BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Bukan Bruno Fernandes, Solskjaer Diminta Pilih Mason Greenwood Sebagai Eksekutor Free-kick

02-08-2021 14:09 | Asad Arifin

Mason Greenwood menjadi aktor utama kemenangan Manchester United atas Burnley, Minggu (18/4/2021) (c) Pool Getty via AP Photo
Mason Greenwood menjadi aktor utama kemenangan Manchester United atas Burnley, Minggu (18/4/2021) (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Bruno Fernandes selama ini menjadi andalan Manchester United untuk eksekusi bola mati, baik penalti maupun free-kick. Namun, sebuah saran diberikan Clayton Blackmore agar United memberi kesempatan pada Mason Greenwood.

Fernandes langsung mengambil tugas-tugas penting sejak bergabung dengan United. Ole Gunnar Solskjaer memberi kepercayaan penuh pada pemain asal Portugal untuk menendang penalti, free-kick, maupun sepak sudut.

Sejauh ini, Fernandes terbukti sebagai eksekutor penalti yang jitu. Fernandes punya kemampuan istimewa, terutama teknik meloncat sebelum menendang. Fernandes pun punya kualitas dalam setiap free-kick yang dilepasnya.

1 dari 2 halaman

Coba Mason Greenwood

Clayton Blackmore, eks pelatih kelompok usia di United, memberi saran pada Ole Gunnar Solskjaer soal pembagian tugas eksekusi bola mati. Blackmore, yang juga pernah bermain untuk United, tahu betul kemampuan yang dimiliki Greenwood karena pernah melatihnya.

"Greenwood adalah pemain yang suka membawa bola, dia bukan target man seperti yang diyakini beberapa orang sebagai penyerang tengah," buka Blackmore kepada Manchester Evening News.

"Bakatnya menakutkan, saya melihatnya tumbuh dan saya menggelengkan kepala karena tidak percaya melihatnya melakukan tendangan bebas dan penalti dengan kedua kaki."

"Penalti saya bisa melihatnya, tetapi tendangan bebas lebih dari 20 yard hampir setiap saat dan dia selalu mengenai target dengan kedua kakinya. Saya terkejut dia tidak melakukannya sekarang, jelas Bruno Fernandes adalah pengambil bola mati yang layak, tetapi Greenwood melakukannya sangat baik," tegas Blackmore.

2 dari 2 halaman

Penyerang Tengah

Dua musim ke belakang, Greenwood tampil bagus bersama United. Namun, menurut Blackmore, ada yang perlu diubah oleh Solskjaer. Sang manajer harus segera memainkan Greenwood sebagai penyerang tengah, bukan sebagai winger.

"Greenwood perlu melakukan transisi menjadi penyerang tengah karena dia telah melakukan itu sepanjang karirnya. Dia adalah tipe 'Nomor 9' yang bisa turun dan mendapatkan bola yang diinginkan."

"Sedikit mirip dengan bagaimana Mark Hughes dan Eric Cantona dulu bekerja sama. Mason Greenwood sebagai seorang anak yang tumbuh bermain di posisi itu dengan tiga pemain di depan dan dia bisa turun ke lini tengah, mengambil bola, dan berlari di pertahanan," jelas Blackmore.

Sumber: Manchester Evening News

KOMENTAR