BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Barisan Pelatih Top Six Premier League, Siapa yang Lebih Sukses Saat Masih Bermain?

29-03-2020 15:30 | Richard Andreas

Manajer Chelsea, Frank Lampard (c) AP Photo Manajer Chelsea, Frank Lampard (c) AP Photo

Bola.net - Siapa yang layak dianggap pelatih terbaik di Premier League? Perdebatan ini panjang tanpa ujung, tapi bisa dipermudah dengan menghitung karier mereka selama menjadi pemain.

Umumnya, pelatih hebat memulai kariernya sebagai pemain hebat, tapi tidak semua berjalan seperti ini. Terkadang ada pemain standar yang jadi pelatih top, bahkan ada yang tidak pernah bermain di lapangan.

Sebaliknya, ada pemain top yang pernah bermain di level tinggi, tapi selalu gagal saat mencoba jadi pelatih. Keduanya tidak selalu sinkron, meski jelas berpengaruh.

Untuk itu, Squawka mencoba menyusun daftar pelatih tim top Premier League berdasarkan karier mereka sebagai pemain. Bagaimana susunannya? Apakah Jurgen Klopp lebih baik dari Josep Guardiola?

Yuk baca selengkapnya di bawah ini!

1 dari 6 halaman

6. Jose Mourinho (Tottenham)

Manajer Tottenham Jose Mourinho. (c) AP PhotoManajer Tottenham Jose Mourinho. (c) AP Photo

Posisi: Gelandang
Tim: Rio Ave, Belenenses

Ya, Mourinho pernah jadi pemain, meski tidak banyak yang tahu. Dia berada di urutan terbawah (posisi 6) karena memang kariernya tidak panjang.

Mourinho hanya bermain di level muda, lalu memilih fokus jadi pelatih. Dia pertama kali bekerja sebagai penerjemah Bobby Robson di Barcelona, sejak saat itu berkembang jadi salah satu pelatih top.

Meski buruk sebagai pemain, tidak ada yang bisa meragukan kualitas Mourinho sebagai salah satu pelatih paling sukses di dunia.

2 dari 6 halaman

5. Jurgen Klopp (Liverpool)

Jurgen Klopp (c) AP PhotoJurgen Klopp (c) AP Photo

Posisi: Striker/Bek
Tim: Mainz

Salah satu pelatih terbaik di dunia yang bisa membentuk Liverpool jadi tim terkuat. Klopp menghabiskan lebih dari 10 tahun bermain untuk Mainz, yang uniknya menjajal beberapa posisi.

Dia pernah bermain sebagai striker, lalu menjelma jadi bek tengah. Klopp pensiun lalu jadi pelatih Mainz di tahun yang sama.

3 dari 6 halaman

4. Mikel Arteta (Arsenal)

Manajer Arsenal Mikel Arteta (c) AP PhotoManajer Arsenal Mikel Arteta (c) AP Photo

Posisi: Gelandang
Tim: Barcelona, Rangers, Everton, Arsenal

Mikel Arteta mungkin akan dikenang sebagai salah satu gelandang yang kurang mendapatkan apresiasi di Premier League. Dia menghabiskan enam tahun di Everton, lalu lima tahun di Arsenal.

Arteta merupakan salah satu pemai paling konsisten, tapi penampilannya kurang menonjol. Dia bekerja keras dalam diam, membantu klub sebisa mungkin. Sekarang, dia terbukti bisa mengembangkan Arsenal sebagai pelatih.

4 dari 6 halaman

3. Ole Gunnar Solskjaer (Manchester United)

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. (c) AP PhotoPelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. (c) AP Photo

Posisi: Stiker
Tim: Molde, Manchester United

Ole Gunnar Solskjaer, the baby-faced assassin, melewati 11 tahun bersama Setan Merah, mencetak 126 gol dalam 366 penampilan. Dia meraih enam trofi Premier League, dua FA Cup, dan satu Liga Champions.

Sekarang, bisakah Solskjaer meraih kesuksesan yang sama sebagai pemain? Sejauh ini sentuhannya terbukti tepat untuk mengembangkan MU.

5 dari 6 halaman

2. Pep Guardiola (Manchester City)

Pelatih Manchester City, Josep Guardiola. (c) AP PhotoPelatih Manchester City, Josep Guardiola. (c) AP Photo

Posisi: Gelandang
Tim: Barcelona

Guardiola menimba ilmu selama jadi pemain untuk Barcelona. Dia jadi jenderal lini tengah di bawah Johan Cruyff, salah satu tim terbaik pada masanya.

Guardiola dikenal sebagai 'asisten' Cruyff di lapangan karena dia benar-benar memahami taktik yang diterapokan Cruff. Selama jadi pemain, dia membantu Barca meraih trofi Eropa pertama mereka, juga menjuarai La Liga empat kali.

6 dari 6 halaman

1. Frank Lampard (Chelsea)

Manajer Chelsea, Frank Lampard (c) AP PhotoManajer Chelsea, Frank Lampard (c) AP Photo

Posisi: Gelandang
Tim: West Ham, Chelsea, Manchester City

Frank Lampard layak jadi nomor satu pada daftar ini. Dia merupakan gelandang pencetak gol terbaik dalam sejarah Premier League, bahkan merupakan top scorer sepanjang masa Chelsea.

Lampard menghabiskan 13 tahun di Chelsea, pergi sebagai legenda. Di sana, dia pernah meraih tiga trofi Premier League, lima FA Cup, dua Piala Liga, satu Liga Europa dan satu Liga Champions.

Sumber: Squawka

KOMENTAR