BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Asyik! Jadon Sancho ke Manchester United, Manchester City Ikutan Untung

01-07-2021 07:20 | Yaumil Azis

Jadon Sancho dan Erling Haaland berpose bersama trofi DFB Pokal. (c) AP Photo
Jadon Sancho dan Erling Haaland berpose bersama trofi DFB Pokal. (c) AP Photo

Bola.net - Saga transfer Jadon Sancho akan segera berakhir, di mana sang pemain bakalan berlabuh di Manchester United. Ternyata bukan cuma Borussia Dortmund saja yang diuntungkan kepergian pria berusia 21 tahun tersebut.

Dari laporan jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano, Manchester United dan Dortmund sepakat dalam hal biaya transfer Sancho sebesar 90 juta euro. Lebih besar dari angka yang tercantum dalam laporan-laporan sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa Dortmund mendapatkan tanda tangan Sancho dengan harga sembilan juta euro pada tahun 2017 lalu. Jadi sudah jelas, Die Borussen untung berkali-kali lipat kalau menjualnya ke Manchester United.

Tapi keuntungan semacam itu wajar. Bagaimanapun juga, Die Borussen berjasa dalam perkembangan Sancho. Mereka yang memberinya kesempatan tampil sejak masih belia hingga bisa menghasilkan minimal 20 asis dalam dua musim terakhir.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

City Ikut Untung

Ternyata, kesepakatan yang terjalin antara Manchester United dengan Dortmund juga menguntungkan buat Manchester City. Mereka menyelipkan klausul tertentu ke dalam kesepakatan saat hendak melepasnya ke Dortmund dulu.

Dalam kesepakatan itu, terdapat klausul di mana Manchester City berhak mendapatkan 15 persen dari hasil penjualannya ke klub manapun. Itu artinya, the Citizens berhak menerima uang sebesar 11,6 juta euro.

Total pemasukan Manchester City dari kepergian Sancho pun mencapai angka 19,6 juta euro. Hitungannya, mereka juga sudah meraup untung berkali-kali lipat, mengingat City merekrutnya dari Watford pada tahun 2015 lalu sebesar 76 ribu euro saja.

2 dari 2 halaman

Enggan Memulangkan Sancho

Sancho sebenarnya masuk proyek jangka panjang Manchester City bersama Phil Foden, yang kini menjadi bagian tim utama Josep Guardiola di Etihad Stadium. Sayangnya, Sancho memilih cabut untuk mencari kesempatan berkarir di klub lain.

Guardiola sangat menginginkan Sancho bermain di timnya. Namun, bukan berarti pria asal Spanyol tersebut membuka pintu selebar-lebarnya buat Sancho untuk kembali ke Etihad Stadium.

"Kami ingin dia bertahan, tapi dia memutuskan pergi, dan saat seseorang memutuskan buat pergi, yang bisa kami lakukan adalah [membiarkan mereka] pergi," ungkap Guardiola pada bulan Maret lalu sebelum City bertemu Dortmund di ajang Liga Champions.

"Saya mendoakan yang terbaik buat dia, kecuali saat dia bermain melawan kami. Tidak ada penyesalan sama sekali. Apabila dia senang, saya juga turut senang," pungkasnya.

(Goal International)

KOMENTAR