BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Arteta Diklaim Sedang Membuat Kesalahan yang Sama Dengan Emery, Kok Bisa?

26-10-2020 22:14 | Dimas Ardi Prasetya

Manajer Arsenal Mikel Arteta. (c) AP Photo Manajer Arsenal Mikel Arteta. (c) AP Photo

Bola.net - Legenda Arsenal Martin Keown mengklaim Mikel Arteta saat ini tengah mengulang kesalahan yang dulu pernah dilakukan oleh Unai Emery di Emirates Stadium.

Klaim itu terlontar dari Keown usai Arsenal dikalahkan oleh Leicester City di matchday 6 Premier League 2020-21. Bermain di kandang sendiri, The Gunners kalah dengan skor 0-1.

Gawang Arsenal saat itu dijebol oleh Jamie Vardy pada menit ke-80. The Gunners sendiri saat itu kesulitan untuk bisa menciptakan peluang berbahaya ke gawang Leicester.

Kekalahan itu membuat Arsenal terdampar di posisi 10 klasemen sementara Premier League. The Gunners hanya meraih tiga kemenangan dari enam laga dan sisanya berakhir dengan kekalahan.

1 dari 2 halaman

Kritikan Keown

Sejak menangani Arsenal, Mikel Arteta telah melakukan banyak perubahan di skuat The Gunners. Performa tim pun membaik dan menjanjikan masa depan yang lebih baik.

Akan tetapi Martin Keown lantas mengkritik Arteta. Sebab sang manajer dianggap terlalu sering mengubah-ubah formasi tim besutannya, khususnya dalam beberapa pekan belakangan ini.

Menurut Keown, apa yang dilakukan Arteta itu mirip Unai Emery dahulu. Eks bek timnas Inggris itu pun meminta Arteta segera berbenah agar tak mengalami nasib yang sama seperti Emery.

"Mereka terus berubah dari satu sistem ke sistem lain dan mereka melakukan ini dengan Emery. Itulah yang ingin saya lihat sekarang, gambar yang sama, segitiga yang sama, gerakan yang sama, kemitraan yang sama, hubungan yang sama," kata Keown kepada Stadium Astro.

"Jika Anda terus mengubahnya, Anda tidak menemukan ritme, dan itu adalah sesuatu yang saya temukan di tim yang sangat sukses. Rasanya seperti memakai sandal tua untuk sebuah pertandingan," terangnya.

2 dari 2 halaman

Pergerakan yang Statis

Martin Keown lantas menyoroti performa lini serang Arsenal. Ia menilai Pierre-Emerick Aubameyang dkk terlalu statis. Maka dari itu mereka kesulitan saat melawan Leicester Ciy.

"Para pemain ini sekarang mendapatkan bola dan ini sedikit macet, jadi saya pikir tetaplah bermain dengan sederhana dan mulai membangun dari tim ini. Jika ini adalah cara yang ia inginkan untuk bermain, pertahankan, dan coba masukkan orang-orang [yang tepat] dan sampaikan pesan dengan benar dan poleslah," serunya.

"Itu sangat statis, tiga penyerang tidak pernah benar-benar berpindah dari posisinya, mereka tidak membuat diri mereka tersedia [untuk menerima bola]," kritik Keown.

Meski demikian, Martin Keown tetap mendukung Mikel Arteta secara penuh di Arsenal. Sebab ia menilai Arteta adalah sosok manajer yang cerdas.

(Stadium Astro)

KOMENTAR