BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Baik dan Buruk Thomas Tuchel untuk Chelsea: Punya Banyak Ide tapi Sulit Dikontrol

26-01-2021 09:56 | Asad Arifin

Pelatih PSG, Thomas Tuchel (c) AP Photo Pelatih PSG, Thomas Tuchel (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea belum mengumumkan secara resmi nama Thomas Tuchel sebagai manajer baru. Namun, sejumlah media meyakini bahwa pria asal Jerman itu sudah sepakat dan hanya menunggu waktu untuk diumumkan.

Thomas Tuchel jelas bukan pelatih kemarin sore di sepak bola Eropa. Musim lalu, dia membawa PSG ke final Liga Champions. Dia memberi banyak gelar juara untuk PSG di level domestik.

Thomas Tuchel sebelumnya juga pernah menjadi pelatih di Mainz. Lalu, dia menggantikan posisi Jurgen Klopp di Dortmund. Tuchel meraih gelar DFB Pokal dan Super Cup bersama Dortmund.

Kehadiran Thomas Tuchel bisa saja membawa dampak positif bagi Chelsea. Namun, ada pula dampak negatif yang mungkin dibawa sosok kelahiran 29 Agustus 1973 tersebut. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Komunikasi dan Ide

Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel (c) AFP Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel (c) AFP

Salah satu keluhan dari ruang ganti Chelsea adalah minimnya penjelasan taktikal Frank Lampard ke pemain. Sang manajer dikenal tidak punya komunikasi yang baik dengan para pemainnya.

Karakter itu tidak akan didapat pada diri Tuchel. Dia punya pengalaman unik sebagai pelatih, dari Mainz hingga PSG. Tuchel dikenal sangat mahir memegang kendali ruang ganti.

Di sisi lain, Tuchel juga punya keberanian melakukan eksploitasi taktikal. Tuchel adalah pelatih dengan banyak ide. Tuchel diyakini akan membawa banyak variasi cara bermain untuk klub asal London Barat.

2 dari 4 halaman

Konflik dengan Manajemen

Pelatih PSG Thomas Tuchel menyaksikan timnya dalam pertandingan Ligue 1 antara PSG dan Nice di stadion Parc des Princes, Sabtu, 4 Mei 2019. (c) AP Photo Pelatih PSG Thomas Tuchel menyaksikan timnya dalam pertandingan Ligue 1 antara PSG dan Nice di stadion Parc des Princes, Sabtu, 4 Mei 2019. (c) AP Photo

Salah satu aladan mengapa PSG memecat Thomas Tuchel adalah hubungan buruk dengan manajemen. Tuchel acap kali silang pendapat dengan Leonardo sebagai direktur teknik jika bicara soal bursa transfer.

Rupanya, kasus yang sama pernah terjadi saat Tuchel masih bekerja di Dortmund. Tuchel punya masalah dengan Sven Mislintat yang bekerja sebagai kepala pemandu bakat.

Nah, Chelsea punya reputasi tidak memberi kekuasaan penuh bagi para manajernya. Antonio Conte pernah merasakan situasi ini. Sementara, Tuchel adalah tipe manajer yang ingin memegang kontrol secara penuh.

3 dari 4 halaman

Christian Pulisic dan Thiago Silva

Christian Pulisic (c) Borussia Dortmund Christian Pulisic (c) Borussia Dortmund

Thomas Tuchel memang belum pernah melatih Chelsea atau klub Inggris lain. Ada ada dua pemain Chelsea yang pernah bekerja sama dengan pria 47 tahun itu di masa lalu.

Saat bekerja di Dortmund, Thomas Tuchel pernah bekerja dengan Christian Pulisic. Tuchel lah yang membuat nama Pulisic bersinar di tim utama Dortmund.

Sedangkan, bertugas di PSG, Tuchel berada di tim yang sama dengan Thiago Silva. Mereka sudah saling kenal dan tahu kelebihan masing-masing. Faktor ini bisa membantu Tuchel cepat beradaptasi di Chelsea.

4 dari 4 halaman

Koneksi Jerman

Kai Havertz (c) AP Photo Kai Havertz (c) AP Photo

Kehadiran Thomas Tuchel membuat Chelsea makin kental dengan nuansa Jerman pada musim 2020/2021. Bukan hanya soal barisan asisten yang akan dibawa, tetapi juga pemain dari Jerman.

Di skuad Chelsea musim ini, ada tiga pemain dari Jerman. Tiga pemain itu adalah Antonio Rudiger, Kai Havertz, dan Timo Werner.

Tiga nama tersebut tidak mampu mencapai level terbaiknya bersama Frank Lampard. Bahkah, Rudiger hampir dijual awal musim kini. Bersama Tuchel, ketiga mungkin akan bangkit dan menjadi pilar Chelsea.

Sumber: BBC Sport

KOMENTAR