Beruntungnya Liverpool Punya Jurgen Klopp!

Richard Andreas | 18 Mei 2022, 13:00
Manajer Liverpool Jurgen Klopp. (c) AP Photo
Manajer Liverpool Jurgen Klopp. (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool dinilai sangat beruntung memiliki pelatih selevel Jurgen Klopp. Bukan hanya dalam perkembangan permainan, Klopp telah mengubah segala hal di klub tersebut.


The Reds saat ini masih berpeluang membungkus quadruple. Mereka sudah mengamankan trofi Piala FA dan Carabao Cup, lalu masih akan bermain di final Liga Champions.

Bahkan, Liverpool terlibat dalam persaingan Premier League sampai ke pertandingan terakhir. Saat ini mereka ada di peringkat dua klasemen sementara dengan 89 poin, tertinggal tipis dari Manchester City (90 poin).

Teranyar, Rabu (18/5/2022), Liverpool menundukkan Southampton dengan skor 2-1. Kemenangan inilah yang membuat persaingan jadi juara sampai ke pertandingan terakhir.

1 dari 3 halaman

Spesial karena Klopp

Kemenangan atas Southampton tidak datang dengan mudah. Bahkan, Klopp mengambil risiko dengan membuat 9 pergantian dari starting XI terkuat Liverpool.

Rotasi sebesar itu tentu berisiko, tapi faktanya Liverpool bisa tetap menang. Di mata Jamie Carragher, performa dan kemenangan itu bukti kualitas Klopp.

"Ada suatu hal lebih yang diciptakan Jurgen Klopp dan itu bukan hanya soal starting XI utama. Ketika Anda punya sentuhan spesial, rasanya Anda bisa menurunkan tim apa pun dan bisa bermain apik," kata Carragher.

"Mentalitas itu menyeluruh di klub mereka. Kita semua tahu bahwa pemain yang turun ke lapangan hari ini adalah pemain-pemain bagus, alasan mereka bukan pilihan utama karena memang tidak sebagus tim inti."

2 dari 3 halaman

Luar biasa

Menurut Carragher, Klopp telah menciptakan sesuatu yang luar biasa di Liverpool. Kemenangan atas Southampton dengan skuad rotasi jadi bukti perkembangan pesat The Reds.

"Yang sudah dia ciptakan di sana, semangat tim, mentalitas tim, itu sungguh luar biasa. Dia dan Liverpool melewati masa-masa sulit musim lalu, banyak pemain cedera, Klopp kehilangan ibunya karena Covid," sambung Carragher.

"Biar begitu, mereka bisa kembali ke level tertinggi musim ini dan bermain sebaik sekarang hanya dengan merekrut satu pemain di musim panas."

"Benar, para pemain layak mendapatkan pujian, tapi ini semua terjadi karena Klopp," tandasnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR