Arsenal, Pertama Kali Tanpa Kompetisi Eropa dalam 25 tahun

Richard Andreas | 24 Mei 2021, 10:20
Arsenal, Pertama Kali Tanpa Kompetisi Eropa dalam 25 tahun
Skuad Arsenal memberikan aplaus pada fans di laga terakhir EPL 2020/21 (c) AP Photo

Bola.net - Musim 2021/22 mendatang akan terasa hambar bagi Arsenal. Pertama kalinya dalam 25 tahun, tidak ada kompetisi Eropa untuk The Gunners.

Arsenal benar-benar terseok-seok di musim 2020/21 ini. Mikel Arteta sudah berusaha sebaik mungkin, tapi tetap kualitas Arsenal tidak bisa didongkrak secara instan.

Nahasnya, Arsenal finis di peringkat 8 klasemen akhir dengan 61 poin. Posisi ini berarti tidak ada tiket Eropa untuk Arsenal musim depan.

Sejak 1995/96 lalu Arsenal selalu bermain di kompetisi Eropa. Kini, untuk pertama kalinya dalam 25 tahun, The Gunners harus fokus di liga domestik saja.

1 dari 2 halaman

Kecewa berat

Arteta tahu kegagalan itu sangat pahit, terlebih karena terjadi di eranya sebagai pelatih. Dia tahu Arsenal seharusnya bersaing di level tertinggi, meraih trofi, dan bermain di Liga Champions.

"Saya sedih karena klub ini layak meraih trofi dan bermain di Liga Champions, kami gagal melakukan itu. Ini tidak cukup," ujar Arteta di Arsenal.com.

"Kami harus mengkritik diri sendiri, saya sendiri, lalu bersiap sebaik mungkin untuk musim depan."

"Semoga kami bisa menjalani pramusim yang memang belum pernah saya rasakan dan punya waktu untuk bekerja dengan pemain-pemain kami," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Harus lebih baik

Tidak ada cara lain, Arsenal harus memperbaiki skuad untuk musim depan. The Gunners membutuhkan pembelian pemain top jika ingin bersaing jadi juara.

"Tim-tim lain akan semakin baik dan mereka akan memperkuat skuad, oleh sebab itu kami juga harus jadi semakin baik," lanjut Arteta.

"Yang paling penting, kami harus bisa mengembangkan kemampuan para pemain, lebih konsisten, dan membantu mereka berkembang."

"Soal gaya main kami, filosofi kami, saya kira tidak ada masalah," tutupnya.

Sumber: Arsenal

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR