BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Arsenal Ngebet Rekrut Ben White, Emang Apa Bagusnya Sih?

19-07-2021 06:00 | Richard Andreas

Ben White (c) AP Photo
Ben White (c) AP Photo

Bola.net - Arsenal dikabarkan akan segera menuntaskan pembelian bek tengah asli Inggris, Ben White. The Gunners membayar 50 juta pounds untuk mendapatkan White dari Brighton.

Pergerakan Arsenal ini cukup mengejutkan. Memang mereka membutuhkan bek tengah baru, tapi tidak ada yang menduga The Gunners bakal berusaha ekstra demi mendapatkan Ben White.

Terlebih, harga 50 juta pounds cukup mahal untuk ukuran bek tengah yang belum benar-benar terbukti. Arsenal mengambil risiko besar dalam pembelian White.

White termasuk dalam skuad Inggris yang bermain di Euro 2020 kemarin, jadi setidaknya ada jaminan pemain level timnas. Namun, apakah status itu sudah cukup bagi Arsenal?

1 dari 3 halaman

Apa yang diberikan White?

Mengutip Sky Sports, Arsenal diyakini sudah mengerjakan PR mereka dalam perekrutan Ben White. Faktanya, Brighton adalam tim dengan catatan defensif terbaik ketiga di Premier League musim lalu.

Arteta mengusung gaya bermain modern. Dia membutuhkan seorang bek tengah yang tidak hanya jago bertahan, tapi juga bisa membawa bola dan memulai operan pertama dalam serangan tim.

Terlebih, Arteta tampaknya ingin mematangkan taktik Arsenal membangun serangan dai belakang. Gaya bermain ini tidak mudah, khususnya karena Arsenal kekurangan bek tengah tangguh.

Musim lalu peran itu dipikul David Luiz dengan baik, tapi Luiz dipastikan pergi. Arsenal butuh pengganti, White dianggap cocok.

2 dari 3 halaman

Pesona White

Reputasi tinggi White sebagian besar disebabkan oleh teknik bermainnya yang cukup tinggi. Dia adalah bek tengah serbabisa yang berani membawa bola.

White memiliki jangkauan dan akurasi operan yng cukup tinggi. Dia tenang dan percaya diri membawa bola di belakang serta tidak banyak membuat kesalahan sendiri.

Menariknya, White bisa bermain sebagai bek kanan dan gelandang bertahan, meski posisi utamanya adalah sebagai bek tengah kanan, entah di formasi empat bek atau tiga bek.

Pemain seperti inilah yang dibutuhkan Arsenal. White bisa menginisiasi serangan dan mengirim umpan jauh untuk para penyerang Arsenal.

3 dari 3 halaman

Statistik White

Ben White (c) Brighton & Hove Albion Official
Ben White (c) Brighton & Hove Albion Official

Kualitas White dapat dilihat dari angka-angka yang dia hasilkan. Dia adalah salah satu bek tengah paling unik di Premier League wajar jika arsenal tertarik.

White menorehkan dua catatan istimewa di Premier League musim 2020/21 lalu:

  • 24 - dribel sukses, terbanyak oleh bek tengah
  • 18 - rebut bola dan bangun serangan, terbanyak oleh bek tengah

Pendeknya, White adalah bek tengah dengan teknik tinggi, tangguh dalam duel, dan punya kecepatan untuk membangun serangan. Dengan kontrol dan akurasi umpan yang tinggi, dia diyakini akan jadi salah satu bek terbaik Inggris di masa depan.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR