Berani Cadangkan Aubameyang, Arteta?

Richard Andreas | 11 Desember 2021, 05:00
Selebrasi bintang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang usai membobol gawang Crystal Palace, Selasa (19/10/2021) (c) AP Photo
Selebrasi bintang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang usai membobol gawang Crystal Palace, Selasa (19/10/2021) (c) AP Photo

Bola.net - Mikel Arteta harus membuat keputusan berani soal nasib Pierre-Emerick Aubameyang. Stiker Arsenal itu terus tampil mengecewakan dan di bawah ekspektasi.


Aubameyang sudah bermasalah sejak awal musim 2020/21 lalu. Dia sempat main apik, lalu meneken kontrak baru bernilai fantastis dan setelah itu performanya terus menurun.

Musim ini Aubameyang juga belum menunjukkan tanda-tanda perkembangan. Dia masih bermain, tapi catatan golnya terlalu minim untuk ukuran striker utama.

Meski begitu, Arteta terus memercayai Aubameyang jadi starter. Apa maksudnya?

1 dari 3 halaman

Cadangkan Aubameyang

Mencadangkan Aubameyang tampaknya jadi salah satu keputusan yang sangat sulit bagi Arteta. Aubameyang hampir selalu bermain, kecuali karena cedera atau akumulasi.

Padahal, fans berharap Arteta berani mencadangkan Aubameyang untuk memberinya motivasi ekstra. Dengan dicadangkan, seharusnya Aubameyang akan berusaha lebih keras lagi.

"Para pemain [starter] dan pergantian yang dilakukan harus selalu dengan intensi untuk mengembangkan tim dan memenangi pertandingan, itulah yang selalu kami coba," kata Arteta di Arsenal.com.

"Kami perlu lebih banyak berlatih dan mendorong para pemain untuk mengambil risiko lebih besar."

2 dari 3 halaman

Soal momentum

Pemain Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. (c) Arsenal FC

Pemain Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. (c) Arsenal FC

Lebih lanjut, Arteta sendiri tampak tidak terlalu khawatir dengan masalah Aubameyang. Dia yakin kesulitan ini hanya sementara, soal momentum untuk kembali ke ritme terbaiknya.

"Ini hanya soal momentum, setiap pemain pernah melewati masa-masa dan momen berbeda," lanjut Arteta.

"Dan yang terpenting adalah mencoba menciptakan dan menjaga momentum apik ketika pemain mulai mencetak gol, serta mencoba memangkas momentum buruk ketika mereka kesulitan."

3 dari 3 halaman

Soal rasa percaya diri

Arteta juga meyakini bahwa Aubameyang sekarang masih bermasalah dengan kepercayaan diri. Sebab itu yang paling dibutuhkan Aubameyang adalah membuka keran golnya.

"Tentu saja, ketika pemain tidak bisa mencetak gol kepercayaan dirinya bakal terpengaruh. Itu juga memengaruhi mood dan keyakinannya, tapi Anda harus bisa melawan," tutup Arteta.

Sumber: Arsenal

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR