BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Arsenal Resmikan David Luiz Setelah Bursa Transfer Ditutup, Kok Bisa?

09-08-2019 05:00 | Yaumil Azis

David Luiz menyeberang dari Chelsea ke Arsenal (c) AFC David Luiz menyeberang dari Chelsea ke Arsenal (c) AFC

Bola.net - Ada sebuah fenomena yang jarang terjadi pada bursa transfer musim panas Premier League kali ini. Salah satu klub besar, Arsenal, masih bisa meresmikan David Luiz sebagai pemain terbaru beberapa saat setelah bursa transfer resmi ditutup.

Sebagai informasi, bursa transfer di Inggris resmi ditutup pada hari Kamis (8/8/2019) pada pukul 23:00 WIB. Setelah itu, klub Premier League sudah tak diperkenankan lagi untuk melakukan belanja pemain baru.

Namun the Gunners tampak sedikit berbeda. Mereka mengumumkan nama David Luiz sebagai pemain terbarunya tiga jam setelah batas yang telah ditentukan. Jelas ini menjadi pertanyaan besar bagi banyak penikmat sepak bola di seluruh dunia.

Ternyata hal ini sudah lumrah terjadi tiap jelang penutupan bursa transfer pada satu musimnya. Ada sebuah kebijakan yang membuat sebuah klub diperbolehkan meresmikan pemain anyar meskipun telah melewati ketentuan.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Alasan Arsenal Bisa Rekrut David Luiz

Dilansir dari Mirror, Arsenal bisa mengumumkan David Luiz di luar batas bursa transfer karena telah mengisi formulir deadline day. Formulir tersebut membuat sebuah klub bisa merampungkan transfer hingga pukul 01:00 WIB.

Namun dengan catatan, klub yang terkait harus menyetor formulir tersebut sebelum pukul 23:00 WIB. Arsenal berhasil memenuhi ini dalam transfer David Luiz dengan memberikan enam formulir yang dibutuhkan.

Sebagai informasi, bek asal Brasil tersebut diboyong dari Chelsea dengan mahar senilai delapan juta poundsterling. Ini bisa dikatakan sebagai ajang reuni antara sang pemain dengan Unai Emery, di mana keduanya terlibat kerja sama saat masih di PSG dulu.

2 dari 2 halaman

Transfer yang Mengejutkan

Kepindahan David Luiz ke Emirates Stadium menyelipkan sedikit unsur kejutan. Hampir tak ada yang menduga bahwa pria berumur 32 tahun tersebut menjadi jawaban Arsenal atas permasalahannya di sektor pertahanan.

Seperti yang diketahui, lini belakang Arsenal sedang keropos dan kepergian Laurent Koscielny semakin memperparah situasi. Namun sampai beberapa hari sebelum penutupan bursa transfer, mereka tak kunjung mendapatkan bek baru.

Arsenal sempat dikabarkan tengah mengincar bek muda Italia yang sedang bermain di Juventus, Daniele Rugani. Kemungkinan sang pemain berlabuh di London terbilang cukup besar, apalagi setelah Juventus mendatangkan Matthijs De Ligt dari Ajax Amsterdam.

Namun rumor-rumor tersebut dipatahkan dengan pembelian David Luiz ini. Luiz pun sempat membuat gempar karena secara tiba-tiba absen dari sesi latihan Chelsea jelang penutupan bursa transfer.

(The Mirror/Yaumil Azis)

KOMENTAR