BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Best XI dengan Komposisi Rekan-rekan Terbaik Cristiano Ronaldo

21-04-2020 13:07 | Gia Yuda Pradana

Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo di Manchester United (c) AFP
Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo di Manchester United (c) AFP

Bola.net - Sebelumnya telah disajikan Best XI dengan komposisi rekan-rekan terbaik Lionel Messi. Kali ini akan disajikan Best XI serupa untuk Cristiano Ronaldo.

Ronaldo saat ini sedang melalui musim keduanya bersama Juventus di Italia. Juventus sendiri merupakan klub keempat dalam karier profesional sang bintang Portugal.

Ronaldo mengawali karier bersama Sporting Lisbon di Portugal pada 2002. Ronaldo kemudian melejit bersama Manchester United (2003-2009) dan menjadi legenda di Real Madrid (2009-2018), sebelum menjajal sepak bola Italia.

Karier Ronaldo sebagian besar dihabiskan di Inggris, bersama Manchester United, dan Spanyol, bersama Real Madrid. Jadi, Wajar jika Best XI berikut didominasi oleh pemain-pemain dari dua klub ini.

1 dari 11 halaman

Kiper - Iker Casillas

Iker Casillas (c) Real Madrid FC
Iker Casillas (c) Real Madrid FC

Jumlah penampilan bersama Cristiano Ronaldo: 228.

Mantan kiper, eks kapten, dan legenda Real Madrid ini hampir selalu berada di bawah mistar ketika Ronaldo masih berseragam Los Blancos. Titel-titel La Liga dan Liga Champions telah mereka raih bersama Real Madrid.

2 dari 11 halaman

Bek Kanan - Sergio Ramos

Cristiano Ronaldo dan Sergio Ramos (c) Real Madrid
Cristiano Ronaldo dan Sergio Ramos (c) Real Madrid

Jumlah penampilan bersama Cristiano Ronaldo: 2339.

Ya, Ramos memang sekarang dikenal sebagai seorang bek sentral. Namun, di awal kariernya, pilar Real Madrid dan Spanyol itu bermain di sisi kanan. Mengingat ketatnya persaingan untuk posisi bek sentral di Best XI ini, Ramos pun harus rela digeser ke kanan.

3 dari 11 halaman

Bek Sentral - Pepe

Pepe dan Ronaldo (c) UEFA
Pepe dan Ronaldo (c) UEFA

Jumlah penampilan bersama Cristiano Ronaldo: 321.

Salah satu bek sentral yang kerap menjadi rekan Ronaldo adalah Pepe. Mereka adalah rekan di Real Madrid dan Tim Nasional Portugal. Pepe dikenal sebagai bek yang tak kenal kompromi. Bersama Ronaldo, dia juga turut membantu Portugal menjuarai Euro 2016.

4 dari 11 halaman

Bek Sentral - Rio Ferdinand

Rio Ferdinand dan Cristiano Ronaldo saat masih bersama di MU. (c) AFP
Rio Ferdinand dan Cristiano Ronaldo saat masih bersama di MU. (c) AFP

Jumlah penampilan bersama Cristiano Ronaldo: 221.

Ferdinand gabung Manchester United setahun sebelum Ronaldo. Dia adalah salah satu bek terbaik yang pernah dimiliki Manchester United dan Inggris. Dia merupakan sosok reguler di lini belakang ketika Ronaldo berkembang jadi pemain kelas dunia dengan seragam Manchester United.

5 dari 11 halaman

Bek Kiri - Marcelo

Marcelo dan Cristiano Ronaldo (c) AFP
Marcelo dan Cristiano Ronaldo (c) AFP

Jumlah penampilan bersama Cristiano Ronaldo: 332.

Marcelo gabung Real Madrid dua tahun sebelum Ronaldo, dan masih di Bernabeu hingga sekarang. Bek kiri Brasil ini merupakan salah satu rekan terbaik Ronaldo, dan mereka berdua juga berteman dekat.

