BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Awas Rangnick, Latih MU Gampang Disalahkan!

29-11-2021 13:00 | Richard Andreas

Mantan pelatih RB Leipzig, Ralf Rangnick. (c) RB Leipzig
Mantan pelatih RB Leipzig, Ralf Rangnick. (c) RB Leipzig

Bola.net - Ralf Rangnick diyakini akan segera terbang ke Old Trafford untuk melatih Manchester United. Masalahnya, Rangnick akan mengambil risiko besar dengan menerima tawaran Setan Merah.

MU sendang memasuki babak baru dengan perubahan besar-besaran. Ole Gunnar Solskjaer dipecat dua pekan lalu, sekarang Michael Carrick diangkat sebagai pelatih interim.

Masalahnya, Carrick dianggap tidak cukup bagus untuk melatih MU sampai akhir musim. Sebab itu Setan Merah masih mencari pelatih interim lainnya dan pilihan mereka jatuh kepada Rangnick.

Rangnick sudah sangat berpengalaman dan dianggap tepat untuk memperbaiki performa MU. Masalahnya, Rangnick mungkin menghadapi tekanan dan tantangan besar yang tidak terduga.

1 dari 3 halaman

Mudah disalahkan

Melatih MU adalah tantangan besar bagi pelatih mana pun, termasuk Rangnick. Dia harus langsung cepat memperbaiki tim dan menuntun MU ke level top.

Masalahnya, menangani MU bukan perkara mudah. Setiap pergerakan pelatih selalu disorot berlebihan baik oleh media maupun oleh fans Setan Merah.

Contoh paling mudah adalah keputusan Michael Carrick dalam duel Chelsea vs Manchester United (1-1) kemarin. Carrick memutuskan untuk mencadangkan Cristiano Ronaldo, alasannya jelas, tapi media dan fans langsung bereaksi berlebihan.

Keputusan Carrick dianggap keliru dan merugikan tim. Menurut media dan fans, seharusnya pemain selevel Ronaldo bermain sejak awal untuk membantu MU jadi penentu kemenangan.

2 dari 3 halaman

Risiko Rangnick

Cristiano Ronaldo saat pemanasan jelang laga Chelsea vs Manchester United pada pekan ke-14 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo
Cristiano Ronaldo saat pemanasan jelang laga Chelsea vs Manchester United pada pekan ke-14 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Nah andai Rangnick jadi datang ke Old Trafford, kemungkinan besar dia akan menghadapi kasus yang sama seperti Carrick pekan lalu. Setiap keputusan Rangnick akan disorot dan dikritik.

Masalahnya, Rangnick hampir pasti akan melakukan perubahan besar-besaran. Dia akan membawa gaya bermain baru untuk skuad MU dan akan menerapkan filosofi khas Rangnick.

Keputusan-keputusan itu termasuk besar, tentu akan jadi sorotan. Andai hasil di lapangan dianggap kurang memuaskan, tentu Rangnick akan tertekan karena dikritik dan disalahkan.

3 dari 3 halaman

Pilihan tepat MU?

Sejauh ini kabarnya Rangnick hanya akan jadi pelatih interim sampai akhir musim. Lalu dia bakal berperan sebagai konsultan untuk dua tahun berikutnya.

Setelah sekian lama, akhirnya MU mau bekerja dengan cara sepak bola modern. Rangnick akan memimpin pembentukan tim Setan Merah.

Sumber: Express, Bola

KOMENTAR