BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Bruno Fernandes dan Transfer Paling Mahal Sporting Lisbon ke Premier League

04-12-2020 13:58 | Asad Arifin

Bruno Fernandes (c) AP Photo
Bruno Fernandes (c) AP Photo

Bola.net - Nama Sporting Lisbon membawa khalayak mengingat lulusan akademinya yang menjadi ikon sepak bola Cristiano Ronaldo. Peraih gelar Ballon d’Or lima kali tersebut menjadi gambaran bahwa Lisbon menjadi salah satu tim penghasil pemain-pemain terbaik dunia.

Kualitas-kualitas pemain yang dimiliki Sporting Lisbon tak jarang menarik klub-klub top Eropa untuk berbelanja di klub pemilik 18 gelar Liga Portugal tersebut. Salah satu yang sering membayar servis pemain dari Sporting Lisbon adalah klub-klub dari Premier League.

Paling terbaru tentu Bruno Fernandes yang menjadi juru selamat Manchester United musim lalu. Didatangakan pada pertengahan musim, Bruno Fernandes tancap gas dan menjadi kunci United menerobos tiga besar klasemen Premier League.

Mendatangkan bintang dari Lisbon seperti Bruno Fernandes tentu membuat beberapa klub harus rela membayar mahal. Klub pembeli pun tentu harus bertaruh karena tidak selamanya uang besar yang dikeluarkan berdampak baik seperti yang dilakukan Bruno Fernandes.

Bersama Bruno Fernandes ada lima pemain lain yang menjadi transfer paling mahal dari Sporting Lisbon yang dilakukan klub Premier League. Siapa saja mereka? berikut urutannya.

1 dari 5 halaman

5. Marcos Rojo

Marcos Rojo (c) AFP
Marcos Rojo (c) AFP

Marcos Rojo kini tengah meratapi nasibnya yang terasa diasingkan dari klub. Sempat ingin dilepas namun sepi peminat memaksa Marcos Rojo mesti bertahan lebih lama di Manchester United meski tidak terpakai.

Padahal Marcos Rojo merupakan lima besar transfer mahal dari Lisbon yang dibeli Manchester United seharga 20 juta euro. Kini bahkan Marcos Rojo tidak dilibatkan di segala kompetisi yang diikuti Manchester United.

Meskipun lini belakang United terkadang dikritik, Marcos Rojo tetap tidak pernah dianggap sebagai alternatif. Rojo hanya tampil di tim junior Manchester United untuk menjaga kebugarannya.

2 dari 5 halaman

4. Adrien Silva

Adrien Silva (c) AFP
Adrien Silva (c) AFP

Adrien Silva menjadi pemain termahal keempat yang dijual Lisbon ke Premier League. Gelandang tengah berusia 31 tahun tersebut pernah menjajal peruntungannya di Premier League bersama Leicester City yang menebusnya dengan harga 25 juta euro.

Meskipun ditebus dengan harga yang tidak murah, Adrien Silva tidak pernah benar-benar menemukan kemampuan terbaiknya selama berkostum The Foxes. Silva hanya bertanding di 21 pertandingan Leicester City selama semusim dan selebihnya dia dipinjamkan ke Monaco.

Awal musim ini Adrien Silva tidak lagi berada di Monaco dan dilepas Leicester City secara gratis ke Sampdoria.

3 dari 5 halaman

3. Nani

Nani (c) AFP
Nani (c) AFP

Nani sempat dianggap bisa mengikuti jejak dari Cristiano Ronaldo yang karirnya melejit ketika pindah dari Lisbon menuju Manchester United. Didatangkan dengan harga 25,5 juta euro, Luis Nani dinilai memiliki kemiripan dengan kompatriotnya Cristiano Ronaldo yang juga berposisi di sayap dan gemar melakukan trik di lapangan.

Berada di Manchester United memang membawa Nani berhasil mengangkat beberapa trofi bergengsi seperti empat gelar Liga Champions, dan satu Liga Champions. Namun, karirnya tidak begitu mengkilap di United, hanya musim 2010/11 yang terlihat begitu menonjol untuk Nani selama berada di United.

Akhirnya musim 2014/15, Nani sempat dipinjamkan kembali ke klub lamanya Sporting Lisbon dan semusim berselang dilepas murah ke Fenerbahce sebesar enam juta euro. Kini Luis Nani tengah berkarir di MLS dengan membela Orlando City.

4 dari 5 halaman

2. Islam Slimani

Islam Slimani (c) LFC
Islam Slimani (c) LFC

Selepas menjuarai Premier League dengan bergantung pada Jamie Vardy di lini depan, Leicester mencoba memperkuat lini serangnya dengan membeli Islam Slimani. Penyerang berkebangsaan Algeria tersebut memiliki karir yang baik sebelumnya di Sporting Lisbon.

Mencetak 57 gol dan 15 assists dari 111 kali kesempatannya bermain di Lisbon membuat Leicester berani membayar Slimani dengan harga 31 juta euro. Namun, Slimani harus berada dalam bayang-bayang Jamie Vardy dan kurang dipercaya, sehingga lebih banyak dipinjamkan di setiap musimnya.

5 dari 5 halaman

1. Bruno Fernandes

Bruno Fernandes (c) Sporting CP Official
Bruno Fernandes (c) Sporting CP Official

Pemain termahal yang pernah dijual Sporting Lisbon ke Premier League adalah Bruno Fernandes. Gelandang serang ini diangkut Manchester United di pertengahan musim lalu dengan harga sebesar 55 juta euro.

Harga yang sepadan dengan kontribusinya yang sangat besar, Bruno Fernandes banyak menciptakan gol dan assists sejak awal kedatangannya. Catatannya 22 gol dan 13 assists dia ciptakan di 37 kesempatan tampilnya di segala kompetisi.

Bukan hanya itu, Bruno Fernandes juga memiliki sikap sebagai pemimpin yang dapat membantu mengangkat motivasi bermain rekannya.

Sumber: Transfermarkt

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)

KOMENTAR