6 dari 11 halaman

Gelandang Kanan - Isco

Isco dan Cristiano Ronaldo (c) AFP
Isco dan Cristiano Ronaldo (c) AFP

Jumlah penampilan bersama Cristiano Ronaldo: 188.

Yang mengejutkan, Isco ternyata main bareng Ronaldo lebih sering dibandingkan beberapa gelandang lain. Ya, mereka adalah rekan selama lima tahun di Madrid. Kualitasnya pun sudah diakui.

7 dari 11 halaman

Gelandang Sentral - Xabi Alonso

Xabi Alonso (c) AFP
Xabi Alonso (c) AFP

Jumlah penampilan bersama Cristiano Ronaldo: 208.

Alonso gabung Madrid pada musim panas 2009 dari Liverpool. Waktu itu, Ronaldo juga bergabung dari Manchester United. Gelandang flamboyan Spanyol ini merupakan pilar lini tengah Real Madrid selama periode 2009-2014.

8 dari 11 halaman

Gelandang Sentral - Luka Modric

Luka Modric (c) AFP
Luka Modric (c) AFP

Jumlah penampilan bersama Cristiano Ronaldo: 222.

Sama seperti Ronaldo, Modric juga pindah ke Real Madrid dari Inggris. Gelandang Kroasia ini direkrut dari Tottenham pada tahun 2012, dan masih di Bernabeu hingga sekarang. Dialah yang mengakhiri dominasi Ronaldo dan Lionel Messi di ajang penghargaan Ballon d'Or 2018.

9 dari 11 halaman

Gelandang Kiri - Ryan Giggs

Giggs dan Ronaldo (c) AFP
Giggs dan Ronaldo (c) AFP

Jumlah penampilan bersama Cristiano Ronaldo: 204.

Posisi di sektor kiri sangat pantas diberikan kepada legenda Manchester United, Ryan Giggs. Dia bermain bersama Ronaldo di Old Trafford selama enam tahun. Mereka berdua berjasa membantu Manchester United menjuarai Premier League 2006/07, 2007/08, dan 2008/09, serta Liga Champions 2007/08.

10 dari 11 halaman

Forward - Wayne Rooney

Wayne Rooney (c) AFP
Wayne Rooney (c) AFP

Jumlah penampilan bersama Cristiano Ronaldo: 206.

Duo penyerang sekelas Rooney dan Ronaldo adalah sesuatu yang sangat dirindukan oleh Manchester United saat ini. Mereka berdua menjadi pasangan penyerang yang mematikan di era 2000-an berkat polesan Sir Alex Ferguson.

Memang sempat ada sedikit keretakan pasca-insiden kartu merah Rooney di Piala Dunia 2006, di semifinal Inggris vs Portugal. Namun, itu tak mengubah fakta bahwa mereka berdua merupakan salah satu duet paling fantastis yang pernah dimiliki Manchester United.

11 dari 11 halaman

Forward - Karim Benzema

Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo (c) Real Madrid
Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo (c) Real Madrid

Jumlah penampilan bersama Cristiano Ronaldo: 342.

Selain Ronaldo dan Alonso, Benzema juga termasuk pemain-pemain bintang yang didatangkan Real Madrid di awal musim 2009/10. Striker Prancis itu memang sedikit kesulitan pada musim pertamanya, tapi dia terus berkembang. Benzema sekarang masih di Real Madrid, dan sudah mencetak 241 gol dalam 501 penampilan untuk Los Blancos.

Benzema adalah salah satu penyerang terbaik dalam sejarah Real Madrid. Dia juga telah memainkan lebih banyak pertandingan bersama Ronaldo daripada pemain-pemain lain. Perannya di Real Madrid semakin penting setelah Ronaldo hijrah ke Juventus.

Cadangan: Van der Sar (167), O'Shea (215), Arbeloa (201), Varane (199), Scholes (183), Khedira (173), Higuain (172).

Sumber: Mirror

KOMENTAR