih tiga gelar.

7 dari 11 halaman

Kebangkitan di Akhir Tahun

Pemain Manchester City merayakan gol Phil Foden ke gawang Dortmund di leg pertama perempat final Liga Champions 2020-2021, Rabu (7/4/21) dini hari. (c) AP Photo Pemain Manchester City merayakan gol Phil Foden ke gawang Dortmund di leg pertama perempat final Liga Champions 2020-2021, Rabu (7/4/21) dini hari. (c) AP Photo

Manchester City membalikkan musim mereka menjelang akhir tahun 2020. Mereka memulai perjalanan yang tak terhentikan setelah mengalahkan Southampton pada 19 Desember. Kali berikutnya mereka kehilangan poin dalam pertandingan Premier Legue hampir tiga bulan kemudian, pada 7 Maret.

Saat itu City telah memenangkan 15 pertandingan Premier League berturut-turut dan 21 pertandingan di semua kompetisi, yang merupakan sebuah rekor di persaingan papan atas.

8 dari 11 halaman

Samai Rekor Mourinho dan Wenger

Josep Guardiola angkat trofi Premier League 2018/2019. (c) AP Photo Josep Guardiola angkat trofi Premier League 2018/2019. (c) AP Photo

Ingat ketika Jose Mourinho melanjutkan omelan di mana dia mengatakan dia telah memenangkan tiga gelar Premier League dan itu lebih dari semua manajer lain di pentas kompetisi. Sekarang, ocehan itu tidak bisa melakukan itu lagi.

Pep Guardiola baru saja menyamai rekornya dan menjadi manajer tersukses kedua di Premier League bersama Arsene Wenger dan Jose Mourinho. Akan tetapi Sir Alex Ferguson masih memimpin atas ketiganya.

9 dari 11 halaman

Sembilan Gelar dalam 12 Tahun

Josep Guardiola (c) Manchester City FC Josep Guardiola (c) Manchester City FC

Pep Guardiola adalah salah satu manajer terbaik di dunia. Dia benar-benar telah mengubah tim Manchester City ini dan ini bisa menjadi tahun di mana mereka akhirnya juga mematahkan kutukan Liga Champions mereka.

Guardiola telah melatih Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City dalam 12 tahun kariernya sebagai pelatih dan telah memenangkan sembilan gelar liga. Ini adalah pencapaian yang luar biasa di level tertinggi permainan dan itu menegaskan status Pep sebagai sosok jenius.

10 dari 11 halaman

Tim Pertama yang Juara Setelah Berada di Posisi 8 pada Hari Natal

Skuad Manchester City merayakan gol ke gawang Wolverhampton, Premier League 2020/21. (c) AP Photo Skuad Manchester City merayakan gol ke gawang Wolverhampton, Premier League 2020/21. (c) AP Photo

Manchester City tidak memulai awal yang baik musim ini. Mereka duduk di urutan kedelapan di tabel Liga Premier pada hari Natal. Tapi mereka membalikkannya dan hampir tak terbendung di liga pada paruh kedua musim ini.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.com (Ario Yosia; 18/5/2021)

11 dari 11 halaman

KOMENTAR