BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Beragam Reaksi Soal Mundurnya 'Big Six' dari ESL: Akhirnya Sadar Juga!

21-04-2021 13:10 | Yaumil Azis

Pep Guardiola menyambut Phil Foden, sang pahlawan kemenangan City atas Dortmund, Kamis (15/4/2021) (c) AP Photo Pep Guardiola menyambut Phil Foden, sang pahlawan kemenangan City atas Dortmund, Kamis (15/4/2021) (c) AP Photo

Bola.net - Mundurnya 'Big Six' Premier League dari kancah European Super League menimbulkan beragam reaksi dari berbagai kalangan. Mulai dari Rio Ferdinand, Harry Maguire, hingga FA selaku federasi sepak bola tertinggi di Inggris.

Pada Rabu (21/4/2021) dinihari, enam klub Inggris yang telah memastikan diri ikut European Super League satu persatu memutuskan hengkang. Eksodus dimulai dari Manchester City.

Setelahnya, Manchester United, Liverpool, Arsenal, dan Tottenham juga ikut menyatakan mundur dari ajang kontroversial tersebut. Chelsea menjadi klub terakhir yang mengeluarkan pernyataannya.

Dengan demikian, ESL kini hanya memiliki enam klub yang tersisa. Itupun beberapa klub seperti Inter Milan, AC Milan, Atletico Madrid hingga Barcelona diisukan sedang bersiap sebelum mengeluarkan pernyataan resmi.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Reaksi Berbagai Kalangan

Begitu 'big six' menyatakan keluar, European Super League tidak punya pilihan. Kompetisi yang rencananya, seperti kata Florentino Perez selaku inisiator, digelar di bulan Agustus tersebut resmi ditangguhkan.

'Big six' memainkan peran yang sangat besar. Dan begitu pernyataan klub-klub resmi keluar, publik menunjukkan reaksi positif terhadap keputusan tersebut.

Eks Manchester United, Rio Ferdinand, berkata: "Akhirnya tim sadar juga dan mundur dari #SuperLeague. Sepak bola adalah, dan akan selalu tentang fansnya. Fans benar-benar tidak masuk dalam pertimbangan... memalukan," ungkapnya, dikutip dari Reuters.

Kapten Manchester United, Harry Maguire, berkata: "Mari semua tetap BERSATU." Sedangkan eks pemain Liverpool, Jamie Carragher, mengucapkan: "Super League telah habis! Kerja yang bagus semua fans dari seluruh penjuru negeri!"

2 dari 2 halaman

Jawaban FA

Bek Manchester City, Benjamin Mendy, juga menyuarakan kata-kata positif. "Hari yang indah buat sepak bola. Mari tetap bermain, tetap berjuang, tetap bermimpi!" Dan eks City, Micah Richard, berujar singkat: "Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali."

Induk sepak bola Inggris, FA, juga menyuarakan reaksi positif soal keluarnya klub-klub Premier League dari ESL. Sejak awal, mereka tidak pernah menyetujui kompetisi tersebut digelar.

"Kami menyambut berita bahwa beberapa klub telah memutuskan meninggalkan rencana European Super League, yang di mana mengancam keseluruhan piramida sepak bola," tulis pernyataan FA.

"Sepak bola Inggris memiliki sejarah soal peluang yang membanggakan buat semua klub dan federasi sudah sepakat dalam ketidaksepakatannya terhadap liga yang tertutup," tutup pernyataan tersebut.

(Reuters)

KOMENTAR