Brighton 4-0 Manchester United: Setan Merah Tak Berdaya

Gia Yuda Pradana | 8 Mei 2022, 12:11
Brighton vs Manchester United, Premier League 2021/22 (c) AP Photo
Brighton vs Manchester United, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United kembali mendapat hasil mengecewakan dalam lanjutan Premier League 2021/2022. Menghadapi Brighton & Hove Albion, di Amex Stadium, Sabtu (07/05) malam, Setan Merah takluk empat gol tanpa balas.


Dalam laga tersebut, gawang Setan Merah bobol oleh Moses Caicedo, Leandro Trossard, Marc Cucurella, dan Pascal Gross.

Bagi United, laga ini merupakan gambaran sempurna buruknya permainan mereka. Hampir dalam semua aspek, performa skuad besutan Ralf Rangnick tersebut berada di bawah rata-rata. Secara statistik, mulai dari sektor penyerangan sampai pertahanan Setan Merah tampak rapuh.

Data statistik apa saja yang menunjukkan bobroknya performa Manchester United pada laga kontra Brighton? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Gagal Manfaatkan Penguasaan Bola

Cristiano Ronaldo (nomor 7) di laga Brighton vs Manchester United, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Cristiano Ronaldo (nomor 7) di laga Brighton vs Manchester United, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Pada laga ini, Manchester United unggul dalam hal penguasaan bola. Menurut laman Whoscored, Setan Merah mencatatkan penguasaan bola sebesar 58 persen. Sementara, Brighton hanya menguasai bola sebanyak 42 persen.

Namun, penguasaan bola ini gagal dimanfaatkan oleh Setan Merah. Mereka lebih banyak menguasai bola di pertahanan sendiri. Para penggawa Setan Merah pun kesulitan menguasai bola di pertahanan Brighton.

Kegagalan United menguasai bola di pertahanan Brighton ini pun tampak dari data statistik umpan sukses mereka di final third. Laman Understat mencatat, mereka hanya mampu mencatatkan lima umpan sukses di final third. Sementara, Brighton mencatatkan 18 umpan sukses di final third.

2 dari 6 halaman

Kualitas Peluang Buruk

Pemain Manchester United, Anthony Elanga (kiri) dalam laga kontra Brighton di Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Pemain Manchester United, Anthony Elanga (kiri) dalam laga kontra Brighton di Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Secara kuantitas, United memang mampu mencatatkan 15 tembakan pada laga ini, hanya selisih dua gol dari catatan Brighton. Namun, secara kualitas, peluang kedua tim sangat jomplang.

Laman Infogol mencatat bahwa dari 17 peluang mereka, Brighton memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 2,57. Sementara, dari 15 peluang mereka, nilai xG United hanya sebesar 0,78.

Buruknya nilai xG United ini tak lepas dari banyaknya mereka melepas tembakan jarak jauh. Tercatat, tujuh dari 15 peluang mereka dicetak dari luar kotak penalti. Sebaliknya, sepuluh dari 17 peluang Brighton dicetak dari dalam kotak penalti.

3 dari 6 halaman

Finishing Tumpul

(c) AP Photo

(c) AP Photo

Sudahlah peluang tak terlalu bagus, penyelesaian akhir para penggawa Setan Merah pun memprihatinkan. Dari 15 peluang yang dimiliki, hanya lima yang menyasar ke gawang.

Nilai xG tembakan on target United pada laga ini hanya berada di angka 0,28. Sementara, nilai xG tertinggi peluang on target Setan Merah dicatatkan Juan Mata. Peluang pada menit 55 tersebut memiliki nilai xG sebesar 0,1.

Di sisi lain Brighton memiliki nilai xG peluang on target sebesar 1,33. Nilai xG tertinggi peluang on target mereka dicatatkan oleh Leandro Trossard pada menit ke-59. Peluang bernilai xG 0,64 tersebut berbuah gol keempat Brighton pada laga ini.

4 dari 6 halaman

Pertahanan Bobrok

Manajer interim Manchester United, Ralf Rangnick (c) AP Photo

Manajer interim Manchester United, Ralf Rangnick (c) AP Photo

Tingginya nilai xG Brighton tak lepas dari bobroknya lini pertahanan United. Lini pertahanan Setan Merah seakan menggelar open house untuk membiarkan para pemain lawan menciptakan peluang-peluang berkualitas di area mereka.

Ada 13 peluang yang diciptakan para penggawa Brighton di jantung pertahanan United. Sepuluh peluang tercipta di kotak penalti. Sementara, tiga peluang sisanya tercipta di petak enam yard.

Nilai xG dari 13 peluang Brighton di jantung pertahanan United mencapai 2,44.

5 dari 6 halaman

De Gea Tampil Buruk

David de Gea (c) AP Photo

David de Gea (c) AP Photo

Jika biasanya tampil sebagai pahlawan, tak demikian halnya dengan penampilan David De Gea pada laga ini. Kiper Manchester United tersebut justru menjadi pesakitan.

Dari enam tembakan yang menyasar ke gawangnya, ia hanya mampu mengantisipasi satu di antaranya. Tembakan Pascal Gross yang diantisipasi De Gea pada menit 88 tersebut memiliki nilai xG sebesar 0,02.

Dalam laga tersebut, bukan hanya peluang dengan nilai xG besar yang membobol gawang De Gea. Gawang kiper asal Spanyol ini juga kebobolan melalui peluang -yang secara matematis- memiliki kualitas kecil. Gol pertama Brighton, melalui sepakan jarak jauh Moises Caicedo pada menit 14, hanya memiliki nilai xG sebesar 0,03.

Buruknya penampilan De Gea pada laga ini membuatnya menjadi pemain dengan rapor paling buruk. Menurut penilaian Whoscored, ia hanya mendapat ponten 5,2 dalam laga tersebut.

Data diolah dari: Infogol, Understat, dan Whoscored.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR