BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Begini Kisah Kegagalan Arsenal Mendapatkan Pengganti Cesc Fabregas, Juan Mata

20-04-2020 03:38 | Yaumil Azis

Pemain Manchester United, Juan Mata (c) AP Photo Pemain Manchester United, Juan Mata (c) AP Photo

Bola.net - Dulu, Arsenal pernah nyaris membuat Juan Mata berlabuh di Emirates Stadium. Namun karena suatu dan lain hal, pria berkebangsaan Spanyol itu justru berlabuh di klub lain yang sama-sama berasal dari London.

Kala itu Arsenal sedang kelimpungan karena ditinggal oleh dua gelandang kreatif sekaligus. Dia adalah Cesc Fabregas, yang pindah ke Barcelona, dan Samir Nasri yang memutuskan pindah ke Manchester City.

Departemen pemandu bakat Arsenal langsung mengarahkan bidikannya ke dua pemain yang sama-sama berasal dari Spanyol, Santi Cazorla dan Juan Mata. Nama pertama kemudian menjadi pemain the Gunners.

Pada awalnya Arsene Wenger selaku pelatih pada saat itu membidik Juan Mata. Bahkan kata the Athletic, pelatih berkebangsaan Prancis tersebut sudah mengirimkan Dick Law sebagai negosiator dengan ayah sang pemain.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Sudah Sepakat dengan Mata, Tapi...

Perbincangan dengan Mata, yang kala itu sedang membela Valencia, berjalan dengan mulus. Bahkan kedua belah pihak berhasil mencapai kesepakatan perihal kontrak sang gelandang.

Law kemudian menceritakan kisah sewaktu dirinya tengah mencoba merekrut Mata. "Kemudian kami menunggu," kata Law. "Juan sudah pasti ingin pindah ke Arsenal, tidak perlu dipertanyakan lagi."

Sialnya, Arsenal tidak menemukan kecocokan dengan harga yang dipatok oleh Valencia. Klub Spanyol itu dilaporkan meminta uang sebesar 37 juta pounds sebagai mahar untuk kepindahan Juan Mata.

Angka segitu terbilang besar di tahun 2011. Belum lagi situasinya diperparah dengan nilai gaji yang disepakati Arsenal beserta Juan Mata yang diketahui cukup tinggi kala itu.

2 dari 2 halaman

Jujur, Arsenal Kesulitan Dana

Wajar bila Arsenal harus berpikir dua kali sebelum merekrut Mata. Perlu diketahui bahwa rekor transfernya waktu itu, dipegang oleh Jose Antonio Reyes, hanya sebesar 18 juta pounds.

Arsenal pun menunggu. Lalu kemudian, Chelsea mendatangi Valencia dan melayangkan tawaran yang lebih menggiurkan ketimbang the Gunners. Pada akhirnya, Mata berlabuh di Stamford Bridge.

Pada saat ditanya apakah Arsenal bersedia menebus Mata lebih tinggi dari harga yang ditaksir, Law menjawab: "Kami tidak punya uang untuk berkata, ' kami akan menghabiskan lebih banyak uang'."

(Metro)

KOMENTAR