BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Bantai Southampton 9-0, Manchester United Panen Rekor Ciamik

03-02-2021 07:20 | Ari Prayoga

Skuad Manchester United merayakan gol ke gawang Southampton, Rabu (3/2/2021) (c) Pool Reuters via AP Photo Skuad Manchester United merayakan gol ke gawang Southampton, Rabu (3/2/2021) (c) Pool Reuters via AP Photo

Bola.net - Manchester United menorehkan sejumlah catatan impresif usai membantai Southampton 9-0 dalam laga lanjutan Premier League 2020/21 di Old Trafford, Rabu (3/2/2021) dini hari WIB.

United sudah unggul jumlah pemain sejak laga baru berjalan dua menit setelah Alexandre Jankewitz mendapat kartu merah langsung akibat pelanggaran berbahaya terhadap Scott McTominay.

Babak pertama, United sudah memimpin 4-0, masing-masing berkat aksi Aaron Wan-Bissaka, Marcus Rashford, bunuh diri Jan Bednarek, dan gol Edinson Cavani.

Memasuki babak kedua, United sukses menambah lima gol, dua di antaranya dicetak Anthony Martial. Tiga gol lainnya masing-masing diciptakan oleh McTominay, Bruno Fernandes, dan Daniel James.

Southampton sendiri mengakhiri pertandingan dengan sembilan pemain setelah Bednarek mendapat kartu merah akibat melanggar Martial yang memiliki peluang bagus untuk mencetak gol.

Menukil beberapa sumber, berikut sejumlah rekor yang didapat dari laga Manchester United versus Southampton selengkapnya.

1 dari 4 halaman

Rekor 9-0

Menukil Squawka, kemenangan ini membuat Manchester United menjadi tim pertama sepanjang sejarah Premier League yang berhasil dua kali meraih kemenangan dengan skor 9-0.

Kemenangan 9-0 pertama United diraih pada 4 Maret 1995 silam. Kala itu, pasukan Sir Alex Ferguson sukses menghajar Ipswich Town lewat lima gol Andy Cole, brace Mark Hughes, serta masing-masing satu gol Roy Keane dan Paul Ince.

Sebaliknya, Southampton menjadi tim pertama sepanjang sejarah Premier League yang kalah 0-9. Pada 25 Oktober 2019 lalu, The Saints menyerah dari Leicester City di kandang mereka sendiri, St. Mary's.

2 dari 4 halaman

Rekor Jumlah Pencetak Gol

Sembilan gol Manchester United ke gawang Southampton dicetak oleh tujuh pemain berbeda (kecuali gol bunuh diri).

Catatan ini menjadikan Manchester United sebagai tim kedua sepanjang sejarah Premier League yang memiliki ujuh pencetak gol berbeda dalam satu laga.

Dilansir Opta, tim pertama yang berhasil melakukannya adalah Chelsea ketika mengalahkan Aston Villa pada Desember 2012 silam.

3 dari 4 halaman

Ketajaman Manchester United

Manchester United musim ini sudah dua kali mencetak enam gol atau lebih dalam sebuah pertandingan. Sebelumnya mereka melakukannya kala mengalahkan Leeds United 6-2.

Catatan ini merupakan yang pertama bagi Manchester United sejak mereka terakhir melakukannya pada musim 2000/01 silam. Kala itu, mereka dua kali mencetak enam gol, yakni dalam laga kontra Bradford dan Arsenal.

4 dari 4 halaman

Babak Pertama Luar Biasa

Dalam laga ini, Manchester United sudah berhasil unggul empat gol di babak pertama. Hal yang sama juga terjadi kala mereka menghadapi Leeds United.

Catatan ini merupakan yang pertama bagi Manchester United sejak mereka dua kali mencetak empat gol di babak pertama pada musim 1997/98 silam.

Sumber, Squawka, Opta

KOMENTAR