BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Aston Villa vs Manchester United: Peluang Setan Merah Terbuka Lebar

09-05-2021 14:03 | Gia Yuda Pradana

Manchester United (c) AP Photo Manchester United (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United akan menghadapi Aston Villa pada laga lanjutan Premier League 2020/2021. Pertandingan ini akan dihelat di Vila Park, Minggu (09/05) malam WIB.

Kedua tim ini terpaut jauh di klasemen sementara. United berada di peringkat kedua klasemen sementara, dengan raihan 67 poin dari 33 laga. Sementara, Villa berada di posisi sebelas klasemen sementara, dengan koleksi 48 angka dari 33 laga.

Kendati saat ini posisi kedua tim terpaut jauh, laga ini bisa dipastikan bakal sengit. Kedua tim sama-sama membidik kemenangan pada laga ini.

United bertekad meraih poin penuh pada laga ini untuk memberi tekanan Manchester City di puncak dan melepaskan diri dari kejaran Chelsea di peringkat ketiga. Sementara, Villa tentu ingin menambah pundi-pundi poin mereka demi meraih posisi yang lebih baik di klasemen.

Ada sejumlah catatan yang mengiringi langkah kedua tim jelang perjumpaan mereka pada laga akhir pekan ini. Apa saja catatan-catatan tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Setan Merah Overperform

Manchester United (c) AP Photo Manchester United (c) AP Photo

Manchester United menyongsong laga ini dengan modal sangat bagus. Setan Merah telah menunjukkan performa apik nyaris sepanjang musim ini.

Untuk urusan penyerangan, United -menurut laman Understat- memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 56,38. Nilai ini menempatkan mereka di peringkat keempat di antara klub-klub peserta Premier League.

Apik dalam mencetak peluang, United lebih bagus lagi dalam menuntaskan peluang tersebut. Sejauh ini, skuad besutan Ole Gunnar Solskjaer tersebut sudah mencetak 64 gol.

Di sisi pertahanan, skuad United pun tampil ciamik. Laman Understat mencatat bahwa Setan Merah memiliki nilai expected goals against (xGA), sebesar 35,85. Catatan ini menempatkan mereka sebagai tim keempat di antara klub-klub peserta Premier League yang paling pelit memberi lawan peluang mencetak gol.

2 dari 3 halaman

Murah Hati di Belakang, Tumpul di Depan

Duo Aston Villa, Jack Grealish dan Ollie Watkins (c) AP Photo Duo Aston Villa, Jack Grealish dan Ollie Watkins (c) AP Photo

Di sisi lain, catatan Villa pada musim ini tak terlalu bagus. Di sektor pertahanan, anak asuh Dean Smith ini kerap bermurah hati membiarkan lawan menciptakan peluang. Laman Understat menilai bahwa nilai xGA mereka sebesar 44,11, yang menempatkan Villa di peringkat kedelapan tim-tim yang pelit memberi peluang lawan.

Memang, sejauh ini, mereka baru kebobolan 38 gol. Namun, hal ini lebih karena mereka beruntung para pemain lawan tak bisa memanfaatkan peluang yang dipunya untuk membobol gawang Villa.

Di lini depan, Villa pun bukan tim yang rajin menciptakan peluang berkualitas. Sejauh ini, mereka hanya memiliki nilai xG sebesar 51,74, yang menempatkan Villa di peringkat kedelapan dalam daftar tim-tim Premier League dengan peluang paling berkualitas musim ini.

Sudah tak begitu bagus dalam menciptakan peluang, catatan Villa soal menuntaskan peluang yang mereka punya pun tak mentereng. Dari peluang bernilai xG 51,74 ini, mereka hanya mampu mencetak 48 gol.

3 dari 3 halaman

Setan Merah Berpeluang

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer (c) AP Photo Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer (c) AP Photo

Menilik catatan kedua tim ini, Setan Merah berpeluang meraih poin pada laga kontra Aston Villa. Apalagi, secara historis, mereka memiliki rekor apik kala menghadapi The Villa. Dari 189 pertandingan, United memenangi seratus di antaranya. Sementara, Villa hanya mampu meraih 49 kemenangan dari 189 persuaan mereka dengan Setan Merah.

Bagi pelatih United, Ole Gunnar Solskjaer, catatannya kala menghadapi Villa pun cukup bagus. Dari empat perjumpaan, Solskjaer membawa anak asuhnya meraih dua kemenangan dan dua hasil imbang.

Catatan Solskjaer ini berbanding terbalik dengan capaian Dean Smith, nakhoda Villa. Dari tiga kesempatan menghadapi United, ia hanya mampu membawa timnya meraih sekali hasil imbang dan dua kali kalah.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR